Banyak dari teman-teman kami bingung dan menanyakan bagaimana cara meninggalkan aquascape aquarium saat mudik atau bepergian jauh. Kendala yang dihadapi biasanya adalah seperti ini:

  1. Ikan tidak ada yang memberi makan,
  2. Pupuk aquascape aquarium tidak bisa diberikan,
  3. Air yang menguap habis (apalagi jika menggunakan kipas angin untuk aquascape aquarium)
Sebenarnya ada banyak jalan keluar untuk masalah teman-teman di atas. Berikut ini kami akan memberikan beberapa solusinya.

  • Ikan tidak ada yang memberi makan
Untuk mengantisipasi hal ini, teman-teman bisa menggunakan produk autofeeder yang telah diproduksi oleh produsen terkenal.

Cara lain adalah melatih ikan teman-teman untuk puasa beberapa minggu sebelum ditinggal lama. Hal ini dilakukan seperti sedikit demi sedikit mengurangi jatah makan untuk si ikan, sehingga ikan terbiasa dan tidak kaget dengan pengurangan jumlah asupan makanan yang ia terima.

Sebenarnya ikan adalah makhluk yang tidak rewel. Jika tidak diberikan makan beberapa hari, ia tidak akan mati (ada satu tank kami yang ikan neon nya 3 minggu tidak diberi makan)

  • Pupuk aquascape aquarium tidak bisa diberikan,
  • Air yang menguap habis (apalagi jika menggunakan kipas angin untuk aquascape aquarium)
Nah untuk kedua poin di atas, kami mengkhususkan membuat tutorial ini. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat auto top up air aquascape aquarium.


Inti dari tutorial ini adalah gambar di atas. Air dibuat menetes perlahan dari galon yang letaknya berada lebih tinggi dibandingkan aquarium. Benda ini bisa teman-teman buat dengan perlengkapan yang ada di sekitar teman-teman:
  1. Galon air minum,
  2. Selang oksigen
  3. Pemberat
  4. Kran / Jepitan infus
Cara membuat:
  1. Masukkan selang oksigen sedalam mungkin ke dasar dalam galon. Teman-teman bisa menggunakan pemberat untuk membantu selang tersebut agar tidak mengapung.
  2. Isi air di dalam galon sepenuh mungkin.
  3. Sambungkan kran / jepitan infus ke selang oksigen.
  4. sedot air dari selang oksigen sampai air di dalam galon tersedot, kemudian tutup kran / jepitan infus sampai air tidak keluar lagi.
  5. arahkan ujung selang oksigen yang tidak masuk ke dalam galon ke atas aquarium, dan jepit sehingga kita bisa melihat air menetes ke aquarium.
  6. Buka perlahan kran / jepitan infus sehingga didapatkan beberapa tetes per detik seperti yang diinginkan.
Perkiraan penguapan air:

Saya menambahkan air satu gayung sehari untuk aquascape aquarium ukuran 60cm dengan satu kipas. Jika diasumsikan satu gayung adalah 0,5 Liter dan isi galon adalah 19L, maka 19/0,5=38 hari. Satu galon tersebut bisa untuk 38 hari. Sangat cukup untuk ditinggal mudik, dinas, jalan-jalan atau bahkan naik haji :D

Air di dalam galon juga bisa ditambahkan pupuk cair sehingga tanaman terus ternutrisi setiap harinya.


Lebih simpelnya kami telah membuat video untuk menginspirasi teman-teman. Kami menggunakan kran oksigen berbahan stainless untuk dua aquarium (abaikan peralatan dan berantakannya kamar kami di video):



Disclaimer:
Harap diuji coba dulu sendiri karena berisiko membuat tank kepenuhan air dan air tumpah. Kami tidak bertanggung jawab bila terjadi suatu kecelakaan karena tutorial ini :)

0 komentar:

Post a Comment