Aquascape aquarium paling indah dan terbaik, terlebih jika sang pemilik sangat apik dalam merawatnya. Namun ada beberapa kesalahan yang sangat sering dilakukan sang pemilik karena tidak mengetahui atau keliru dalam merawat aquariumnya. Berikut adalah 5 kesalahan yang paling sering dilakukan para pemilik aquascape aquarium dalam merawat aquascape aquarium nya:


1. Menggunakan aerator



   Hal ini sangat sering dilakukan terutama oleh para pemain aquascape baru. Paradigma aquarium harus menggunakan aerator atau banyak yang menyebutnya gelembung memang harus sedikit dikepinggirkan di dalam aquascape aquarium.

   Kenapa tidak usah menggunakan aerator di dalam aquascape aquarium? Hal ini menyebabkan terbuangnya salah satu kandungan penting di dalam aquascape aquarium, yaitu CO2 (Karbondioksida). Sistem kerja gelembung aerator adalah meniupkan udara yang ada di luar aquarium ke dalam aquarium. Hal ini meningkatkan kandungan O2 (Oksigen) di dalam aquascape aquarium dan membuang CO2. Gelembung ini juga meningkatkan PH di dalam air (Kebanyakan tanaman aquascape aquarium membutuhkan PH di bawah 7)

   Teman-teman tidak usah khawatir ikan di dalam aquacape aquarium mati kekurangan oksigen. Oksigen tersebut sudah disediakan oleh tanaman yang berada di dalam aquascape aquarium. Ingat pelajaran SD tentang fotosinstesis? Tanaman menyerap nutrisi dan CO2 kemudian mengubahnya menjadi O2. Jadi jangan pernah khawatir ikanmu kekurangan oksigen lagi ya.

2. Lampu tidak pernah dimatikan



   
   Banyak dari teman-teman saya yang baru bermain aquascape aquarium tidak rela lampu aquariumnya dimatikan karena saking indahnya aquascape aquariumnya. Jika memiliki perasaan seperti ini, relakanlah sedikit waktu dan biarkan aquascape mu beristirahat.

   Sama halnya dengan manusia, tumbuhan pun memiliki jam biologis. Untuk kebanyakan tanaman aquascape, jam biologisnya tidak jauh berbeda dengan manusia. Ia akan berfotosintesis selama 6-10 jam. Di luar itu, tanaman akan berespirasi. Di saat fotosintesis, tanaman membutuhkan cahaya, dan disaat respirasi, tanaman akan membutuhkan keadaan gelap.

   Jika lampu tidak dimatikan, akibatnya adalah tidak sehatnya tanaman aquacape aquarium teman-teman sehingga membuatnya tumbuh secara tidak maksimal dan akan terjajah oleh algae.
   

3. Menguras habis air aquarium


   Aquarium terlihat kotor atau airnya sudah mulai tak jernih? Saat nya kuras aquarium (Tarik nafas dalam-dalam) Pindahkan semua ikannya ke ember, sedot habis air di dalam aquarium, gosok kaca aquariumnya sebersih mungkin (kalau bisa pakai sabun). Aquarium sudah bersih? Saat nya isi airnya lagi, dan masukkan ikan kembali. Dengan langkah tersebut saya jamin!! Ikan di dalam aquarium tidak akan bertahan lama, air di dalam aquarium tidak akan jernih, dan pemilik aquarium akan kapok punya aquarium lagi.

   Terdengar sarkastik dan berlebihan, namun itulah fakta yang terjadi pada beberapa klien aquarium  dan teman-teman kami. Mereka cenderung melihat aquarium sama dengan kamar di dalam rumah kita. Perlu dibersihkan sampai benar-benar bersih. Ingatlah bahwa di alam, ikan dan tanaman hidup di tanah dan air yang tanpa harus disikat dan dipel dengan sabun.

   Di dalam aquarium terdapat bakteri menguntungkan yang membuat aquarium jernih. Dia mengubah nitrit yang berbahaya bagi penghuni aquarium. Untuk lebih jelas dalam mempelajari bakteri tersebut, teman-teman bisa membuka ARTIKEL INI.

   Bakteri menguntungkan tersebu tidak serta merta mengisi aquarium kesayangan kita. Ia baru akan berkembang mulai dari umur sebulan aquarium kita. Namun perkembangan bakteri ini bisa dibantu dengan menggunakan bakteri starter yang dijual oleh banyak tukang ikan. Dengan mengganti sebanyak-banyaknya air aquarium kita akan memberantas bakteri menguntungkan ini. Bakteri ini hidup di sela-sela pasir, batu, dan media filter.

   Dengan mengganti air sekaligus juga akan merubah PH di dalam air aquariu secara drastis. Hal ini membuat ikan dan tanaman di dalam aquascape menjadi tidak sehat dan berpenyakit. Maka janganlah jadikan kegiatan ganti air aquarium ini mengerikan. Cukup ganti 30-50% air aquarium teman-teman dan nikmatilah keindahan yang telah teman-teman buat di dalam sebuah kotak kaca tersebut.

4. Menggunakan filter atas (wet & dry system)


   Dengan menggunakan filter jenis ini, kandungan CO2 di dalam aquascape akan berkurang dengan sangat drastis seperti saat menggunakan aerator atau gelembung untuk aquarium. Hal ini diakibatkan saat air aquarium disedot oleh pompa dan disemprokan ke dalam kotak filter, air tersebut mendapat kontak langsung dengan udara. Begitu pula saat air tersebut keluar dari kotak dan masuk kembali ke dalam aquarium. Teman-teman dapat melihat buih-buih udara yang masuk ke dalam aquascape aquarium. Kondisi ini sangat meningkatkan kadar oksigen di dalam aquascape aquarium dan membuang CO2 di dalamnya.

   Gantilah filter teman-teman dengan filter yang tidak menimbulkan banyak gelembung di dalam aquarium teman-teman seperti jenis filter canister atau filter internal sehingga kadar CO2 yang ada di dalam aquascape aquarium tidak terbuang dengan percuma.

Filter Canister

5. Memasukkan tangan kotor ke dalam aquarium

 

   Cucilah tanganmu sebelum makan. Bersihkan tanganmu sebelum ngobok. Ya, kandungan yang ada di tangan kita tidak sepenuhnya kita ketahui. Dan beberapa mungkin saja sangat membahayakan biota di dalam aquarium teman-teman. Sebenarya tidak begitu disarankan terlalu sering memasukkan tangan ke dalam aquascape aquarium teman-teman teutama jika teman-teman memelihara udang hias jenis Red Bee dan sejenisnya.

   Namun jika teman-teman sangat terpaksa melakukan hal ini, maka pastikanlah tangan teman-teman tidak mengandung sesuatu yang berbahaya bagi aquascape aquarium teman-teman seperti misalnya minyak, bedak, lotion, dan zat kimia ataupun zat lain yang dapat membuat polusi di dalam air.

  Teman-teman harus selalu mengingat bahwa aquarium adalah sebuah biota yang sangat terbatas yang kita ciptakan. Air di dalam aquarium tidak mengalir terus selama 24 jam seperti di sungai. Maka setiap zat yang masuk ke dalamnya akan secara signifikan meracuni setiap biota yang ada di dalamnya.


   Sekian informasi yang bisa kami bagikan di sini. Jika teman-teman mencari berbagai keperluan aquacape aquarium, teman-teman bisa mengunjungi KAMPOENG AQUARIUM SHOP

158 komentar:

  1. Maaf gan ane buat aquascape tanpa aerator kmarin sih sehat sampe td pagi juga saya lihat masih sehat sampe td siang saya tinggal pegi trus sorenya ikan blakghost dan beberapa ikan sumatra lainnya mati dan ikan2 yg masih hidup jg pada keatas ngap2an kira2 itu knapa ya? Padahal saya kasih jenis tanamannya cukup banyak kok? Apa ada pengaruhnya dengan suara petir kuat td siang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha? Petir?
      aquariumnya ditaruh di luar mas?
      terakhir ganti air kapan?

      Sebab ikan mati bisa dari kadar co2 terlalu tinggi, amonia tinggi atau masuknya racun ke dalam aquarium.
      Kalau saya lihat kemungkinannya bisa beberapa:
      1. Sewaktu ganti air, air yang baru mengandung kandungan beracun yang bisa membunuh ikan,
      2. Amonia terlalu tinggi karena sistem filtrasi terhenti atau pengaruh air baru yang kurang baik
      3. KAdar co2 terlalu tinggi karena tanaman tidak berfotosintesis. pastikan lampu menyala 6-8 jam per hari.
      4. Ada orang yang secara tidak sengaja memasukkan benda-benda beracun ke aquarium, seperti misalnya baygon, minyak, dll.

      Delete
    2. kak poin nomer 4, saya masih pakai filter jenis itu tp bkannya msi bisa diakali agar tidak ada gelmbungnya, kan itu ada slang udara,nah itu sya sumbat,jdi udara tdak trsedot, sama kotak filter saya tutup rapat dan lubang pngeluaran saya perkecil (sdikit ilmu fisika kyaknya) jdi air bisa penuh didlam kotak shingga tdak ada ruang udara didalamnya, oh ya juga slang pengeluaran air dri filter saya tenggelamkan shingga tdak ada percikan yg menyebabkn buih,gmn kak idenya itu masi bisa dipertahankan kah??

      Delete
    3. Intinya sih meminimalisir kontak air dengan udara, mbak.
      Semakinbanyak kontak, maka semakin banyak co2 yang terbuang.
      Daripada menebak2, lebih baik cek dengan alat pengukur Co2 terlarut di aquarium, mbak. :d

      Delete
  2. Trims gan ... mau tanya kalo pertama dekor aquascape pas masuk in pasir silvia nya kenapa air nya malah keruh y gan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sewaktu pertama beli, pasir silika pasti mengandung debu dan pecahan-pecahan silika yang lebih kecil. sangat disarankan untuk mencuci pasirnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk aquascape. Karena beberapa debu tersebut ada yang sifatnya panas, sehingga melukai dan mematikan akar tanaman yang ditanam.

      Delete
    2. Kalau mau lebih praktis bisa coba Soil profesional aquascape seperti dari merek ADA, Platinum, dll. soil tersebut tidak usah dicuci terlebih dahulu, sudah mengandung pupuk dasar, dan mengubah air aquarium menjadi lebih cocok untuk tanaman aquascape

      Delete
  3. Co2 injection itu wajib atau terserah aja?,kalo ngga pake resiko nya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitiga Pertumbuhan Tanaman Aquascape
      Monggo dibaca artikel di atas mas. Jawabannya ada di dalam sana :)

      Delete
  4. Saya pke filter yg diatas mas..ikan saya sehat2 aja....ngk pernh ada yg mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nda nyimak judulnya nih. hehehe.
      ini dalam konteks memelihara aquascape mbak, yang notabene memelihara tanaman di dalam aquarium. Bukan memelihara ikan.

      Delete
    2. aquascape barti memelihara tanaman dalam aquarium ya? hahaha.. baru tau saya...

      Delete
    3. Gan mw tanya aquascape ane sdh dpt nilai brp nch gan..soaly bru 2minggu maen di aquscape otodidak aja nch

      Delete
    4. Haaaa?? cara saya nilai gimana gan?

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Gan,..mau tanya nih, kalo untuk aquascape pompa sirkulasi harus tetap jalan?apa tanpa pompa juga gpp?tengkyu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan. asal tiap hari ganti air. hehehe

      Delete
  7. Aqiascape terbaru: Suzy Shelley, lulusan dari Loughborough University, menciptakan tangki 15 liter, yang dikemas dengan teknologi yang memungkinkan ikan, tanaman dan bakteri 'untuk bekerja sama untuk menciptakan ekosistem yang seimbang' 6
    Suzy Shelley (foto), lulusan dari Loughborough University, menciptakan tangki 15 liter, yang dikemas dengan teknologi yang memungkinkan ikan, tanaman dan bakteri 'untuk bekerja sama untuk menciptakan ekosistem yang seimbang'ternyata memakai bublelator, alasanya o2 mengikat racun di air,,

    ReplyDelete
  8. Gan bgsnya pemakaian co2 dlm aquascape brp lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. co2 yang baik itu 1 jam sebelum nyampu nyala, dan mati saat lampu mati. Tapi selama ini saya pakai Co2 selama 24 jam juga ok.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. bang yg mau tanya kl merawat tanama karpet hemiatus supaya cepat berabat gimn cara perawatan nya yg baik

    ReplyDelete
  11. bang yg mau tanya kl merawat tanama karpet hemiatus supaya cepat berabat gimn cara perawatan nya yg baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai metode DSM masbro.
      caranya bisa dilihat di sini
      CARA MELAKUKAN DSM

      Delete
  12. Gan aquascspe kl pake kipas ngbantu pertumbuhan tanaman g? Ane br 1bln bkin aquascape ni gan jd hrs bnyak tanya sanasini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. esensi dari pemakaian kipas adalah untuk menurunkan suhu aquarium. suhu yang ideal adalah 23-25derajat. Jika dapat mencapai suhu tersebut, maka pertumbuhan tanaman akan semakin baik. jangan lupakan untuk membaca artikel ini ya
      ARTIKEL PERTUMBUHAN TANAMAN AQUASCAPE

      Delete
    2. Mantap gan, hatur nuhun pencerahannya

      Delete
    3. Mantap gan, hatur nuhun pencerahannya

      Delete
  13. gan sy baru punya aquarium uk 100x50x40,dengan filter di atas dengan susunan isi filter sbb: batu kali-kapas-bio ball-kapas-batu ziolite-kapas-arang aktif-kapas-pasir silika-kapas-bio ring-kapas-pasir silika-kapas lgsung masuk ke ddlm aquarium,dan waktu hbs sy ganti air 30% sy tambahi obat penjernih dengan dosis sesuai anjuran yg ada dlm botol penjernih, tp airnya kok mlah jd keruh putih susu ya bang? itu kenpa dan gmn solusinya bang? mohon pencerahannya krn sy msh baru dlm dun ia ikan hias terima kasih sblmnya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena bahan yang ada di filtermu bro . Kalo filter aktive dan susunan isi filter seperti itu , tidak boleh dimasukkan obat2 apapun . Jika mau masukin obat filternya mesti dimatiin dlu

      Delete
    2. Itu karena bahan yang ada di filtermu bro . Kalo filter aktive dan susunan isi filter seperti itu , tidak boleh dimasukkan obat2 apapun . Jika mau masukin obat filternya mesti dimatiin dlu

      Delete
  14. file:///D:/Data%20KU/IMG_20160410_082645.jpg penampakan aquarium sy bang, yg d atas itu filter buatan sendiri

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. kok gk bisa nongol fotonya ya hehehe maklum aja bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mas jangkung, untuk beberapa kepentingan kami memblok beberapa fungsi untuk mencega spam di sini.
      Jika mas Jangkung membuthukan diskusi (dengan materi yang tidak ada di blog ini) silakan menghubungi kami via WA. Kami siap melayani

      Delete
    2. Oia jadi putih susus itu karena over bakteri masbro.
      yang mas tambahkan obat penjernih itu apakahbakteri starter?
      Coba pemakaiannya di stop dulu danganti air 50% setiap hari dan cuci media filternya semua (yang ini jangan tiap hari ya).
      baru setelah bening kembali, bakteri starter nya bisa dimulai lagi dengan dosis yang dikurangi.
      Kami menduga air yang digunakan oleh mas jangkung sudah memiliki bakteri sehingga dosis pada botol tersebut bisa dikurangi.

      Semoga membantu

      Delete
  17. Maaf suhu saya mau tanya boleh :)

    Jika penggunaan Co2 DIY itu maksimalnya berapa jam pemakaian ya jika 3bps?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang informasinya bro. untuk aquarium berapa? bagaimana parameter airnya?
      Set saja di 24 jam. jika ikan megap2, saatnya mengurangi takaran co2

      Delete
  18. Mas bro saya baru mau mulai nih, kalo akuarium ane taruh luar gmn ya. Masalah pa ga...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di luar itu kondisinya seperti apa masbro?
      Apakah kehujanan dan kepanasan, kena sinar matahari langsung atau tidak?
      Info nya yang detailmasbro biar jawabannya nggak sulap juga :)

      Delete
    2. Misal aquascape di taruh di teras rumah, sinar matahari ga langsung harus pakai lampu ndak ? Perlu tambahan co2 ndak ? Filter bawah tetep nyala terus 24 jam atau dimatikan saat tanaman aquascape udah tumbuh bagus.

      Delete
  19. Gan ane ada akuarium yg udh ada ikannya. Klo ane masukin tanaman yg dah jd di pot gt masalah ga?

    ReplyDelete
  20. Gan, kl bwt tanki aquascspe ukuran P20xL60xT30 cocoknya brp ekor ikan y? Atw g mslh mw brpapun? Hatur nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan neon sm molly paling gan, sisanya udang.

      Delete
    2. mungkin 15 neon dan 3 molly sudah cukup mas. udang 30 ekor

      Delete
    3. Oh justru udanh hrs d banyakin y gan? Ikan molly ane mlah branak pinak, jadinya kbanyakan molly drpd neon. Knp hrs d banyakin udang gan? Maxutnya bwt pembersih tanki tu siudang?

      Delete
    4. kalau bisa malah molly jangan banyak2. berenangnya nggak bagus. saya kalau dekor ada surface skimmernya ga pernah pake molly.
      Udang bermanfaat buat bersihin moss sama algae masbro.

      Delete
    5. Bekgitu y gan. Mollynya ane tuker sm udang k tkg aquarium bs kali y.hhee..
      Oh iya ni mslh algae d dinding tanki ane makin hr makin byk, apakah dr aer? Tp kl dr aer mnurut ane bgs, soalnya udang sm molly aja smp branak pinak. Apakah dr filternya? Ane pake filter diy yg isinya kapas, keramik, sm srabut klapa hhee, apa dr lampu? Ane pake lmpu wrn kuning tp g kuning bgt (ket d lampu warm white). Kl udh ada art agan yg jelasin pertanyaan ane mhon link nya gan.

      Delete
    6. oke sepertinya saatnya masuk ke level yang lebih lanjut ya masbro...

      ini cara membuat aquascape nya. ilmu paling dasar banget
      CARA MEMBUAT AQUASCAPE


      Selain itu perhatikan juga lampunya. Warm white memang diperlukan oleh tumbuhan karena mengandung banyak spektrum merah, namun tanaman juga memerlukan spektrum biru. Tambahkan lampu dengan kapasitas Daylight 6500k lagi untuk memenuhi kebutuhan spektrum biru. dan atur pencahayaan 8 jam sehari.

      Ini langkah lanjutannya masbro. segitiga pertumbuhan
      SEGITIGA PERTUMBUHAN

      Kalau udah sukses kita siap post foto nya di sini :D

      Delete
    7. Mantap gan. Ane praktekin ni dah. Hatur nuhun

      Delete
    8. Bagaimana kalo pake sponge filter? Dia kan pake aerator?

      Delete
    9. sponge filter dengan menggunakan aerator juga sebaiknya dihindari bro demi menjaga asupan CO2 di aquascape.

      Delete
  21. Gan knapa ikan mati mulu di aquascape ,WC 1minggu sekali 1/2 tank langsung Dr Pam Tampa di endapin karna tank besar jd ga bisa tampung endapan buat ganti,cuci filter per mggu jg ,tanaman lumayan byk ,filter pake canister + flow ph via spraybar usia tank uda 5bln ,mungkin punya solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi:
      1. Kandungan kaporit dari PAM sangat tinggi sehingga meracuni penghuni aquarium. Untuk memastikannya coba tes kandungan Cl di air sumber menggunakan alat tes yang sudah tersedia di pasaran.
      2. Ada ikan yang membawa penyakit dan menular ke ikan lain. Cek kondisi ikan yang mati apakah ada indikasi hal tersebut.
      3. Cuci canister filter setiap minggu? Nggak capek bro? :d Cuci filter di dalam media filter setiap sebulan sekali dengan air bekas WC aquarium supaya bakteri tidak mati. Ini juga bisa jadi penyebab matinya ikan karena nitrit di dalam aquarium tidk terurai menjadi nitrat oleh bakteri tersebut.
      4. Apakah ada pupuk yang bocor atau penyemprotan gas berbahaya di sekitar aquarium?

      Ikan apa yang digunakan?

      Delete
    2. Cl uda di tes ga berubah warna brarti mungkin kcl sekali kandungan nya,cuci filter pake bekas air tank + tambah bakteri bubuk lg,dacron halus jg di ganti baru/mggu ,pupuk kaya e Kaga Bocor deh soal e bersih dr algae kecuali hair algae ,ikan isinya danio khyatit slayer,cardinal,nothobrancius,puntius,molly mix,Sapu" albino,rainbor neon ama bosemani,bumbble bee goby,platy mix,
      co2 malah direndahin warna ijo gelap di indikator takut ada ikan yg sensitif co2
      apa WC seprapat tank aja kali ya?
      ïkan yg mati ga keliatan ada indikasi penyakit ,mkn rakus tiap ganti air di kasi probiotik ikan ,masi ada yg salah ga ya gan?
      maen aquascape uda Dr taon 2010 tapi soal ikan blom ktemu yg bisa awet terutama molly ,platy,dan ikan" kcl,yg kuat puntius aja gan

      Delete
    3. Molly sama platy ga kuat? Waduh special case ini :-)
      Umur aquascape nya berapa lama sih bro?
      Ganti air 50% setiap minggu itu ga masalah bro. Klien kami tank 2,5 meter 50% setiap minggu oke. Cardinal dan red cherry lancar jaya.

      Delete
  22. Iya gan molly ama platy yg uda abis puluhan tumbang e satu/satu dan itu yg Paling gampang mati,dan ikan yg uda mati habis hatchet ,serpai slayer black molly,double swordtail,platy coral ,
    Umur uda 5bln an aquascape e,kalo cardinal ane tinggal sedikit ,RCS 100e abis mungkin di sikat puntius yg uda jd gd ,kasi pelet Pagi ama sore,lampu 8jam on ,pupuk cair 2ml/minggu ,ph Dr pam 8,
    Tambahan nih media filter dacron halus ,spon kasar biologis ,keramik ring ,batu apung ,di bucket 18l buat tank 1000l ,air crystal clear ,Suhu 28/29 ,pupuk cair 2ml/mggu ,
    Kalo di tambahin ikan baru biasa e tar ada aja yg mati itungan hr
    Semoga ada solusi nih gan

    ReplyDelete
  23. Mas mau nanya, apakah wajib menggunakan fan buat aquascape? Sama mo nanya suhu yg tepat itu diberapa ya? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang wajib bukan penggunaan fan nya, tapi suhu nya, yaitu sekitar 26 derajat celcius

      Delete
  24. kenapa ikan sapu" suka makan tanaman yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan sapu2 jika berukuran besar bisa memakan tanaman.
      Solusinya gunakan ikan sapu2 dengan ukuran kecil dari jenis Ottocinclus atau Chinese Algae Eater

      Delete
  25. kenapa ikan sapu" suka makan tanaman yah mas

    ReplyDelete
  26. kenapa ikan sapu" suka makan tanaman yah mas

    ReplyDelete
  27. kenapa ikan sapu" suka makan tanaman yah mas

    ReplyDelete
  28. Mas bro.....kalau caranya membasmi lumut dari kaca gmna ya....soalnya saya sudah kasih keong tanduk 20 ekor ..tp gk ngefek....tank saya ukuran 0.4x0.5x1

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca di bagian algae mas rachmad.
      Monggo ini link nya
      Jenis Jenis Algae

      Delete
    2. Mas mau nanya...
      Kena ya filter saya suarabya berisik..???

      Delete
    3. Mas mau nanya...
      Kenapa ya filter saya suaranya berisik..???


      Jawab mas

      Delete
    4. baling2nya sudah aus mungkin mas.

      Sudah dijawab mas

      Delete
  29. ,, qta sering g d rmh gan, paling lama 2-3 hr. Mau nanya masalah lampu,?
    Bagus d hidupkan atau d matikan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli timer listrik bro. HArganya sekitar 50rb. Nanti masbro ga usah colok cabut steker listrik. tinggal setting dan lampu akan nyala dan mati sendiri

      Delete
  30. Gan, klo lampu nya saya hidup kan dr jam 7 malam - 4 subuh bsa gak ?
    siang nya sya matikan
    atau harus siang ya di hidupin lampu nya

    trus untuk filter nya, harus 24 jam non stop atau ada batas waktu nya ?

    mohon bantuannya masih pemula soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lampu: Bisa dong. Tanaman dan ikan nggak tahu di luar lagi siang atau malam (kecuali aquariumnya kena sinar matahari ya).
      Dalam keadaan tanpa kena sinar matahari itu yang ikan dan tanaman tahu:
      Lampu nyala = Siang
      Lampu mati = Malam

      Filter wajib nyala 24 jam masbro.

      Delete
    2. Gan tanya lagi
      Tank sy kok di dinding ny bnyak ulat/cacing kecil warna putih ya
      Ukurn ny kecil banget, jmlh nya ada ratusan kali
      Padahal udah di ganti airnya 50%, tp tetep muncul lagi,
      Itu apa ya ? bahaya gak ?

      Di tank baru ada tanaman doang, belom ada ikan ny
      Umur tank baru sekitar 2 minggu

      Tks

      Delete
    3. cacing putih itu biasanya planaria. Tidak berbahaya. malah menandakan air aquarium sudah bagus.
      Caranya untuk mengurangi bisa dengan disedot manual atau beli planaria trap.

      Delete
  31. mas kalo aquascape gag pake co2 , ngefek gag sih buat pertumbuhan tanamannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. deah mas hanyaruanggelap, semua sudah dibahas di artikel ini ya Pertumbuhan Tanaman
      Silakan dipelajari dan semoga berguna

      Delete
  32. Nice info gan, thanks bgt sangat membuka wawasan ane sebagai pemula

    ReplyDelete
  33. Mas..aqurium saya uk.40x20x25..kemaren baru belajaf buat co2 diy pake ragul..saya nyalakan mulai jam 6 sore sampe jam 7 pagi dgn kondisi lampunyala lampu 8 watt..eh ikannya pada mabok bahkan ada yg mati..btw mabuk co2 atau mabok janda ya mas hee..tolong arahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pada megap2 di atas, berarti mabok co2 masbro. Kalau megap2 tiap lihat cewe lewat, baru mabok jnda :d

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Mas mau tanya. Saya kemarin beli co2 tablet tp knp ngga keluar gelembung nya yah? Mohon info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa produsen Tablet Co2 sekarang memodifikasi beberapa produknya biar lebih slow release mas supaya tidak terjadi PH shock. Jadi bukan nggak keluar gelembung, tapi keluar perlahan.

      Delete
  36. Mas mau nanya2 maklum baru demen ma ikan hias,..

    Saya punya aqua gentong(bulat uk. 15 liter diameter 30cm, kira2 < 1bln belinya), tak bikin filter gravel(pakai gelembung) modif sendiridan dgn pasir malang campur pasir bali, trus ada tanaman nya banyak ampe hampir penuh (beli dipot kecil 10rb dpt 3) ada anubias'nya jg, co2 diy (baru kmarin bikin). Isi Ikan planty dan guppy sampai kedua jnis branak pinak banyak bnget...

    - Apakah co2 jadi mubazir dengan adanya filter dengan pakai gelembung udara??? (Soalnya gak memungkinkan jk saya pakai powerhead, aqua terlalu kecil)
    - Tanaman sebagian udah tumbuh subur, trus bagaimana cara agar kita tahu co2 dlam air cukup buat tanaman???
    - Saya sedikit heran, sering ada gelembung udara lembut banget di pangkal batang anubias, kira2 betbahaya gak buat di tanamn/ikan??

    Saya udah khabisan ide buat bikin filter, pakai filter canister udah coba tpi tanaman malah rusak (debit air trlalu gede), pake filter gantung gak memungkinkan karena dinding aqua bulat... Oh ya saya pakai lampu philips LED 6W 6500k

    Terimakasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih as untuk infonya. Kami sangat menyukai pertanyaan dengan jenis seperti ini karena informasi yang diberikan detail, sehingga tidak memaksa kami untuk menjadi dukun dengan mengira2 keadaan di aquarium penanya seperti apa :d

      Oke kita amulai jawab ya:
      - Dengan memasukkan tiupan angin ke dalam aquarium, artinya kita sedang memperbanyak kontak air dengan udara, sedangkan perbandingan kandungan oksigen dengan karbon dioksida adalah Oksigen, 0,93%, Karbon Dioksida, 0,003%. Artinya dengan kontak yang sama, kita memasukkan oksigen lebih banyak dibandingkan karbon dioksida.
      Belum lagi jika menghitung tingkatan kemudahan kelarutan kedua kandungan tersebut ke air.
      Pilihan aerator untuk aquascape tetap tidak kami sarankan. Mas bisa mengakali dengan membuat DIY Co2 dengan pompa berukuran kecil, memakai filter internal berukuran kecilseperti merek resun, atau membeli filter caister berukuran kecil seperti merek UP atau Sunsun.
      - Gunakan Co2 Indicator.
      - kandungan gelembung itu adalah oksigen hasil fotosintesis anubias mas. Tidak berbahaya bagi ikan dan tanaman.

      Lampu philips LED juga termasuk bagus untuk aquascape. saya menggunakannya di aquarium 1 meter dengan jumlah 5x13w.

      Delete
    2. Trimakasih infonya mas, Insyaallah besok tak nyari canister yg uk kecil dulu...

      Delete
  37. aquarium ane ukuran 90 40 40 dgn filter paten didalam, apakah mengganggu jalannya co2? mohon pencerahaannya & solusinya, ane baru dua hari membuat aquascape

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya aquarium dengan filter paten menciptakan riak udara pada saat air memasuki bagian filtrasi. Ini sudah lumrah masbro. Tingkatkan penggunaan Co2 untuk menanggulangi co2 yang hilang.

      Delete
  38. Saya sudah kehabisan akal menanamm tanaman karpet. Sudah beberapa kali beli yang udah jadi, tp malah daunnya jd menguning. Padahal saya udah kasih co2 cair dan pakai DIY co2. Memang kadang lampu saya pakai lebih dr 6 jam( saya pakai lampu jepit led simano) , dan pakai filter gantung. Ukuran aquarium saya 30x15 cm. Dan akhir2 ini ikannya sering mati. Padahal dulu wkt belum pakai co2, gak pernah ada yg mati. Air saya ganti 10% tiap 2 hari sekali. Sponge filter saya bersihkan 2 hari sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanaman karpetnya apa ya mas kalau boleh tahu? soalnya tanaman karpet rata2 termasuk tanaman sulit. Adaptasi tanaman karpet biasanya yang paling riskan. beberapa aquascaper pro mengakalinya dengan metode DSM

      Cara melakukan DSM bisa dipelajari DI SINI"

      Delete
  39. Bang mau tanya...w pny aquascape ukuran 100x30x30...filternya buat sendiri tp seperti yg d paparkan abang d atas...ada gelembung gt...w gk pk inject co2 cuma pk pukcir dan lampu seadanya...wc 4x sehari pukcir 3x sehari...tanaman anubias subur moss jg alhamdulillah cuma ada bba nye bang d anubias sedikit siih...pertanyaannye itu knp ya bba bisa muncul sama penanggulangannye gmn bang???ketan dan udang red cherry blm ampuh...mksh bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. WC 4x sehari???? pukcir 3x sehari???? dosis pukcir sama wc nya gimana masbro???
      Lampu diatur berapa jam sehari masbro?
      Ketan sama cherry ga doyan BBA masbro.
      Bunuh pakai pemutih masbro BBA nya.

      Delete
  40. Soree gan .. Ane newbie mau nny , klo untuk tank uk 80cm ,filter merk jebo 508 kegedeaan gak ya ? Soal ny pke ikan kecil" .. Tkt arus nya kederasan ..
    Mhon bimbingan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gaaaan...
      Galah gan. Malah kalau bisa pasang dua. soalnya tank nya 80cm lho gan.

      Delete
  41. sebelumnya terima kasih atas artikel yang di share. saya mau menanyakan dua hal, karena saya sendiri masih baru dalam hal seperti ini.

    Pertama, saran sih bukan pertanyaan. poin 4, selain filter yang disarankan pada gambar untuk jenis filter ekternal, adakah filter lain yang cocok dan harga murah meriah??

    Kedua, saya belum tau rahasianya dari teman2 atau pemilik aquarium di dinding atau aquarium jenis meja, nah itu bagaimana ya cara untuk membersihkannya. saya pernah bertanya ke penjual aquarium, semua pemilik aquarium jenis apapun pasti membersihkan dan saya tidak dikasi tau rahasianya apa agar tetap bersih air maupun kaca. Mohon penjelasannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan..
      Hehehe maksudnya minta saran ya?

      1. Aquascaper pemula dengan budget value biasanya menggunakan jenis filter HOB atau air terjun om.

      2. Kami tidak pernah menggosok kaca aquarium kami sekalipun dari awal dekor sampai kapanpun. Caranya adalah menjaga kestabilan. Lampu 8 jam, ganti air seminggu sekali 30%, tidak overfeeding, masukkan algae eater seperti keong tanduk.

      Delete
    2. hehehe terimakasih untuk sarannya, sukses selalu ya om :)

      Delete
  42. Gan, kalo kipas penyejuk aquascapenya terus on apa gak papa? Sebaiknya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyalain aja 24 jam mas. saya juga nyala 24 jam kipas penyejuknya.

      Delete
  43. Gan, kalo kipas penyejuk aquascapenya terus on apa gak papa? Sebaiknya gimana ya?

    ReplyDelete
  44. Mas mw nanya Kalau Filter main gantung yang hang on itu bagus kah mas
    dan kalau lampu 7 wt warna biru itu Bagus aja kah mas buat ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua filter bagus atau nggak itu relatif, cocok atau tidak untuk apa yang dipelihara. Tergantung juga sama media filter di dalamnya masbro.
      Lampu warna biru untuk ikan kurang bagus karena di alam mereka terkena sinar matahari. Gunakan saja lampu putih 6500k.

      Delete
  45. Salam kenal, saya main aquascape dah 6 bulan pake aquarium uk 80x60x40, lampu led 36 bh, canister, co2 tabung nyala 24jam..isinya ikan discus 5, cae 5, neon 15, udang 10. Awal2 saya pake air hujan yg diendapkan sehari.. tp karena sulit saya ganti pake pam mulai bulan ke 5... akibatnya satu ekor discus mati dan bba di beberapa tepi daun anubias dan tanaman bckground.. buce malah abis kena bba keknya... pukcir seminggu 3-4x macro n micro..pertanyaan saya apa air pam hrs diendapkan dulu sblm dipake? Bgmn paparan cahaya yg bagus apa dinyalakan kontinyu selama 7-8jam ato selang seling 1-2jam ? Indikator co2 hijau kekuningan apa cocok dgn ikan discus? Suhu air 27-28c dibawah itu discus jd sakit.. kira2 gmn ya gan biar ikan dan tanamannya tmbh sehat? Makasih bnyk dan maaf kl kurang infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas... Terima kasih paparannya yang lengkap sehingga menghindari jawaban dukun dari kami. Hahahaha.
      Kita jawab satu persatu ya.

      1. Air hujan memiliki PH sangat rendah dibandingkan air PAM. sehingga hal ini membuat PH swing terjadi di aquarium jika tiba2 diganti dngan air PAM . Hal ini menyebabkan kesehatan dari tanaman dan ikan drop. Jika diibaratkan seperti manusia yang biasa tinggal di daerah puncak gunung tiba2 harus tinggal di tepi pantai.
      Adaptasi memang akan terjadi pada ikan dan tanaman, namun ada baiknya kita tidak merubah habitat asli mereka secara drastis yang dampaknya pasti akan terjadi penyakit, tanaman/ikan mati.

      2. Pemurnian air Pam menggunakan kaporit dan disurutkan menggunakan tawas. kedua benda tersebut merupakan logam berat yang masih mungkin terbawa saat disalurkan ke rumah2. Maka akan jauh lebih baik jika diendapkan terlebih dahulu air tersebut, kemudian digunakan dengan menyisakan 1/10 bagian terakhir yang diendapkan. itu biasanya kaporit dan tawas ada di 1/10 bagian terakhir air yang diendapkan.

      3. Pupuk makro dan mikro harapnya tidak digunakan dalam waktu yang berdekatan.Karena ada senyawa yang tidak boleh digabungkan secara langsung.

      4. Cahaya boleh menggunakan metode 8 jam sehari, atau mnggunakan siesta period 4 jam nyala, 4 jam mati, 4 jam nyala. Karena tanaman baru bisa melakukan fotosintesis setelah terpapar cahaya lebih dari 3 jam.

      5. Discus adalah ikan yang membutuhkan suhu hangat. biasanya pemain aquascape dengan ikan discus menjaga suhunya antara 28-30. Di bawah itu discus rentan terhadap penyakit.

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Terima kasih banyak atas responnya.. sangat puas dengan informasinya.

      Delete
  46. bang klo penggunaan co2 tablet aturan pakai nya gmna? untuk aquarium ukuran 20x40

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan sejam sebelum lampu menyala masbro. Dosisnya mengikuti dari produsen co2 tabletnya.

      Delete
  47. Ooooo iya iya thank gan.... tadi siang listrik mati....jadi mesin filter aquarium mati lmpu juga mati.. menyebabkan nga ada pergerakan air ataupun gelmbung.... tapi ikan ikan saya pada ngap ngapan ke atas smpe smpe mati 4 ekor.setelah 4 jam listrik nga nyala.. ikannya lumayan banyak...tumbuhanpun juga sangat banyak hihi..... apakah nga se imbang ikan nya banyak oksigennya kurang banyak gan????? Solusinya atuh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau ikanya sampai megap2 ke atas kemungkinan besar kurang oksigen gan. jumlah ikan di dalam aquarium terlalu banyak seprtinya. Kurangin jumlah ikan adalah solusinya.

      Delete
  48. Maaf gan mo tnya kenapa air yg di filter dalam cpt hbis tpi klo di tmbhkan air mlah luber .mdel aquascape air terjun jd silika hnya niup aj ga bsa nyedot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan kita masih bingung maksudnya. Air di filter dalam? Filter dalam itu filter yang seperti apa gan?
      Model aquascape air terjun jd silika hanya niup itu maksudnya juga gimana?

      Delete
  49. Filter yg direndem air gan?air'@ hbis trs klo di tambahin air mlah aquarium jdi luber

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh kayanya saya ngerti. agan pakai filter jenis sump yang menggunakan aquarium berbeda untuk filter ya? Begitu dinyalakan airnya surut, tapi kalau diisi lagi dan pompa mati, airnya meluber?

      Kalau jenis filter sump memang seperti itu bro cara kerjanya. Mesti ada space beberapa m3 untuk kosong. Space ini berfungsi untuk menerima kelebihan air dari air aquarium utama.

      Delete
  50. Filter yg direndem air gan?air'@ hbis trs klo di tambahin air mlah aquarium jdi luber

    ReplyDelete
  51. Malam gan.. Saya sudah mulai aquascape sejak 2 tahun lalu dan saya gabung dengan ikan discuss. Awalnya agak sulit karena harus cari batas toleransi oksigen, suhu air dan Co2 antara tanaman dengan ikan discus yg notabene sedikit manja. Selama ini saya menggunakan kipas di atas permukaan air untuk menjaga suhu air dan sepertinya menghasilkan sedikit oksigen untuk discus dan ikan lainnya, kadang saya inject co2 DIY(gula & fermipan) dan alhamdulillah selama ini sehat semua. Masalahnya, kalau kipas dimatikan, ikan langsung pada ke atas seperti kekurangan nafas.

    Saya heran kalau lihat contoh2 di youtube, aquascape dengan discus airnya sangat tenang tanpa kipas (mungkin menggunakan chiller), tanpa aerator, menggunakan supply co2 tapi semuanya sehat. Mohon ilmunya ya gan :).

    Catatan kelengkapan : tanaman mayoritas anubias, buche, filter canister, lampu timer ON 8 jam sehari, suhu air dengan kipas kisaran 28-25 derajat, terkadang inject co2 diy.

    Terimakasih sebelumnya Gan, maaf kepanjangan penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suhu discus yang optimal adalah 28-30 derajat. di luar itu discus rentan kena penyakit.
      Ikan ke atas kalau kompak dapat dipastikan itu adalah akibat co2 atau amonia. sudah coba pasang co2 indicator sama tes ph belm mas? Air yang digunakan apakah air tanah atau air pam?

      Delete
  52. Asalamualaikum,saya mau nanya kalau ikan saya dikasih makan betramin kok gak bisa dia Makanya,soalnya pas aye kasih kaya Di emut" terus jatoh terbuang sia" gitu min, ikan saya ikan guppy sma neon,maunya sih Pake cacing beku tapi Harus dimasukin dalam kulkas malah dimarahin sama mama, Ada solusi terbaik gak min sekalian Minta WA nya Biar bisa Minta solusi buat pemula Ini terimakasih Walaikumsalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan butuh penyesuaian jika harus berpindah dari satu makanan ke makanan lain. Kita tidk tahu di tempat pemijahan di sana ikannya dikasih makan apa.
      Cara melatihnya adalah buat ikan agan kelaparan terlebih dahulu dengan tidak memberikannya makan 3 harian. Hari ke-4 mulai beri makan yang agan inginkan.
      Kita sangat menyarankan agan memberikan makanan yang baik supaya ikan tumbuh dengan baik dan warnanya keluar seperti tetra bit.

      Delete
  53. Saya pakai pompa air external (yg didalam air)yg 1200,ukuran aquarium 40x36cm,,pertanyaan saya kok air malah makin butek yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pompanya dipakai untuk apa masbro? kalau ke arah pasir atau bawah, pasti butek karena kotoran ikannya terbang2 terus.

      Delete
  54. Gan kalau aquascape d tinggal pulkam 10 hari. Itu bagus nya lampu nya d nyalain terus pa gk usah pake lampu.. Thank sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake timer dong masbro. biar nyala mati sendiri. harganya ga begitu mahal juga.

      Delete
  55. Gan kalau lampu mati co2 nya apa harus stop apa tetap jalan. Saya pakai DIY co2 ragi dan gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap nyala saja masbro. diset jangan sampai ikannya megap2 pas mati lampu ya

      Delete
    2. Gan saya mau coba style iwagumi clasik tp kepengen pakai carpet hairgress. Kira2 bagus gak, terus apa kekurangan dan kelebihan hairgress sama monte carlo di iwagumi. Mohon maaf kalo salah tulis dan diborong pertanyaan nya

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. gan klo untuk aquascape lampu sebaiknya d hidupkan pada saat siang hari atau malam hari ya? saya pake co2 diy ragul, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun tidak apa2 masbro. Selama tidak kena sinar matahari ya. Lampu diatur 6-8 jam perhari untuk mencegah tumbuhnya lumut

      Delete
  58. Salam gan, untuk nanem magic seed jika gak pakek pukdas bisa gak gan? Dan kalau udah tumbuh cara ngasih pupuk cairnya gimana? Apakah ikan harus dipindah dulu? Makasih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disarankan pakai pukdas masbro karena dia punya akar yang masuk ke dalam substrate walau dalam beberapa kasus ada magic seed yang tumbuh tanpa pukdas. kami tetap merekomendasikan menggunakan pukdas.
      Penggunaan pupuk cair (pada pupuk cair bermerek dan sudah dikenal dipasaran) tinggal memberikan dosis sesuai dengan rekomendasi produsen saja masbro tanpa harus mengeluarkan ikan terlebih dahulu.

      Semoga mebantu :-)

      Delete
  59. Min mau tanya.. Knp kok tnmn anubias daunnya pd menguning ya.? Ukuran akurium saya 60x30x35. Pake lampu putih biru amara 9 watt. Filter HOb n udh pake co2 tablet .. Mhn pencerahannya min, apa perlu pupuk tambahn lagi or apalah spy anubias n taneman lainnya makin subur..

    ReplyDelete
  60. Emangnya kenapa min kalo lampu aquascape gapernah dimatiin? Apa dampaknya?

    ReplyDelete
  61. Om mau tanya nih saya bikin co2 DIY pake aerator berarti itu bukan co2 dong 😢😧

    ReplyDelete
  62. saya ada pertanyaan ama yg no 1.mengenai aerator.... tanaman kan gak cuma berfotosintesis (menyerap nutrisi dan co2)... tanaman juga butuh respirasi (menyerap o2 dan mengeluarkan co2).. dulu guru biologi pernah bilang jangan tidur dibawah pohon saat malam hari... karena malam hari waktunya pohon ber respirasi... mohon koreksinya bila ada yg salah...

    ReplyDelete
  63. Gan, kalo misal ini ikan engap2 terus kalo pake aerator kira2 baik ngga?

    ReplyDelete
  64. Gan kalau aquariUm d samping kulkas dan dibawah tv berbahaya gak gak? Kok ikanku selalu mati?

    ReplyDelete
  65. Gan kalau aquariUm d samping kulkas dan dibawah tv berbahaya gak gak? Kok ikanku selalu mati?

    ReplyDelete