Banyak dari teman-teman bertanya kepada kami, "Kenapa air aquascape aquarium saya tak kunjung bening?" Sebagian menyangka adalah karena sumber air yang buruk. Sebagian lagi menyangka karena kaca aquarium yang tidak bersih (padahal udah digosok sampai pakai amplas). Ada juga yang menyangka kuras aquariumnya kurang bersih (Sampai dikosongin, dikopyok pake air sabun. Hahahaha).

   Padahal jawaban dari semua itu hanya satu: Bakteri. Dalam aquascape aquarium atau beragam jenis aquarium, tentu material yang kita gunakan mengandung berbagai macam kandungan. Beberapa berbahaya dan yang lainnya tidak. Selain memiliki kandungan yang berbahaya, kandungan tersebut juga memiliki efek membuat air terlihat tidak bening (terlihat keputihan)


Aquarium dengan koloni bakteri mature akan memiliki warna bening (Sumber)

   Berikut adalah artikel yang diambil dari buku karangan Pak Laurence Suryanata (Aquarium Aquascaping) yang disadur dari web INI:


   Sebuah aquarium, besar atau kecil, akan melalui masa kritis setelah dipasang. Sebulan pertama adalah masa yang paling kritis karena ekosistem belum sepenuhnya terbentuk. Pada masa ini, ikan yang dimasukkan ke dalam akuarium mudah mati dan akuarium pun mudah sekali berlumut.

Proses pembentukan ekosistem di dalam filter akuarium dapat diilustrasikan sebagai berikut :

  • Hari ke-1. Proses siklus nitrogen belum terbentuk, kadar amonia di dalam air masih nol (0)
  • Hari ke-3. Amonia yang berasal dari kotoran dan debu mulai terbentuk, dan bakteri pengurai amonia yakni bakteri nitrosomonas, mulai tumbuh. Saat ini ikan pemakan lumut sudah boleh dimasukkan, tetapi jangan diberi pakan dulu. Memberi pakan pada saat ini dapat membuat kadar amonia naik pesat.
  • Hari ke-5. Kadar amonia mulai meningkat dan ikan dapat stres. Penggantian air akuarium sebanyak 30% dapat memulihkan kondisi ikan.
  • Hari ke-8. Bakteri nitrosomonas mulai berkembang dan sudah dapat mengurai amonia yang ada menjadi nitrit.
  • Hari ke-14. Kadar amonia mencapai puncaknya dan kadar nitrit mulai meningkat. Ikan kembali stres. Penggantian air sebanyak 30% dapat membantu memulihkan kondisi ikan.
  • Hari ke-21. Bakteri nitrosomonas terus berkembang sehingga kadar amonia akan terus menurun. Sebaliknya, kadar nitrit akan terus meningkat. Bakteri pengurai berikutnya, yakni bakteri nitrobacter, yang menguraikan nitrit menjadi nitrat mulai tumbuh.
  • Hari ke-27. Kadar nitrit mencapai puncaknya dan kadar nitrat juga mulai mengingkat. Lakukan penggantian air sebanyak 30%
  • Hari ke-30. Bakteri nitrobacter terus berkembang, sehingga kadar nitrit akan menurun. Namun kadar nitrat akan terus meningkat. Nitrat walaupun tidak berbahaya bagi ikan, tapi berpotensi untuk pertumbuhan lumut. Ganti air sebanyak 30% untuk menurunkan kadar nitrat.
  • Hari ke-40. Bakteri nitromonas dan nitrobacter sudah mencapai kondisi yang mapan, sehingga kadar amonia dan nitrit akan berada dalam tingkat yang minimal. Namun kadar nitrat akan terus meningkat. Nitrat tidak dapat diuraikan lagi oleh bakteri, tetapi dieliminir oleh tanaman air untuk pertumbuhannya. Kadar nitrat dapat juga dieliminir dengan cara penggantian air sebanyak 30% secara teratur.
   Pada proses awal di atas, kondisi air aquarium pasti akan terlihat tidak bening. Hal ini mengindikasikan betapa pentingnya koloni bakteri menguntungkan tersebut pada aquascape aquarium teman-teman. Tetapi jangan disimpulkan kalau air aquarium yang bening berarti tidak mengandung kandungan berbahaya ya teman-teman. Karena kandungan berbahaya juga dapat bercampur dengan sempurna tanpa adanya indikasi apapun pada air seperti misalnya cairan kimia berbahaya.

Di mana bakteri tersebut hidup?

   Bakteri yang dibahas di atas hidup pada berbagai tempat di aquascape aquarium teman-teman, seperti misalnya dasar substrate, kaca aquarium, dan media filter terutama filter biologis.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu pertumbuhan bakteri tersebut?

   Ada beberapa cara yang bisa teman-teman ikuti dalam rangka memperbaiki kehidupan koloni bakteri menguntungkan dalam aquascape aquarium teman-teman. Kami sudah merangkumnya:

1. Menaruh media hidup bakteri yang baik pada bagian paling dasar substrate

   Dengan langkah ini, bakteri tersebut bisa hidup di dalam substrate dengan jumlah yang lebih banyak karena kita menyediakan 'rumah' yang lebih banyak untuk mereka. Teman-teman bisa menggunakan bio ball, ceramic ring, atau pasir malang yang kasar di bagian dasar aquascape aquarium yang kemudian bisa ditumpuk dengan pupuk dasar dan pasir substrate.

2. Memakai media filter biologis

Ceramic Ring (Sumber)

   Terdapat 3 buah jenis filter seperti yang saya bahas DI SINI, Gunakanlah media filter biologis dan mekanikal untuk pemakaian filter jangka panjang. Contoh yang bisa teman-teman gunakan adalah bio ball dan ceramic ring. Teman-teman bisa mengganti dengan sesuatu yang memiliki rongga dan tidak mengandung kandungan berbahaya seperti misalnya kapur karena bisa merusak kualitas air aquarium.

3. Penggunaan aerator

Penggunaan aerator (Sumber)

   Memang sedikit berlawanan dengan aquascape pada umumnya. Namun pada masa awal setup, penggunaan aerator pada aquascape aquarium bisa digunakan untuk menambah kecepatan pertumbuhan bakteri meguntungkan. Teman-teman bisa menaruh aerator tersebut didalam aquascape aquarium ataupun di dalam media filter.

4. Penggunaan bakteri starter

   Sekarang sudah banyak merek yang menawarkan produk bakteri starter yang bisa teman-teman gunakan untuk aquascape aquarium teman-teman. Contoh yang biasa kami gunakan adalah PS bio dan Gist.


Ingin beli tanaman aquarium atau perlengkapan lainnya? Di Kampoeng Aquarium Shop tempatnya

165 komentar:

  1. saya nanem tumbuhan, langsung tak kasih ikan tiga, ada beberapa yg mati ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah bro... nitrit di air pasti masih tinggi kalau gitu. amonia juga tinggi. pasti ikan banyak yang ga kuat.

      Delete
  2. Om kalo bagian dasarnya pake filter undergavel terus kapas-pukdas-pasir malang gw mana...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pupuk dasarnya bakal kesedot pelan2 dan ditembak pompa dan bercampur dengan air aquarium. algae bloom dan amonia bloom nantinya om.

      Delete
  3. itu penggunaan aerator di awal setup berapa lama ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau membentuk koloni bakteri dengan cepat, setiap lampu mati, nyalakan aerator nya.

      Delete
  4. Om,kalau lampu dimatiin trus co2 nyala 24jam bermasalah gak ya?
    Saya pake co2 diy ragi+gUla

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp om. selama ikan tidak megap2 kekurangan o2 semuanya oke.

      Delete
  5. Maaf saya baru pertama kali main aquascape,nah saya beli pasir yg katanya mengandung pupuk,pasirnya berwarna putih kecoklatan dan saya pakai mesin bawah istilah nya.
    Nah air tak kunjung bening,apakah harus ganti mesin filter atas atau bagaimana ya gan?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasir mengandung pupuk bisa saya artikan soil khusus aquascape. namun soil biasanya berwarna hitam. saya tidak tahu apakah ada pasir mengandung pupuk berwarna putih kecoklatan. yang saya tahu pasir berwarna tersebut adalah pasir silika yang biasanya bersifat inert dan tidak mengandung nutrisi apapun.

      Filter mesin bawah saya artikan filter undergravel filter (UGF) ya pak yang sistemnya kita menghamparkan tray UGF di aquarium terlebih dahulu dan menimpanya dengan pasir.

      Sistem filter UGF tidak dianjurkan untuk aquascape yang menggunakan pupuk dasar dikarenakan nutrisi yang harusnya ada di pasir akan keluar dan bercampur dengan air yang nantinya menyebabkan algae bloom dan air juga tak akan bening.

      saran dari saya sebaiknya ganti mesin filternya menjadi menggunakan filter air terjun (HOB), filter internal, atau filter canister.

      Delete
  6. Om utk aquascape penggunaan filter biasa yg box atas bagaimana? Apakah sudah cukup?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filter box atas menggunakan sistem filtrasi wet and dry. Sangat tidak dianjurkan untuk aquascape karena membuat air berinteraksi dengan udara terlalu banyak sehingga membuang kadar co2 yang sangat dibutuhkan tanaman.

      Disarankan mengganti dengan menggunakan filter internal, filter waterfall, atau filter canister.

      Delete
  7. Om utk aquascape penggunaan filter biasa yg box atas bagaimana? Apakah sudah cukup?tks

    ReplyDelete
  8. Om, kalau pakai filter air terjun apa pasir silica nggak akan terhisap ke dalam filter sehingga mengakibatkan pasirnya lama kelamaan akan habis ?? Sebaiknya gimana om agar pasirnya nggak terhisap ? Mohon pencerhannya masih newbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe saya belum membuat ulasan mengenai air terjun aquascape. Tidak akan mas, soalnya pasir yang turun sebagai air terjun akan terhisap lagi, dan begitu seterusnya.

      Delete
  9. Mau nanya kalo pemberian microbacter 7 brp banyak ya om buat ukuran aquarium 1 meter 20

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung merek nya mas. biasanya 1mg untuk 1000L air. tapi kembali lagi ke merek yang digunakannya ya

      Delete
  10. Om mw tanya, saya punya aquascape 30x15x25 udah jalan 2 bln.. pake co2 diy pas sbulan awal aja, kni tidak. Saya isi udang skitar 30ekor n ikan rasbora galaxy 4 ekor. Pake filter, canister mini resun cy20. Apakah saya perlu menggunakan aerator pada saat lampu dimatikan? Dampaknya pada tanaman ada ga nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat lampu mati memang diutamakan menambah kandungan o2 di dalam aquarium, salah satunya dengan menggunakan aerator.
      efeknya tanaman lebih sehat karena pada saat mati lampu, tanaman berhenti berfotosintesis dan mulai berespirasi. Tanaman membutuhkan o2 dan menghembuskan co2 seperti kita manusia, ikan, dan udang.

      Cuma cara tersebut sebenarnya repot. hehehe tiap hari matiin terus nyalain aerator lagi.
      saran dari kami, kalau udang dan ikan tidak ada gejala kekurangan o2, tidak dilakukan tidak apa-apa.

      Delete
  11. Bro apa ada co2 tablet, terus kalo pake filter gantung bisa kan buat aquascape?

    ReplyDelete
  12. Mas bro..beli aerator itu dmn yaa..dan harganya yg murah brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dibantu jawab sama mas Rizky Eka ya mas. happy aquascaping :)

      Delete
  13. Aerator hampir semua toko ikan hias ada mas,hrganya -+25 rbu saja

    ReplyDelete
  14. Aerator hampir semua toko ikan hias ada mas,hrganya -+25 rbu saja

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Airnya disedot dari pompa, disalurkan ke atas (kotak media filter), air terfilter, air masuk lagi ke aquarium

      Delete
  16. Bro ini aquarium saya kok berkabut mulu ya apa filter nya jelek ? Atau masalah waktu? Soalnya ini msh seminggu umur aquariumna.. Pasir nya sih emang GA saya cuci hehehehe lupa maklum newbie.. Solusi nya dong bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasirnya ga dicuci? Sayang ya kita takutnya ada mineral yang kurang bagus masuk ke sana.
      Coba rutin gantiair 50% perhari atau per dua hari selama seminggu. sisanya seminggu sekali 50% sambil ditambah bakteri starter.
      Ga sampai sebulan udah kinclong.

      Delete
  17. Bro, ikan di rumah loncat2 sendiri habis di kuras :( tak lama ikam mati.. itu gara2 air pdama atau kesalahan kuras air sampai habis ? Pdhal pas prtama pakai pdam ga masalah broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek om airnya ada kandungan kaporitnya nggak.
      Airnya diganti berapa persen?

      Delete
  18. Mas saya mau buat aquascape tp gatau apa aja yang harus di siapin, saya punya aquarium 60x30x35 dirumah,nah selebih nya apa aja ya? Bisa tolong budgetin harga per perlengkapan dan peralatan nya ga mas? Yang buat pemula, murah murah aja tp ga murahan mas? Hehehe makasih mas sblum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami akan mengulas bahan ini sebagai artikel tersendiri nantinya mas reza.
      Untuk pertanyan itu langsung ajukan saja mas kpada kami di KAMPOENG AQUARIUM SHOP
      atau WA 082126303050

      Delete
  19. Bro ane msh newbie nih..ane bru bikin aquascape yg berumur 1 minggu tiap hari dikuras 50%. Tp ane blm berani masukin taneman..kira2 kpn ane udh siap tanam ya? Setup awal: dasar bactery starter trs soil trs pupuk dasar next soil lagi. Pake filter biasa. Mhon pencerahannya bro tqs

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau taneman masukin dari awal gpp masbro. selama suhunya 26-28, tanaman bakal adaptasi lebih cepat.
      kalau ikan, itu sekitar 2-4 minggu setelah dekor awal baru bisa masuk.
      apalagi kalau pakai soil, sayang sekali nutrisi yang keluar dari soil tidak diserap oleh tanaman :)

      Delete
  20. Selamat Siang,
    Mas saya baru buat aquascape sehari, yg saya pakai pasir malang halus 1cm+pupuk dasar (Aqua Gizi) + pasir malang halus lagi setelah itu langsung saya tanam hairgrass.. setelah saya isi air (PDAM), sudah 24jam air masih putih berkabut.. sampai kapan ya bisa bening airnya atau langkah apa yg harus saya lakukan..trims

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. bang apakaha penggunaan starter bakteri di aquarium polos berbahaya bagi ikan di dalam tank nya?saya sendiri menggunakan sump filter yg isinya japmat,bioball,kapas putih.

    ReplyDelete

    ReplyDelete
    Replies
    1. bactery yang dikandung pada bactery starter berguna untuk mengurai nitrit menjadi nitrat yang pada dasarnya nitrit adalah kandungan yang sangat berbahaya untuk ikan. bakteri tersebut hidup di pori-pori media filter dan pasir. Penggunaan bakteri starter tidak berbhaya bag ikan di dalam tank. justru berguna bagi mereka.

      Delete
  23. Bos mau tanya saya ada aquarium pakai filter box diatas isinya sesuai urutan japmat, lampu uv (dibawah japmat), bioball, ceramic ring trus airnya turun ke aqua lagi. Di dalam aqua tidak ada pasir, batu2an dasar, tanaman (setiap taro tanaman selalu lepas / daunnya digigitin ikan2). Ada aerator dalam aqua, memakai lampu led 2 biji (siang nyala 1, malam nyala 2). Yang saya mau tanyakan air di aqua saya bersih tapi koq warnanya masih kehijauan tidak bening. Ukuran aqua 120cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. diulas di bagian algae masbro.
      Monggo main ke sini JENIS ALGAE

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Salam kenal om, saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Untuk menjaga co2 dan o2 agar seimbang untuk ikan dan tanaman itu bagaimana ?
    2. Untuk mengetahuinya kandungan ammonia, nitrit dan nitrat itu bagaimana ?
    3. Apakah penggunaan pupuk cair di minggu2 pertama dianjurkan ?
    Terimakasih atas respons dan jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal om
      1. Nyalakan Co2 satu jam sebelum lampu menyala, dan matikan co2 pada saat lampu mati. Kegiatan ini bisa dibantu dengan regulator yang memiliki fungsi selenoid.
      2. Bisa menggunakan alat tes seperti yang sudah dikeluarkan oleh ESHA
      3. Bisa digunakan. gunakan pupuk cair yang memang dikhususkan untuk awal tanam

      Delete
  26. Om saya baru buat aqua scape 4 hari yg lalu dan masih pemula juga
    Kira2 setiap hari air harus diganti 50 % apa bagai mana ya
    Trus ikan kapan bisa dimasukkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai substrate apa om? Kalau pakai ADA soil, dia suruh WC 50% setiap hari selama seminggu pertama dulu.
      Ikan masuk itu amannya jika kadar nitrit sudah sangat rendah di aquascape. Kita ga bisa nilai dari mata telanjang, lebih baik memakai alat tes. Karena di beberapa kasus ada yang seminggu sudah bisa masuk, ada yang baru dua bulan baru bisa masuk.

      Delete
  27. Om mau tanya,sya bli aquscape udh jdi,, sy pke air tnah,, setlh bbrpa hari air permukaan ny seprti berminyk/lendir,sma algae ska nempel d tanamn ny,,jd tumbuhn ny g secerah pas d toko ny,,, trus ikan ny pda jamuran putih bintik2,, kmudian udang ny ada yang mati,, solusi ny gmn om mohn pencerhn ny,,trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om dicky maaf baru balas. notif untuk komen nya tidak muncul di email kami.
      Lapisan minyak yang muncul di permukaan adalah wajar. itu adalah salah satu hasil dari fotosintesis yang menandakan tanaman mas dicky berfotosintesis dengan normal.
      Tugas mas dicky sekarang adalah memusnahkan lapisa minyak tersebut.
      Bisa menggunakan produk ini Surface Skimmer

      Delete
  28. gan, curhat dong aquascape saya umur 1,5 bulan airnya bening tapi kacanya ada bercak kecoklatan gt, saya gosok manual pake magnet n amplas ga ngaruh, tolong solusinya gan, mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diajak ngobrol dari hati ke hati bro bercaknya? :))

      Itu seperti nya Green Spot Algae atau GSA. Bisa dimusnahkan dengan menggunakan keong tanduk masbro.

      Delete
    2. hehehe ok akan saya coba sarannya gan, thanks a lot.....

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  29. Om mau tanya.. saya kan baru membuat aquascape.. tumbuhan yg ada cuma java moss.. stelah buat java moss lalu saya beri pupuk cair.. tidak lama ikan hias saya masukan.. nah pertanyaannya pupuk cair itu berbahaya tidak pada ikan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pupuk cair yang digunakan dari bahan dasar apa ya mas. Jika ingin aman gunaknlah pupuk cair dengan merek yang sudah terkenal.

      Delete
  30. Om, bisa minta kontak ny g om ???
    Pgn konsultasi byk tntg aQuascape ini ...

    Maklum pemula yg lg bersemangat untuk buat aQuascape ...

    Klo sudi bisa invite pin bbm ane bro ...
    5ABB1643

    Thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di add ya mas.
      Sebenarnya channel utama kami adalah WA di 082126303050
      Silakan menghubungi kami ya om.

      Delete
  31. gan jadi kalo penggunaan airator di aquascape itu menguntungkan atau merugikan ?

    ReplyDelete
  32. Om sy nubi d aquascpe..krn low budget apkah dgn pasir malang sj sbg media rmh bakteri sdh cukup??.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nubi ooom. hehehe
      Bisa. Pilih pasir malang yang butirannya kasar ya om. karena pori2nya lebih banyak.

      Delete
  33. Om, nanya nih..udah ada artikel tentang carpet seed mini dwarf? Mau link nya klo ada. Trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mini dwarf belum om. sekarang lagi uji coba HG Seed om. hasilnya cakep. kalau suka hairgrass si om pasti suka.

      Delete
  34. Gan kalo pertama bikin dah pake rumah baktery sama baktery starter...stlh 1 minggu ainya blm bening..trs sy mau pake baktery sertater biar kandungan nitratnya meningkat pemakaiannya dosisnya brp...kl masuk ikan kira2 brp munggu lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosisnya mengikuti yang sudah ditentukan sama produsen bactery starter nya gaaan.

      Klo mau masuk ikan nunggu sampe umur sebulan deh biar aman.

      Delete
  35. Om ane dah 2 bulan bikin aquascape tanpa co2 tanpa pupuk tanpa bakteri starter tanpa aerator cman pake canister n lampu nyala 6 jam sehari..air jernih tumbuhan subur ikan hidup cuman timbul putih 2 dikaca sama di sekitar monte n cuba kayak debu halus itu alga apa bukan ya om ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu brown algae om.
      coba masukkan algae eataer seperti keong tanduk atau CAE

      Delete
  36. Om kalo ganti air biasanha saya hari minggu pagi. Nyala lampunya jam 12. Enaknya ganti air nya di jam berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada pakem jam buat ganti air mas. tapi kalau mau ngejar kadar co2, ganti airlah jam 12 malam. disitu kadar co2 sedang tinggi2nya

      Delete
  37. om klo di java mosss saya ada serat benang halus kecoklatan itu kenapa ya om.. dan bgmn menghilangkan nya.. , apakah dgn keadaan spt itu moss saya mati.. mohon pencerahan nya om maaf masih nubi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sepertinya algae mas. indikasinya karena kekurangan co2 atau air terlalu jenuh. ganti air 30-50% setiap hari dan perbaiki asupan co2. perbaiki juga distribusi arus di dalam aquarium

      Delete
  38. Om. Saya abis setup ni,br jalan 1 hari, saya pake undergravel+filter canister.. apakah bagus memakai kedua filter itu..? Mohon pencerahan nya om.. thanx yah

    ReplyDelete
  39. Kakak kalo saya memakai air galon yang harga 3000 per galon itu... bagus gak kak airnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditanya dulu sumber air nya darimana mbak. Biasanya air isi ulang gitu ambil airnya dari air gunung. Kalau bersumber dari air gunung, biasanya airnya bagus.
      Lebih baik cek airnya dulu menggunakan tester PH, GH, KH, Nitrit dan Nitrat. Jadi lebih tahu persis air itu bagus atau tidak :)

      Delete
  40. Halo gan.. iseng2 gugling cara buat air jadi jernih trus nyangkut disini dan baca artikel dan tanya jawab aquascaper semua ane jadi tertarik ..terutama dengan penjelasan agan yg sistematis..hehehe
    kebetulan ane baru setup aquascape ukuran pxlxt 20x20x30, pake pasmal, gak pake pukdas dan co2, filter waterfall lampu LED 4w, pake pukcir dan peke air keran gan
    nah yg mau saya tanyakan
    1. Kapan ane harus nyalain lampu gan? Kondisi lingkungan ruangan AC dengan suhu 25-26 nyala lampu jam 8 pagi - 7 malam..adakah pengaruh dari lampu ruangan gan??
    2. Aqua ane tanemin tennelus, hairgrass, ,java fern kalo gak salah(tapi yg jual bilang cadaca?) moss yg ane iket di batu.. ama taneman bulet2 kecil gitu namanya,waktu nanem hairgrass,tennelus ama yg daun bulet2 ane lgsg pindah in dari pot nya gan..fyi taneman ane beli kondisi dalem pot sebesar cup eskrim dengan tanah yg mirip kontur tanah sawah gan..ane lgsg pindahin dan ane urug pake pasmal gan, airnya awal2 coklat trus ane kuras gan.. ada pengaruh gak gan kalo nanem nya pake lgsg pindahin tanah tadi??
    3. kapan ane bisa masukin ikan gan? Ane niat mau masukin neon ama guppy.. hehe.. di artikel adanya masukin ikan prmakan alga..hehe
    4. Bakteri dapet darimana ya gan? Apakah harus beli bakteri yg dikemasan? Ataukah secara alami udah ada bakteri berhubung ane pake pasmal dan air keran?
    5. Agan menyarankan untuk ganti air tiap hari 30%.. kalo ganti air brati pukcir kadarnya berkurang donk gan.. apakah pukcir ada efeknya di taneman gan? Kalo over gimana?
    5.hairgrass dan tennelus kalo sistem nya kyk ane tadi lgsg pindah media tanpa dibersihin dulu media asalnya kayak gini bisa ngarpet gak gan??
    Sekian pertanyaam ane..mohon maaf agak banyak..masih nubi bangeet.. baru buat tadi sore..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas bhaskara. Wah aquariumnya imut sekali ya. Kita coba bantu jawab:
      1. Jika berada dalam ruangan yang hanya mendapatkan sinar dari lampu, Siang dan malam yang dirasakan ikan dan tanaman adalah berdasarkan nyala lampu saja. Mereka tidak mengetahui siang dan malam di dunia luar (Jam biologisnya berubah). Jadi Mas bisa menyeting kapan lampu aquarium mau dinyalakan dan dimatikan.

      2. Itu tidak apa2 gan. Itu sebagian implementasi dari tehnik wabikusa, yaitu mengurangi stres tanaman akibat penggantian media. Yang ditakutkan adalah di tanah tersebut terdapat organisme berbahaya seperti cacing dan pestisida yang terdapat di tanah sehingga meracuni biota aquarium.

      3. Pada dasarnya kita dapat memasukkan ikan saat kandungan nitrit di aquarium sudah mencapai 0. Inibisa kita ketahui melalui alat tes Nitrit.

      4. Bakteri banyak seller yang sudah menjualnya mas. jika menunggu pertumbuhan dari air, maka akan sangat lama sekali seperti yang dikatakan Pak Lawrence Suryanata. Gunakanlah bakteri starter untuk memulai aquarium sehingga didapatkan biota aquarium yang baik dalam waktu yang jauuuuuh lebih cepat.

      5. Dosing pupuk cair biasanya digunakan juga setiap hari. Tujuan dari penggunaan pupuk cair adalah memberikan nutrisi yang seharusnya ada di dalam air yang terus mengalir. Dengan mengganti air 30% setiap hari, maka nutrisi tersebut bisa lebih terpenuhi dan penggunaan pupuk cair bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali (Tergantung air yang digunakan. Ada air yang mengandung nutrisi banyak, dan ada yang tidak mengandung nutrisi sama sekali)

      6. Ngarpet dong jika kebutuhannya terpenuhi semua. Sifat tanaman ini adalah terus mencari sumber nutrisi di sekitarnya dengan menumbuhkan tunas baru.

      Gpp gan, semoga bisa membantu. Kita juga nyubi yang terus belajar kok :)

      Delete
  41. terimakasih gan tanggapannya..hehehe
    emang imut gan..soalnya sambil iseng2 ada sisa papan akrilik di lab ane..hehe
    selama seminggu ini ane ganti air tiap hari 30-50%
    setelah beberapa hari ada keong nongol gan..ama daun tennelusnya jadi kuning gan.. apakah ini aman?saya masi belum brani ngasi ikan gan..
    nah pas ane WC trakhir ane liat rambut2 alus warna ijo nempel di dinding aquarium.. tipis banget ..
    keliatan soalnya terbias cahay lampu nya.. apa ini yg namanya alga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ini yang namanya cinta? :) hahahaha
      Iya bro itu algae. untuk cari tahu cara menanggulanginya monggo buka di halaman algae.

      Untuk keong2 kecil itu adalah keong hama. dia mengganggu pemandangan saja bro. bisa dibunuh dengan menggunakan keong assasin.
      Tennelus kuning bisa jadi karena suhu tinggi atau malnutrisi.
      Untuk malnutrisi monggo baca bagian segitiga pertumbuhan tanaman masbro

      Delete
  42. Mas bakteri starter itu apa perlu diberikan rumah? Aquascp sy yg bulat sperti toples isi sekitar 10 L,sdh pake pupuk dasar, pasir malang dan pasir silica. Ada filter didlm yg pake aerator.rencan mo tak isi udang dan ikan guppy saja, apakah perlu diberi keong dan co2 tablet jg? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aerator membuang kadar co2 di aquarium lho mas. Jadi kebutuhan co2 nya harus lebih banyak lagi.
      Co2 hukumnya tetap wajib untuk tanaman aquascape.

      Bakteri pasti memerlukan rumah seperti hati yang butuh tambatan.

      Delete
  43. Master,newbie mau tanya dong,mohon pencerahan
    Aquascape ane ukuran 35x20x25,filter mini canister,taneman moss,cuba,lampu led,co2 DIY ragi+gula,udh jalan 2 minggu n udh ikutin cara siklus aquarium master,trus di awal minggu ke 3 ane coba masukin cardinal sama guppy.gak ada 5 menit langsung tewas semua,kecuali 1 guppy,,mohon pencerahannya master,,saya kira aqua sy sdh cukup mature untuk dimasukin ikan tp ternyata lngsng tewas semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tingkat ke mature an setiap aquarium bisa beda2.
      Hal ini disebabkan karena standar material yang berbeda2 seperti perlakuan pencucian pasir, kualitas air dsb.
      Kalau lihat dari cara matinya yang 5 menit dimasukkan langsung mati, bisa jadi bukan karena aquarium belum mature, tapi karena air aquarium terkontaminasi zat berbahaya seperti obat nyamuk dll.

      Delete
    2. Oke master,,trims infonya,,kmrn sprtinya kebanyakan inject co2 sih,soalnya ikan pada megap megap,,gimana ya caranya biar kita bisa tahu kadar co2 didlm aqua itu pas untuk ikan dan pas utk fotosintesis tanaman,,mksh master sblmnya

      Delete
    3. Oke master,,trims infonya,,kmrn sprtinya kebanyakan inject co2 sih,soalnya ikan pada megap megap,,gimana ya caranya biar kita bisa tahu kadar co2 didlm aqua itu pas untuk ikan dan pas utk fotosintesis tanaman,,mksh master sblmnya

      Delete
    4. Pakai co2 indicator masbro. Sampai saat ini alat ini adalah alat terbaik untuk mengukur kadar co2 di dalam aquarium. Harganya tidak terlalu mahal juga.

      Delete
  44. Gan apa bisa bakteri starter cair bisa dipaki lagsung ke tank yg udah ada ikan Dan tmbuhan, ganti air 3hari yg lalu, mkasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masbro. pakaikan saja selama tidak over dosis

      Delete
  45. Mas saya beli moss yang udah di tempel di bikin bonsai . Dari sana bagus ijo tpi kok selang beberapa hari jadi kuning dan sebagian ada yang coklat kya mati . Padahal saya sudah kasih pupuk cair sama co2 tablet . Sampe" ikan" saya pada diem di atas gak saya kasih oksigen tapi tetep aja kuning . tolong minta penerangan ya mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dugaan kita sih dari suhu atau tanamannya adaptasi mas.
      Suhu dapat berapa derajat?
      Tanaman baik itu daun darat ataupun daun air, dipindah tetap adaptasi. Dan kemampuan kita diuji saat mensupport tanaman tersebut buat adaptasi :d

      Delete
    2. Berapa lama mas biasa nya dia balik hijau lagi nya ? Kalo suhu sih saya kurang tau tepat nya berapa tapi sekarang saya tuh pake lampu neon 9watt ,trus nyalanya paling cuman 7 jam . soalnya klo saya kerja suka atau tidur suka saya matiin . soalnya pernah saya nyalain semaleman eh si ikan malah pada melayang mas arwah nya .
      Trus pernah selang si sirkulasi saya bikin arus bawah jadi ga pake gelembung biar co2 nya ga banyak kebuang mas tapi si ikan malah main nya pada di atas sama kya engap" gitu mas makanya sekarang saya agak naikin itu selang biar seengganya ada gelembung oksigen buat si ikan .
      Sekarang saya tuh baru mulai pake tablet co2 sama pupuk cair merk fish all mas yg 10rb an itu ,saya baru mulai 2 hari mas . Trus minta pendapat master nih baik nya apa lagi yg harus saya lakuin sama apalagi yg harus di tambahin

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Mw nanya om klo misalnya pasir terhisap kemesin powerhead itu baik" saja atau akan rusak

    ReplyDelete
  48. Melanjutkan yg di atas,
    Udah 2hari bru bgt buat aquascape. Tapi air masih keruh ya, knp ya?

    Saya pakai pasir kasar malang, pupuk, pasir halus malang. Apa ada yg salah? Knp msh keruh??

    Lalu kapan ikan bs dimasukan ke aquascape??

    Tks yaa smga dijwb jelas hehe

    ReplyDelete
  49. WTA,
    1.mas penggunaan bacteri starter pada awal setup tank itu sampai jangka waktu berapa lama yaa?
    2.bagaimanakah cara penggunaan bacteri starter yg di recomendasikan.

    ReplyDelete
  50. WTA,
    1.mas penggunaan bacteri starter pada awal setup tank itu sampai jangka waktu berapa lama yaa?
    2.bagaimanakah cara penggunaan bacteri starter yg di recomendasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bactery starter direkomendasikan selalu digunakan pada saat awal setup dan setiap ganti air mas.
      2. Pada awal setup: Tburkan di bagian paling bawah substrate dan media filter.
      Pada saat ganti air: encerkan dengan air hangat dan tuang ke dalam aquarium setelah air baru terisi

      Delete
  51. Kenapa tumbuhan di asq saya pada coklat ya ? Padahal air ben

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor masbro. bisa masih adaptasi, bisa kurang co2, bisa kurang nutrisi, bisa suhu terlalu tinggi.

      Delete
  52. Mas, apakah penggunaan CO2 tablet sudah cukup?
    Klu iyaa untuk 1 tablet dapat berapa hari dapat CO2nya.
    Soalnya sudah banyak yang jual CO2 tablet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas. Masing-masing produsen Co2 tablet memiliki dosisnya sendiri. favorit kami untuk co2 tablet adalah merek ISTA dan UP.
      Silakan mencarinya Co2 tablet nya di sini ya masbro DISINI AJA

      Delete
  53. mas mau tanya saya baru 3 minggu lalu memasang karpet sheed tp kenapa daun"nya skrng jd berubah warna agak kekuningan,apakah penggunaan karpet sheed tdk dianjurkan memakai penjernih air, krna saya curiga yg merubah warna daun'a itu akibat dr penjernih air..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai penjernih airnya jenis apa ya mas?

      Delete
  54. salam kenal mas, aquascape saya bru berumur 6hr,tpi sudah muncul brown algae,fuzz algae dan spertinya ada keong/siput kecil skali 3 ekor,itu krna apa ya mas?

    tank 60x30x40
    filter jebo 503
    pake kipas tambahan
    pupuk cair 1-2 tetes per hari
    pake co2 cair 1-2 tetes jg perhari
    lampu LED custom klo ga salah 48w menyala 8jam setiap hari
    Suhu akuarium rata2 24-25°C

    Tamb: pada saat awal saya tidak memakai bakteri starter krna saya mengikuti saran/cara dri tempat saya beli perlengkapan aquascape saya,

    Sebelumnya Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. brown algae itu wajar pada saat awal. Aquascape rentan sekali terkena brown algae pada 2 bulan awal. hilangkan dengan memasukkan keong tanduk.
      Fuzz algae ini terjadi karena distribusi arus tidak merata di dalam aquascape. Tambahkanlah sebuah pompa kecil untuk membuat arus di dalam aqusacapenya.

      Bactery starter tetap saya sarankan untuk dipakai karena mencegah tingginya nitrit dan mensupport tanaman agar mendapat nitrat lebih cepat juga.

      Delete
  55. Mas saya ada beberapa pertanyaan boleh kan? :)
    1. Ukuran aquarium buatan saya P:29 L:22 T:34(tinggi air 31) kira" 20,5 literan, nah saya tanam moss (nempel dipakis), anubias barteri, cabomba, dan kadaka. Apakah dengan lampu t5(beli ditoko listrik) yg 8 watt udah cukup untuk tumbuhan tsb?
    2. Apabila saya tanam monte carlo apakah bisa tumbuh atau tidak? Kebetulan substratnya udh dikasih pukdas...
    3. Moss yg paling bagus dan paling cepat tumbuh itu yg mana? Kebetulan saya tanam peacock moss dan kayaknya sih hidup soalnya baru seminggu walaupun kotor karna brown algae hehee...
    Makasih mas tolong jawabannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong masbro.
      1. Boleh dibaca artikel DI SINI ya masbro Jadi masnya tidak memerhatikan cahaya dan nutrisi saja untuk pertumbuhan tanaman.

      2. Untuk monte ada baiknya ditambah cahayanya masbro. Coba tambah satu atau dua buah lampu 8 watt lagi.

      3. Saya paling suka moss peacock masbro. Ditambah Co2 supaya menjarinya bagus. Brown algae wajar pada awal tanam. Gunakan keong tanduk untuk membersihkannya.

      Delete
    2. Wah oke mas sangat membantu jawabannya, saya jadi lebih semangat lagi nih buat bikin aqua yg lebih gede :-D
      Saya ada pertanyaan 1 lagi nih, lampu yg ditoko listrik apakah sama saja dengan lampu ditoko aquarium? Ataukah harus beli ditoko aquarium saja? Soalnya gak ada keterangan Kelvinnya...

      Delete
    3. Beda-beda mas. Kelvin sama juga spektrumnya bisa beda. Kalau mas beli lampu yang biasa dijual di aquarium dan mereknya ternama, mereka membangun spektrum sesuai dengan kebutuhan tanaman. Seperti merek aquaworld atau VG.
      Kalau mau praktis, gunakan merek Philips Daylight yang LED atau yang flourescent 6500k. Itu saya gunakan juga di beberapa aquascape saya.

      Delete
  56. Halo mas..sy baru aja bwt aquascape 1minggu lalu. substrate pake pasmal tebal 2cm. tanpa pupuk dasar sm bactery trus ada carpet seed sm anubias. sampe saat ini tanaman masih hijau. carpet seed jg tumbuhnya bagus trus utk sy pake filter atas, tp corongnya dimasukan ke air. untuk lampu nyala 5jam sehari pas mlm aja. ukuran aquariumnya 50x20x40 pertanyaan saya
    1. apa substratenya udh bener?
    2. sy menggunakan filter atas masih perlu kah menggunakan co2 dari diy?rencana minggu dpn mau bwt diy
    3. sebaiknya ikan dimasukan pada saat kpn?
    4. untuk tanaman carpet seed sm anubias bisa tahan tanpa co2 tambahan?sampai saat ini sih msh tumbuh.
    mohon pencerahannya mas..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Substrate sudah bener klo tanaman masih tumbuh hijau masbro. hehehe...
      2. Untuk memahami peranan co2 terhadap lampu dan nutrisi, masbro sudah saatnya meng upgrade ilmunya dengan membaca artikel ARTIKEL INI
      3. Ikan dimasukkan 2-4 minggu setelah setup dengan penggantian air 30% perminggu ya.
      4. Monggo baca dulu artikel di atas ya.

      Delete
  57. mau nanya omm..
    sya baru slsai buat background aquarium, tpi pake styrofoam, dan otomatis harus di lapisi semen, biar lbih menarik critanya.
    awal yg harus sya lakukan/beli apa dulu y omm, dan rencana mau di kasih waterfall jg.
    klo pun jadi menggunakan waterfall lbih bgus pake aerator atau powerhade?
    trmksh sblmnya. mohon saran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powerhead oom, jangan pake aerator. Kecenderungannya tersumbat kalau pakai aerator.
      Kalau dilapisi semen, kolam harus sering2 diganti air dulu awalnya. ganti air 50% setiap hari selama dua minggu supaya kandungan kapur dan racun dalam semen hilang

      Delete
  58. Om admin..numpang tanya dong ;-( frekuensi pemberian bakteri starter apakah boleh setiap hari atau hanya pada setelah ganti air saja. Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu ganti air saja supaya tidak boros :d

      Delete
  59. mas mau tanyak fungsi pupuk cair mikro,makro apa ya
    . kapan di masukin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macro itu seperti makanan pokok untuk kita. Micro seperti vitamin untuk kita.
      Dimasukinnya ikutin anjuran masing2 produsen pupuknya ya masbro. soalnya mereka yang meriset produk mereka masing2 :-)

      Delete
  60. Mas mau tanya klo bwt tank ukuran 75x40x40 idealnya pake canister yg brp lt per jam ya? Thanks

    ReplyDelete
  61. mau nanya omm, klo misal aquarium di kasih cairan buat pembersih air akuarium trus di tambah stlahnya di kasih pupuk cair, ada efek samping nngga om ke ikan atau tumbuhan'y? mohon di bantu y, trmksh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cairan buat pembersih air akuarium nya yang seperti apa ya mas? merek apa? Kalau cairan yang berwarna biru itu, itu mengandung beberapa zat berbahaya. kita tidak pernahmenggunakan cairan tersebut di tank display atau farm kami sekalipun.
      Cara menjaga aquarium bersih adalah menguras secara rutin seminggu sekali 30% dan memasukkan algae eater yang cocok.

      Delete
  62. Numpang nanya, saya masih newbie
    gimana cara mencegah kayu pohon agar tidak selalu terlepas dari pasir? Sudah berkali2 saya tancapkan tapi nanti terlepas lagi sendiri meski udah ditanam dalam pasir malang cukup dalam. ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lepas terus ngambang ya gan?
      Solusinya ada beberapa nih:

      1. Lem kayunya ke daasar aquarium/batu pemberat.
      2. Ikat Kayu di bagian bawahnya dengan batu, lalu timbun batunya.
      3. Kasih pemberat di atas kayunya. Pemberat tersebut bisa dicopot kalau kayu suda tenggelam. biasanya 1-2 bulan.

      Delete
  63. Bang mau nanya, saya baru bikin aquascape kalo misalnya saya ga pake starter bakteri kira2 berapa lama ya buat bisa masuk ikan?

    ReplyDelete
  64. 1. Kalau dari hari pertama bikin,sudah langsung masukin ikan boleh gak? Soalnya saya baru jadi langsung masukin ikan. Ikannya gak apa2 awalnya...setelah 2 minggu baru ada yang mati 4 ekor (matinya tidak bersamaan).
    2. Sekarang sisa ikan masih banyak dan tetap hidup...hanya kadang2 berenangnya di atas permukaan air kalau air habis diobok-obok atau ganti setting tanaman. Itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sangat tidak disarankan untuk tidak dilakukan masbro. Kadar nitrit biasanya tinggi di fase ini dan itu fatal untuk ikan. beberapa faktor mungkin bisa mensupport ikan untuk tetap hidup di awal2 aquarium baru dibuat langsung dimasukkan ikan seperti kondisi air yang baik, tapi ikan tersebut pasti stres. hal itu bisa dilihat dari warna tubuhnya.

      2. Dia menghindari amonia yang bloom diakibatkan aquarium yang diobok2 bro.

      Delete
  65. Kak nanya dong, pupuk cair harganya berapa ya?, yg paling murah kalo bisa hehe. Panduan cara pakenya gimana?. Ini aquascape baru 1minggu biar tambah rimbun, aquascapenya kecil, gapake injeksi co2 gapapa kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sembarangan beli pupuk cair ya masbro. ingin murah malah aquascape hancur. kalau ingin yang murah meriah coba merek aquagreen. harganya 110 ml 25.000.
      Pupuk cair tanpa Co2? Coba baca artikel ini masbro ARTIKEL

      Delete
  66. Permisi mas, saya ryan, ingin bertanya, sudah akhir2 ini saya terkena blue green algae.. Nah minta tlg dong saram terbaik untuk menghilangkan algae tersebut sampai tuntas gimana ya?, soalnya ngk pernah berhenti2 itu algae nyebar mulu wkwjw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang BGA itu berat masbro perang sama dia.
      Cara yang paling sering kita lakukan adalah:
      1. Cuci semua media filter sebersih2nya.
      2. Siphon permukaan pasir
      3. Ganti air 50% setiap hari
      4. kurangi intensitas lampu.
      Semua hal itu dilakukan BERSAMAAN pada hari yang sama ya masbro. Poin 1 & 2 tidak perlu dilakukan setiap hari

      Delete
  67. Misi om, ane baru 3 bulan nge-scape. Komposisi aquarium ane yg ukurannya 80(p)x20(l)x30(t) pake undergravel filter, kapas filter dan pasir malang. Pertama, ane tanam java moss yg diiket ke batu batu. Memang sih, 3 hari kemudian ane kasih ikan guppy, lemon dan tetra. Tapi dalam seminggu moss ane berubah warna jadi coklat, kemudian satu persatu daunnya lepas. Ane anggep mati. Ane rescape lagi tuh aquariumnya, sampai suatu hari ane beli taneman lagi (dalam pot) lalu ane tancepin tuh pot langsung ke pasir malang. Ga nyampe seminggu semua batangnya putus dan ngambang keatas aquarium. Sekarang ane nanem Hydrilla verticillata yang ane dapet dari situ (danau kecil) deket tempat tinggal ane. Kebetulan kolam itu lagi dibersihkan dari taneman itu, dan ane ambil beberapa. Sudah seminggu tanemannya sehat walafiat. Meskipun ane tanem dengan cara di stek (tanpa akar). Pertanyaanya om, adakah yang salah dengan komposisi aquarium ane ?

    ReplyDelete
  68. Masbro, kira kira aquascape yang ekosistem udah jadi itu kya gmna? Terus berapa lama Masbro supaya jadi? Pergantian air kalo semua ngaruh banget gak? Terus saya pake filter biasa, apa ngaruh juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airnya bening, algae minim, ikan dimasukin ga mudah mati.
      Supaya jadi sempurna adalah 3 bulan menurut buku Lawerence Suryanata.
      Pergantian air SANGAT BERPENGARUH.
      Filter biasa itu yang seperti apa masbro mohon dijabarkan dengna lebih jelas karena kata biasa itu sarat dengan subjektivitas. Standar biasa kita dengan masbro bisa sangat berbeda.

      Delete
  69. @Corollus:
    Masbro, setiap tanaman memiliki karakteristik nya masin-masing. Tugas kitalah untuk mengetahui apa kah kebutuhan tanaman tersebut terpenuhi oleh kita. Maka dari itu beberapao orang scaper sangat menyarankan mengecek PH, GH, TDS, aquarium sebelum membuat aquascape. hal itu untuk mengetahui tanaman apa saja yang cocok untuk karakteristik aquarium kita.

    Dalam hal Java moss yang berubah warna menjadi coklat, biasanya hal tersebut terjadi dikarenakan gagalnya adaptasi tanaman tersebut.
    Penyebab:
    - Suhu air kurang rendah. biasanya yang baik sekitar 20-28 derajat celcius.
    - Tidak tersedinya 3 faktor utama kebutuhan tanaman tersebut, yaitu Cahaya, Nutrisi, Co2. untuk mempelajari hal ini monggo dibuka artikel kita mengenai segitiga pertumbuhan tanaman aquascape.

    ReplyDelete
  70. Hallo kampoeng Aquarium, saya mau tanya.
    Saya sedang menanam carpet seed dwarf, saya baca2 harus menggunakan lampu bila di dlm ruangan, apakah lampu harus dinyalakan terus menerus sampai sudah tumbuh? Atau hanya brapa jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pakai dong masbro. kalau tidak tanaman berfotosintesis menggunakan apa?
      8-10 jam perhari saja masbro jangan diberi 24 jam

      Delete
  71. Permisi min, mau nanya kalau penggunaan filter yang disamping pake sekat buat aquascape efektif ga yah? Saya punya tank yg filternya ada disamping. Kemarin udah nyoba pake UGF seminggu pertama ok, seterusnya ikan berguguran satu per satu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke masbro selama lubang inletnya di atas jika menggunakan pupuk dasar. Kalau tidak nanti pupuk dasarnya tersedot ke dalam filter. Kami menggunakan filter samping untuk beberapa aquascape kami juga kok.

      Delete
  72. Izin bertanya mas. Sy newbie baru mau mulai.

    Rencanya mau setting dengan dry setup dengan menanam carpet seeds terlebih dahulu, setelah tumbuh kira2 seminggu barulah di beri air.

    Pertanyaan sy, apakah bakteri starter bisa kita gunakan diawal bersama pupuk dasar, soalnya kan seminggu awal dimulai dengan hanya melembabkan soil agar carpet seed tumbuh terlebih dahulu barulah mengisi air di tank. Atau dgn kata lain, bacteri starter tidak langsung terendam air.

    Demikian mas, terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. gunakan bactery starter seperti biasa jangan khawatir :)

      Delete
  73. Permisi min.. ane mau tanya.. ane pake filter ugf yg orca.. yg ane mau tanya kalau ane mau pake bakteri starter, rumah bakteri, dan pupuk dasar itu taruh dimna ya.. diatas kapas filter nya atau didasar akuariumnya.. mohon pencerahannya min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ingin menggunakan UGF, usahakan rumah bactery ada di atas UGF tray. bactery starter ditabur di dasar seluruh aquarium. Pupuk dasar usahakan jangan kontak langsung dengan ugf tray supaya tidak terhisap dan tersembur ke air mas.

      Delete
  74. Salam kenal mas admin..auqascape saya baru 1 bln mas..trs dmasukin ikan stelah 1 minggu ikannya berguguran mas.daearah saya kbetulan dingin ny a extrime mas.untuk rekoment slain pk heater ikan yg agak kuat dlm kondisi ini ikan apa mas admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Rodin.
      untuk ikan yang berguguran faktor nya tidak bisa dilihat dari dingin saja masbro.
      umur aquascape 1 bulan masih bisa dibilang rentan parameternya seperti kadar amonia atau nitrit dan nitrat yang masih tinggi.
      Untuk hal ini monggo dicek dulu parameternya sebelum mendakwa pelaku nya adalah suhu dingin.
      Karena di beberapa aquascape yang kami tangani ikan2 kecil seperti tetra kuat di suhu air sampai 18 derajat dan hidup sehat.

      Untuk informasi tambahan untuk kami, monggo disertakan ikan apa yang digunakan sebelumnya dan dimensi aquascape nya supaya rekomendasi yang kami berikan bisa lebih akurat :-)

      Delete
  75. bg numpang tanyk ni mengenai bakteri...
    bagaimana bekembangnya bakteri baik di filter canister yg kedap udara..??
    kan bakteri baik berkembang biak dengan o2. bgaimana bekembangnya di canister yg kedap udara..??

    ReplyDelete
  76. bg numpang tanyk ni mengenai bakteri...
    bagaimana bekembangnya bakteri baik di filter canister yg kedap udara..??
    kan bakteri baik berkembang biak dengan o2. bgaimana bekembangnya di canister yg kedap udara..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bang Zikri
      Canisternya sendiri memang kedap udara, namun air yang selama 24 jam melewati media filter di dalam canister kan mengandung o2.
      Maka dari itu keadaan fatal di canister adalah saat canister itu mati selama lebih dari 4 jam karena bakteri mayoritas akan mati.

      Delete
    2. perlu gak bg, penambhan bkteri starter untk filter yg bru di bersihkan..?? klk perlu bkteri starter yg mn bgus mereknya..??
      model bubuk atau cair..??
      mhon info

      Delete
    3. penambhan bakteri starter perlu gk sehabis di bersihkan filter..??
      d bakteri starter mn yg cocok untk di filter..??
      cair atau bubuk..??
      dan merek yg bgus..??
      infonya bg

      Delete
    4. sangat perlu pak. untuk menjaga supaya nitrit tidak melonjak drastis juga. lebih baik yang bubuk lalu dicairkan pak.

      Delete
    5. terima kasih bg infonya..
      pertnyaan satu lgi ni..
      mksd bubuk di cairkan gmn ya bg..??
      terima kasih bg..
      mohon infonya

      Delete
    6. beli nya yang bubuk masbro. diencerkan sendiri dengan menggunakan air suam2kuku. dengan begitu bakteri yang didapat bisa jauh lebih banyak dan lebih praktis

      Delete
  77. Salam kenal Gan..maub tanya sedikit ..saya baru set tank uk 50 x 30 x 35.
    Filter UGF,kapas, pasir malang 1cm, substrate, bakteri stater, pupuk dasar,
    Pasir malang dan terakhir soil ..hari pertama isi air besoknya air keruh .

    Apakah ini normal, bagaimana mengilangkan air keruh..

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. air keruh karena koloni bakteri belum terbentuk masbro.
      itu juga disebabkan karena adanya soil karena kandungan soil biasanya adalha mineral yang membuat air keruh.
      Cobalah selama 3 hari sekali mengganti air 30%

      Delete
  78. 1 Gan mw tanya caranya menambah tanaman yang suda jadi gmna ya...apa harus bongkar dlu
    2.saya kan sda buat aquspe baru 1 hari tp sya lupa ng pke pupuk cair itu sma bakteri startr itu tidak apa ta
    3.cara mengatasi tumbahan bonsai yang lpa di rebus gmna yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tinggal tancap aja pakai pinset masbro.
      2. pupuk cair bisa diberikan kapanpun dengan meneteskannya langsung ke air masbro. Begitu juga bactery starter
      3. Diberati memakai batu. Air nya pasti kuning kalau lupa direbus. jalan keluarnya adalah sering ganti air masbro.

      Delete
  79. Saya baru pertama main aquascape..hardscape saya cm lava rock. Setelah saya pakai pupuk dasar Na****** O** dan saya timpa pakai pasir malang dan saya isi air. Besoknya kenapa air berubah menguning kecoklatan ya gan? Pdhal gada kayu hardscape yg sy gunakan dan air juga agak berbau berGas gitu. Kira2 apa yg salah ya

    ReplyDelete
  80. om kalo hilangin zat kapur gimana ya , report juga itu harus elap aquarium gara2 ada kerak ketika penguapan terjadi

    ReplyDelete
  81. Maaf om boleh tanya dan minta masukannya..
    Aquarium saya baru rescape sudah q minggu..
    Saya pakai dobel filter..canister diy dan ugf.
    Kenapa ya air klo udh tiga hari itu agak kuning.
    Media tanam pasmal kasar tbl 2cm pukdas aquagizi sama pasmal halus.
    Tpi saya ga pake bakteri stater.
    Karna filter dobel hitungan 6jam air langsung bening bgt.
    Setiap tiga hari air menguning saya wc 50%..air bening dan tiga hari kemudian aga menguning lgi..tpi air tetap bening cuma aga menguning.
    Pdahal sebelum rescape ga begitu..
    Apakah krna penggunaan pukdas..karna sebelum reacape sya ga pake pukdas..
    Dan apa yg saya harus lakukan buat menanggulanginya..
    Makasih om sebelumnya

    ReplyDelete
  82. Dear admin,
    Saya pemain baru di dunia air om, yg mau saya tanyakan adalah,
    Saya bru setup kmaren tpi Lupa utk beli bacteria starter om, gmn ya?
    Tpi tank blm terisi appun kecuali:
    Pasir malang,pupuk dasar, pasir malang, soil. Lalu saya basahin dkit dkit pakai air jadi msih jemek jemek gtu lah. Hahahhaa
    Apakah bisa di kasih bacterial starter atau cuma pakai cara di encerkan yg pakai air hangat itu ya om,, minta pencerahanya.
    Ukuran tank 30 X 20 cm.
    Imutt kaya ariel tatum wkwkwkwk
    Terimkasih sblmnya om,

    Kind regards,
    Nanda putra

    ReplyDelete
  83. Om aquascape saya airnya selalu kuning.. .pdhal udh sering ganti air.. Solusinya gmna om?

    ReplyDelete