Jika ingin memulai mendekor aquascape, maka teman-teman harus mengetahui cara mendekor aquascape. langkah-langkah mendekor / mendesign aquascape mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lain. Kebanyakan master aquascape memiliki cara mendekor mereka masing-masing. Artikel ini adalah tatacara mendekor aquascape yang sering saya gunakan. Semoga bisa membantu kreasi teman-teman :)

1. Dasar Aquarium

    Masukkan pasir yang akan digunakan untuk aquascape aquarium. Saya pada gambar ini menggunakan pasir silica dengan ukuran 4-5mm. di tengahnya saya memasukkan carbon active yang akan berguna untuk menyerap kandungan berbahaya pada air yang akan muncul pada awal-awal setup aquascape aquarium.Carbon aktif memiliki sifat akan merelease kembali kandungan yang ada padanya setelah berusia 1-3 bulan, namun hal ini tidak akan apa-apa karena pada saat carbon aktif merelease kandungan berbahaya tersebut kembali, keadaan aquascape aquarium teman-teman sudah stabil dan tidak akan berpengaruh banyak pada fauna aquarium dan tanaman aquascape aquarium teman-teman.

 Pada tahap ini jangan terlalu banyak memasukkan pasir. Cukup 2-3cm saja.

    Buat sekeliling aquarium tertutup pasir agar tidak terlihat seperti kue lapis saat pupuk dasar dimasukkan oleh teman-teman. Usahakan juga jika teman-teman menggunakan 2 jenis atau lebih pasir dengan warna yang berbeda agar menghindari hal tersebut karena akan mengurangi estetika dekorasi teman-teman.

2. Pupuk Dasar

    Pada tahap ini, teman-teman harus memasukkan pupuk dasar yang akan berguna untuk memberi nutrisi pada akar tanaman yang akan teman-teman gunakan untuk aquascape aquarium. Langkah ini bisa teman-teman Lewati jika teman-teman menggunakan tanaman air yang hanya menyerap nutrisi menggunakan daun mereka seperti jenis-jenis Anubias dan Microsorum.

Masukkan Pupuk Dasar Khusus Untuk Aquascape

    Gunakanlah pupuk dasar yang sudah teruji kualitasnya dengan kuantitas yang direkomendasikan. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal. Saya pribadi sering menggunakannya 2-3 cm dengan.

3. Top Layer dan Hardscape

    Pada tahap ini teman-teman melakukan penimbunan pupuk dasar tersebut dengan pasir. Pada contoh ini saya menggunakan kembali pasir silika sesuai dengan yang saya gunakan untuk pasir dasar. Setelah itu lakukanlah dekorasi hardscape dengan menggunakan kayu dan batu. Sebelum meletakkan hardscape, amat saya sarankan untuk memikirkan terlebih dahulu akan bagaimana jadinya dekorasi aquascape aquarium teman-teman nantinya.
Lakukan Penataan Hardscape

    Untuk mendapatkan kesan atau efek depth, saya sangat menyarankan pasir di bagian belakang aquarium lebih tinggi dibandingkan pasir pada bagian depan. Hal ini juga pada pemakaian hardscape dan tanaman pada aquascape aquarium teman-teman.

4. Pengisian air

    Aquarium mana sih yang nggak isinya nggak ada airnya? (Hayo jangan mikir ngeres :p ) Tahap pengisian air ini termasuk tahap yang tidak terlalu sulit namun tidak bisa dipandang enteng juga. Beberapa pemain baru biasanya melakukan kesalahan pada tahap ini. Kesalahan yang paling sering dan fatal terjadi adalah membiarkan air terjun bebas dan menghantam pasir secara langsung sehingga membuat pasir berantakan dan pupuk dasar yang ada di dalamnya terburai dan larut di dalam air (yang nantinya akan berakibat membludaknya populasi algae pada aquascape aquarium teman-teman).

    Beberapa cara bisa digunakan pada tahap ini. Teman-teman bisa membentangkan koran bekas atau plastik ke seluruh penjuru aquarium untuk mencegah hantaman air secara langsung pada pasir. Atau teman-teman bisa juga menggunakan sebuah wadah untuk menadahi tempat jatuhnya air sehingga impact air pada pasir tidak begitu besar seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Beri Alas Supaya Substrate Tidak Berantakan

5. Bercocok tanam

    Bercocok tanam yang dimaksud di sini adalah menancapkan tanaman pilihan kita pada spot yang sudah ditentukan sebelumnya. proses ini oleh sebagian orang dilakukan sebelum mengisi air. Tetapi saya lebih menyukai melakukan penancapan tanaman pada saat air terisi seperempat aquarium. Hal ini saya lakukan karena berbagai alasan, salah satunya adalah kemudahan dalam penanaman (Tiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing).
    
    Pada tahap ini juga saya merencanakan bagaimana penataan peralatan yang akan saya gunakan seperti inlet dan outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2, dan peralatan pendukung lainnya.

Mulai Bercocok Tanam

    Setelah tanaman pilihan teman-teman telah tertancapkan semua dan teman-teman puas dengan hasilnya, lanjutkan kegiatan mengisi air aquarium sampai penuh. Saya biasa melakukan pengisian ini, kemudian membuang airnya kembali sampai 70%, kemudian mengisinya kembali. Hal ini saya lakukan untuk membuang kandungan amonia dan nutrisi dari pupuk dasar yang bocor ke air.

    Jika air berwarna keputihan seperti gambar saya di atas, itu sangat wajar karena koloni bakteri yang dapat membuat air jernih belum terbentuk sama sekali. Dan perlu dicatat, pada proses ini teman-teman jangan terlebih dahulu memasukkan biota aquarium seperti ikan dan udang karena tingginya kadar amonia dan nitrit pada aquarium yang bisa membunuh ikan dan udang kesayangan teman-teman. Lakukan ini setelah aquarium teman-teman berumur minimal 2 minggu.

Bagaimana perawatan pra dekorasi?

    Saya biasa melakukan pengurasan aquarium sehari sekali sebanyak 30% pada seminggu pertama setelah dekorasi aquarium untuk mempercepat cycle bakteri dan membuang kandungan beracun yang terus dihasilkan oleh aquarium baru ini.

    Pada minggu kedua saya melakukan pengurasan sebanyak 3 hari sekali. dan setelah itu seminggu sekali. Semuanya sebanyak 30%, paling banyak 50% jika saya melakukan pencabutan tanaman dan menanamkan tanaman baru pada aquascape aquarium saya.

Aquascape Berumur 2,5 Bulan

    Saya juga memberikan pupuk cair setelah aquascape aquarium berumur 3 bulan. Keseimbangan antara nutrisi, cahaya, dan Co2 adalah yang harus teman-teman perhatikan. Jika ketiganya bisa berjalan dengan seimbang, teman-teman akan mendapatkan aquascape aquarium yang teman-teman idamkan.

Butuh tanaman aquascapenya? Masuk Kampoeng Aquarium Shop DI SINI

Teman-teman ingin membuat aquascapenya lebih cantik? DI SINI

    Selamat mencoba...

12 komentar:

  1. sore Om..

    mau tanya untuk lapisan yg terkandung dalam aquarium berarti ada 3 yah pasir putih, pupuk, dan ...? untuk pupuk sendiri yg di pakai atau yg paling bagus menggunakan apa om? klo dilihat instalasinya ribet juga yah... banyak yg harus di buang kandungan airnya.. hehe..
    2. untuk suhu air sendiri apa pengaruh? dingin atau panas yg ada di dalam kandungan air itu? klo dingin apa perlu menggunakan kipas? saya masih harus banyak belajar niih...

    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  2. Sori baru saya balas om... Lapisan yang wajib sih pupuk dan pasir sebagai media tanam masbro... Pupuk yang paling bagus adalah pupuk khusus aquascape karena memiliki karakter slow release. Berbeda dengan pupuk tanaman darat yang jika terkena air langsung melepaskan seluruh nutrisinya.

    Untuk suhu diulas di sini masbro
    SUHU AQUASCAPE AQUARIUM

    ReplyDelete
  3. Om,filter yg di gunakan pd aquascape apa sm dengan yg di pake aquarium biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mr Yusup
      Filter yang digunakan pada aquascape tanaman diusahakan yang memiliki sistem yang tidak membuang kandungan co2 yang dibutuhkan tanaman pada air.

      Sistem filter wet and dry membuang sangat banyak kandungan CO2 pada air. Usahakan memilih sistem filter dengan kontak seminimal mungkin dengan udara dan sesedikit mungkin menghasilkan gelembung karena proses tersebut membuang CO2 pada air.

      semoga membantu :)

      Delete
  4. Om mau tanya kl pake sistem double filter gmn? Apa lebih baik menggunakan filter biasa aj,,, terus klw aquarium nya di taro di luar yg kena sinar matahari msh perlu co2 g ya? Makasih

    ReplyDelete
  5. Sistem double filter itu lebih baik masbro. Dengan catatan media filter yang digunakan sesuai dengan ketentuan.

    Kalau mau tahu lebih jauh tentang media filter yang cocok digunakan bisa coba buka MEDIA FILTER

    Kebutuhan sinar matahari berbeda dengan kebutuhan Co2. Semakin tinggi intensitas cahaya masuk, semakin butuh Co2.
    Pembahasannya ada di artikel ini masbro:
    SEGITIGA PERTUMBUHAN TANAMAN

    ReplyDelete
  6. Mau nanya om. Untuk pemakaian pupuk csir itu caranya bagaimana ya ? Apa kudu dilarutkan ke air dengan takaran tertentu baru di masukkan ke air akuarium apa kudu di water change dulu sampe berapa persen baru di kasihkan ke tanamannya ? :)
    Mohon pencerahaannya masih newbie dalam hal aquascaper

    ReplyDelete
  7. pemakaian pupuk cair langsung saja dituang ke dalam aquarium sesuai dengan dosis yang tertera di botol pupuk cair masing-masing masbro. Kalau sesuai dosis jadi banyak algae, coba dikurangi dosis nya.

    ReplyDelete
  8. mau tnya min, saya newbie bgt dunia bginian.
    boleh share bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape dalam aquarium ukuran 30x15x15. mohon share nya ya min. kalo berkenan di kirim ke mail saya min, joescore008@gmail.com

    trima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kebutuhan materialnya rata2 sama mau aquarium 30cm atau 2m. yang berbeda paling cuma takarannya aja masbro.
      Monggo artikel ini dijadikan acuan, dicoba, terus di share di sini.

      Delete
  9. gan, kalau arang aktifnya ditebarin gitu aja ada masalah ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada masalah bro. Aquariumnya jadi dan tanamannya lebat kan, di atas? dia akan menyerap amonia di awal setup. pada saat dia merelease kembali amonianya, kondisi aquarium sudah stabil.

      Delete