Jika ingin memulai mendekor aquascape, maka teman-teman harus mengetahui cara mendekor aquascape. langkah-langkah mendekor / mendesign aquascape mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lain. Kebanyakan master aquascape memiliki cara mendekor mereka masing-masing. Artikel ini adalah tatacara mendekor aquascape yang sering saya gunakan. Semoga bisa membantu kreasi teman-teman :)

1. Dasar Aquarium

    Masukkan pasir yang akan digunakan untuk aquascape aquarium. Saya pada gambar ini menggunakan pasir silica dengan ukuran 4-5mm. di tengahnya saya memasukkan carbon active yang akan berguna untuk menyerap kandungan berbahaya pada air yang akan muncul pada awal-awal setup aquascape aquarium.Carbon aktif memiliki sifat akan merelease kembali kandungan yang ada padanya setelah berusia 1-3 bulan, namun hal ini tidak akan apa-apa karena pada saat carbon aktif merelease kandungan berbahaya tersebut kembali, keadaan aquascape aquarium teman-teman sudah stabil dan tidak akan berpengaruh banyak pada fauna aquarium dan tanaman aquascape aquarium teman-teman.

 Pada tahap ini jangan terlalu banyak memasukkan pasir. Cukup 2-3cm saja.

    Buat sekeliling aquarium tertutup pasir agar tidak terlihat seperti kue lapis saat pupuk dasar dimasukkan oleh teman-teman. Usahakan juga jika teman-teman menggunakan 2 jenis atau lebih pasir dengan warna yang berbeda agar menghindari hal tersebut karena akan mengurangi estetika dekorasi teman-teman.

2. Pupuk Dasar

    Pada tahap ini, teman-teman harus memasukkan pupuk dasar yang akan berguna untuk memberi nutrisi pada akar tanaman yang akan teman-teman gunakan untuk aquascape aquarium. Langkah ini bisa teman-teman Lewati jika teman-teman menggunakan tanaman air yang hanya menyerap nutrisi menggunakan daun mereka seperti jenis-jenis Anubias dan Microsorum.

Masukkan Pupuk Dasar Khusus Untuk Aquascape

    Gunakanlah pupuk dasar yang sudah teruji kualitasnya dengan kuantitas yang direkomendasikan. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal. Saya pribadi sering menggunakannya 2-3 cm dengan.

3. Top Layer dan Hardscape

    Pada tahap ini teman-teman melakukan penimbunan pupuk dasar tersebut dengan pasir. Pada contoh ini saya menggunakan kembali pasir silika sesuai dengan yang saya gunakan untuk pasir dasar. Setelah itu lakukanlah dekorasi hardscape dengan menggunakan kayu dan batu. Sebelum meletakkan hardscape, amat saya sarankan untuk memikirkan terlebih dahulu akan bagaimana jadinya dekorasi aquascape aquarium teman-teman nantinya.
Lakukan Penataan Hardscape

    Untuk mendapatkan kesan atau efek depth, saya sangat menyarankan pasir di bagian belakang aquarium lebih tinggi dibandingkan pasir pada bagian depan. Hal ini juga pada pemakaian hardscape dan tanaman pada aquascape aquarium teman-teman.

4. Pengisian air

    Aquarium mana sih yang nggak isinya nggak ada airnya? (Hayo jangan mikir ngeres :p ) Tahap pengisian air ini termasuk tahap yang tidak terlalu sulit namun tidak bisa dipandang enteng juga. Beberapa pemain baru biasanya melakukan kesalahan pada tahap ini. Kesalahan yang paling sering dan fatal terjadi adalah membiarkan air terjun bebas dan menghantam pasir secara langsung sehingga membuat pasir berantakan dan pupuk dasar yang ada di dalamnya terburai dan larut di dalam air (yang nantinya akan berakibat membludaknya populasi algae pada aquascape aquarium teman-teman).

    Beberapa cara bisa digunakan pada tahap ini. Teman-teman bisa membentangkan koran bekas atau plastik ke seluruh penjuru aquarium untuk mencegah hantaman air secara langsung pada pasir. Atau teman-teman bisa juga menggunakan sebuah wadah untuk menadahi tempat jatuhnya air sehingga impact air pada pasir tidak begitu besar seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Beri Alas Supaya Substrate Tidak Berantakan

5. Bercocok tanam

    Bercocok tanam yang dimaksud di sini adalah menancapkan tanaman pilihan kita pada spot yang sudah ditentukan sebelumnya. proses ini oleh sebagian orang dilakukan sebelum mengisi air. Tetapi saya lebih menyukai melakukan penancapan tanaman pada saat air terisi seperempat aquarium. Hal ini saya lakukan karena berbagai alasan, salah satunya adalah kemudahan dalam penanaman (Tiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing).
    
    Pada tahap ini juga saya merencanakan bagaimana penataan peralatan yang akan saya gunakan seperti inlet dan outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2, dan peralatan pendukung lainnya.

Mulai Bercocok Tanam

    Setelah tanaman pilihan teman-teman telah tertancapkan semua dan teman-teman puas dengan hasilnya, lanjutkan kegiatan mengisi air aquarium sampai penuh. Saya biasa melakukan pengisian ini, kemudian membuang airnya kembali sampai 70%, kemudian mengisinya kembali. Hal ini saya lakukan untuk membuang kandungan amonia dan nutrisi dari pupuk dasar yang bocor ke air.

    Jika air berwarna keputihan seperti gambar saya di atas, itu sangat wajar karena koloni bakteri yang dapat membuat air jernih belum terbentuk sama sekali. Dan perlu dicatat, pada proses ini teman-teman jangan terlebih dahulu memasukkan biota aquarium seperti ikan dan udang karena tingginya kadar amonia dan nitrit pada aquarium yang bisa membunuh ikan dan udang kesayangan teman-teman. Lakukan ini setelah aquarium teman-teman berumur minimal 2 minggu.

Bagaimana perawatan pra dekorasi?

    Saya biasa melakukan pengurasan aquarium sehari sekali sebanyak 30% pada seminggu pertama setelah dekorasi aquarium untuk mempercepat cycle bakteri dan membuang kandungan beracun yang terus dihasilkan oleh aquarium baru ini.

    Pada minggu kedua saya melakukan pengurasan sebanyak 3 hari sekali. dan setelah itu seminggu sekali. Semuanya sebanyak 30%, paling banyak 50% jika saya melakukan pencabutan tanaman dan menanamkan tanaman baru pada aquascape aquarium saya.

Aquascape Berumur 2,5 Bulan

    Saya juga memberikan pupuk cair setelah aquascape aquarium berumur 3 bulan. Keseimbangan antara nutrisi, cahaya, dan Co2 adalah yang harus teman-teman perhatikan. Jika ketiganya bisa berjalan dengan seimbang, teman-teman akan mendapatkan aquascape aquarium yang teman-teman idamkan.

Butuh tanaman aquascapenya? Masuk Kampoeng Aquarium Shop DI SINI

Teman-teman ingin membuat aquascapenya lebih cantik? DI SINI

    Selamat mencoba...

92 komentar:

  1. sore Om..

    mau tanya untuk lapisan yg terkandung dalam aquarium berarti ada 3 yah pasir putih, pupuk, dan ...? untuk pupuk sendiri yg di pakai atau yg paling bagus menggunakan apa om? klo dilihat instalasinya ribet juga yah... banyak yg harus di buang kandungan airnya.. hehe..
    2. untuk suhu air sendiri apa pengaruh? dingin atau panas yg ada di dalam kandungan air itu? klo dingin apa perlu menggunakan kipas? saya masih harus banyak belajar niih...

    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  2. Sori baru saya balas om... Lapisan yang wajib sih pupuk dan pasir sebagai media tanam masbro... Pupuk yang paling bagus adalah pupuk khusus aquascape karena memiliki karakter slow release. Berbeda dengan pupuk tanaman darat yang jika terkena air langsung melepaskan seluruh nutrisinya.

    Untuk suhu diulas di sini masbro
    SUHU AQUASCAPE AQUARIUM

    ReplyDelete
  3. Om,filter yg di gunakan pd aquascape apa sm dengan yg di pake aquarium biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mr Yusup
      Filter yang digunakan pada aquascape tanaman diusahakan yang memiliki sistem yang tidak membuang kandungan co2 yang dibutuhkan tanaman pada air.

      Sistem filter wet and dry membuang sangat banyak kandungan CO2 pada air. Usahakan memilih sistem filter dengan kontak seminimal mungkin dengan udara dan sesedikit mungkin menghasilkan gelembung karena proses tersebut membuang CO2 pada air.

      semoga membantu :)

      Delete
  4. Om mau tanya kl pake sistem double filter gmn? Apa lebih baik menggunakan filter biasa aj,,, terus klw aquarium nya di taro di luar yg kena sinar matahari msh perlu co2 g ya? Makasih

    ReplyDelete
  5. Sistem double filter itu lebih baik masbro. Dengan catatan media filter yang digunakan sesuai dengan ketentuan.

    Kalau mau tahu lebih jauh tentang media filter yang cocok digunakan bisa coba buka MEDIA FILTER

    Kebutuhan sinar matahari berbeda dengan kebutuhan Co2. Semakin tinggi intensitas cahaya masuk, semakin butuh Co2.
    Pembahasannya ada di artikel ini masbro:
    SEGITIGA PERTUMBUHAN TANAMAN

    ReplyDelete
  6. Mau nanya om. Untuk pemakaian pupuk csir itu caranya bagaimana ya ? Apa kudu dilarutkan ke air dengan takaran tertentu baru di masukkan ke air akuarium apa kudu di water change dulu sampe berapa persen baru di kasihkan ke tanamannya ? :)
    Mohon pencerahaannya masih newbie dalam hal aquascaper

    ReplyDelete
  7. pemakaian pupuk cair langsung saja dituang ke dalam aquarium sesuai dengan dosis yang tertera di botol pupuk cair masing-masing masbro. Kalau sesuai dosis jadi banyak algae, coba dikurangi dosis nya.

    ReplyDelete
  8. mau tnya min, saya newbie bgt dunia bginian.
    boleh share bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape dalam aquarium ukuran 30x15x15. mohon share nya ya min. kalo berkenan di kirim ke mail saya min, joescore008@gmail.com

    trima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kebutuhan materialnya rata2 sama mau aquarium 30cm atau 2m. yang berbeda paling cuma takarannya aja masbro.
      Monggo artikel ini dijadikan acuan, dicoba, terus di share di sini.

      Delete
  9. gan, kalau arang aktifnya ditebarin gitu aja ada masalah ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada masalah bro. Aquariumnya jadi dan tanamannya lebat kan, di atas? dia akan menyerap amonia di awal setup. pada saat dia merelease kembali amonianya, kondisi aquarium sudah stabil.

      Delete
  10. Klo pake pasir malang perlu pake pupuk dasar lg gag bos,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bro... kalau pakai tanaman yang ditancap ke pasir, ya perlu pupuk dasar.

      Delete
  11. Ok thanks,,klo yg mas bro lakukan pake p.silika klo saya ganti p.malang trus next step na saya ikuti langkah2 awal design aquascape gag masalah kan bos.jd yg saya ganti pasir silika na aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian pasir silika harus lebih berhati-hati karena kandungan silika ada yang menyebabkan brown algae, dan panas yang menyebabkan akar tanaman melting. Pastikan pasir silika dicuci bersih sebelum digunakan untuk aquascape

      Delete
  12. hobi yang super dari segi biaya dan spare part sangatlah mahal tapi yang namanya hobi tidak bisa dibohongi..mau habis berapa saja yang penting hati senang..thx nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aquascape sekarang sudah berkembang dari segi ilmu sampai peralatannya bro. aquascape bisa sangat murah dijalankan seperti dengan menggunakan metode "DIANA WASTAAD". Jadi saya rasa paradigma aquascape mahal harusnya sudah dihapus dari pikiran kita :)

      Delete
  13. gan kalo pukdas hanya set cm apa bisa?ane udh terlanjur buat set cm gmna gan menurut ente?takut monte gbsa ngarpet nh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tanaman apa yang digunakan dan jarak dari pupuk dasar menuju akar tanaman. jarak yang ideal menurut saya adalah 3-4cm menuju akar awal montecarlo.

      Takaran setengah cm untuk pupuk dasar saya rasa sangat pas2an ata cenderung kurang. Terlepas dari penggunaan merek pupuk dasar yang bro gunakan jug ya.

      Delete
    2. saya sih make nya pupuk ser*,saya takut akar ga berkembang gan.apa bisa diakali pakai pupuk tancap?

      Delete
    3. terlalu jauh dari permukaan pasir ga bro? biasanya akar ngejar nutrisi ke bawah kok.

      Delete
  14. permisi om mau numpang tanya, kalo aquarium pake filter samping apakah bisa buat aquascape?
    apakah ada alat khusus buat menghasil'kan CO2 om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bro. saya pernah buat dengan filter samping. Alat khusus yang dipakai biasanya tabung co2, regulator, dkk.

      Delete
  15. Om mau tanya...klau aku pakai 2 jenis pasir bisa gak om?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pasirnya. Pasir bangunan sama pasir pantai ga bisa. hehehe

      Delete
  16. Gan mau tnaya, kalo pudas bocor n air menguning solusiny gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pukdas merek apa?
      Kalau sampai bocor, hisap yang bocornya atau tutup pasir lagi, ganti air 50% setiap hari selama seminggu

      Delete
  17. salam kenal gan, ane baru mulai beraquascape ni 2mingguan lah, untuk pnggunaan co2 cair gmn yah? soale tanaman cuba ane udah mulai menguning, apa karena itu kekurangan co2? atau memang siklus hidup dy sbentar? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. co2 cair itu yang bagaimana ya bro?
      cuba menguning bisa karena bebearpa faktor, seperti suhu yang tinggi, kekurangan nutrisi, kekurangan co2, kekurangan cahaya (Baca
      Segitiga Pertumbuhan Tanaman

      Delete
  18. Gan mau tanya nie...
    Ane kan mau buat tema pulau narnia yg kya di film narnia.
    Menurut agan tanaman yg cocok utk jadikan bahanya ap aj y gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulau narnia yang kayak padang rumput atau yang mana bro? narnia kan banyak scene nya :-t

      Delete
  19. Masih newbe,,,pasir yg digunakan untuk aquascape bisa menggunakan pasir sungai apa ada pasir khusus dan pupuk yang digunakan jenis apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. inti dari penggunaan pasir untuk aquascape (dalam hal ini planted tank ya) usahakan gunakan pasir yang tidak meningkatkan PH, dan gunakan pupuk yang slow release karena aquascape terus terendam air dan kebanyakan pupuk tanaman darat akan release semua nutrisinya jika terkena air. Ini akan berdampak pada melimpahnya algae di aquarium.

      Saran gunakan pupuk yang memang khusus untuk aquascape apalagi untuk pemain baru karena untuk mendapatkan keseimbangan di dalm aquascape dibutuhkan jam terbang yang tidak sebentar :)

      Delete
  20. Mau tanya ni om .. Tanaman apa saja yang cocok buat aquascep ?? Mohon bantu.an nya

    ReplyDelete
  21. Maaf numpang tanya.

    setup kira2 1 bulan kok pasir silika warna kecoklatan ya gan, itu penyebab nya kenapa ya ? Atau ada solusinya biar warnanya ga coklat ?

    Kalau ditiban pasir ruby bgmna ya gan...?
    Biar warna coklatnya ga keliatan.

    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu akibat brown algae masbro. silika lama rata2 pasti mengalami tu. coba masukkan keong tanduk yang agak banyak.
      Ruby maksudnya ruby soil yang berwarna coklatkehitaman?
      kalau nggak masalah sama pemandangan kaya kue lapis sama ada resiko nyampur pasr ruby sama pasir silika nya.
      Kalau kata kita sih kurang bagus bro :-)

      Delete
    2. Makasih gan arahannya...

      Delete
  22. Gan mau tanya. kalo itu yang aquarium mana sih yang isinya gaada airnya terus jangan mikir ngeres hayo. magsudnya apa?? bales omat gan buat skripsi saya.!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Gang dolly banyak tuh aquarium tanpa aer

      Delete
  23. baca langsung bales. soalnya saya baru nemu kosakata yang misterius dan buat saya jadi nanya sama dosen,

    ReplyDelete
  24. Aquascapenya perlu filter air atau ga usah ya..

    ReplyDelete
  25. N aquascapenya perlu lampu penerangan g ya.. klo malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. aquascape sangat perlu filter, kecuali aquariumnya ganti air setiap hari.
      lampu penerangan cukup 8 jam sehari masbro. pemberiannya bebas mau siang atau malam. jadi seperti membuat siklus alam sendiri di dalam aquarium. hal ini bisa dilakukan dengan catatan aquarium nya tidak kena sinar matahari ya.

      Delete
  26. dari pertanyaan dan jawaban, kayaknya kok susyah banget, ya..? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aquascape bisa dimulai dengan simpel bro. Namun sangat banyak yang bisa dilakukan di dalamnya untuk mendapatkan hasil yang lebih. maka terlihat susah, tapi sebenarnya mudah kok. :)

      Delete
  27. dari pertanyaan dan jawaban, kayaknya kok susyah banget, ya..? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terasa susah karena belum dipraktekkan.

      Delete
  28. Min kalo tanamannya (moss) yg udah diiket dibatu dan dikayu perlu pake pupuk dasar lagi ga? Atau pake pasir malang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pupuk dasar dan pasir malang ga ada efeknya ke moss yang akarnya menempel ke kayu dan batu. Moss mengambil nutrisi dari air masbro

      Delete
  29. Slam knal mas Broo..saya mau tanya klau pupuk cairnya lansung d larutkan ke dlam aquacape apa gak mati ikanya...?

    ''pemula"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pupuk cairnya masbro. Pakailah pupuk cair yang terpercaya dan sesuai dosis yang dianjurkan.

      Delete
  30. Yg sabar y bro jawab nua hehehe

    ReplyDelete
  31. mas, saya baru mulai maen aquascape nih..bru hari ini, tp blm selesai krna keterbatasan dana jdi, masih kosong tanamannya.
    saya sudah sampe tahap pengisian air n ini hari pertama. selanjutnya apa?
    mulai kuras-isi kapan?

    ReplyDelete
  32. mas, saya baru mulai maen aquascape nih..bru hari ini, tp blm selesai krna keterbatasan dana jdi, masih kosong tanamannya.
    saya sudah sampe tahap pengisian air n ini hari pertama. selanjutnya apa?
    mulai kuras-isi kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hummmm, jadi saya tangkap masnya mulai dengan dana seadanya dulu ya?
      Spesifikasinya seperti apa?

      Seminggu pertama saran saya kuras 30% tiga hari sekali.
      memasuki minggu kedua, kuras seminggu dua kali 30%
      sudah satu bulan, kuras seminggu sekali 30%

      Delete
    2. Misi mas.... Itu dalam tahapan tahapan di atas kondisi air d aquarium d pasang filter mas apa di biarkan aja

      Delete
  33. siap mas..
    aquarium saya 40x25x30
    filter n DIY Co2
    bbrapa tanaman seperti moss n yg lain (gk tau namanya)
    pencahayaan bru sementara pake lampu biasa.
    skrg hari ketiga n airnya sudah jernih, kmren saya masukin ikan, smpe skrg masi idup.
    apa sudah stabil atau hrus nunggu?

    ReplyDelete
  34. siap mas..
    aquarium saya 40x25x30
    filter n DIY Co2
    bbrapa tanaman seperti moss n yg lain (gk tau namanya)
    pencahayaan bru sementara pake lampu biasa.
    skrg hari ketiga n airnya sudah jernih, kmren saya masukin ikan, smpe skrg masi idup.
    apa sudah stabil atau hrus nunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata master saya yang berkecimpung di dunia bakteri, bakteri aquarium baru terbentuk sempurna setelah 1 bulan. sudah jernih belum tentu bakteri nya sudah berkembang secara sempurna. Kalau mau lebih detil, bisa cek kandungan nitrit, nitrat, dan amonia di air.

      Delete
  35. ooh gitu ya mas?..
    jdi amannya ikutin aja langkah2 yg diatas ya..
    makasi mas..
    mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih mudah nya iya mas. Oke selamat ber aquascape ria.

      Delete
  36. Artikel yang bagus, kalau menurut saya yang terpenting itu point yang terkahir perawatan. dengan perawatan yang konsisten , pasti akan menciptakan suatu aquascape yang indah

    aquascape blog

    ReplyDelete
  37. kalo di bawah pasir mau di pasang UGF
    untuk susunan plat UGF, Pasir & Pupuk dasarnya, gimana gan ???
    mengingat di bawah platnya di kasih starter bakterinya
    makasih before gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau UGF saya tidak sarankan menggunakan pupuk dasar masbro. Karena nanti nutrisi dari pupuknya akan bercampur dengan air.
      Inti dari cara kerja UGF adalah menghidupkan bakteri di substrate, jadi urutannya bisa seperti ini (dimulai dari paling bawah):
      1. UGF tray,
      2. Pasir
      3. Bactery starter
      4. Pasir

      Delete
  38. Mas bro,,, blitch ich bahaya ya buat tanaman aquascape,,, makasih sebelumnya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bleach itch atau biasanya disebut obat biru sifatnya adalah membunuh bakteri, sedangkan tanaman aquascape membutuhkan nitrat untuk berfotosintesis.
      Nitrat ini dihasilkan dari bakteri di dalam aquarium yang berasala dari nitrit.
      Dengan penambahan obat biru ini, bakteri perubah nitrit menjadi nitrat akan ikut mati. Padahal nitrit adalah sesuatu yang berbahaya baik bagi tanaman maupun bagi ikan.

      Saran penggunaan blitch itch adalah dengan memisahkan ikan yang terkena penyakit di wadah tersendiri denga menggunakan aerator dan baru diberi blitch itch. White spot sendiri sebenarnya adalah penyakit yang sangat sulit untuk diobati.

      Delete
  39. wah..berguna banget nih pedomannya..
    saya baru mau mulai aquascape.boleh tanya2x yah mas.. banyak nih hehe

    uk. aqua 60 x 37 x 40. rencana pakai eksternal filter (atau ada jenis filter yg lebih cocok?). bisa kasih masukan sebaiknya kapasitas brp filternya?ada yg bilang kapasitas filter harus 6-10x kapasitas tangki. betulkah?
    lightning kemungkinan pakai LED, setting medium light. di pasaran beragam panduannya, brp watt untuk LED yg ideal?masa iya untuk 1 watt/liter, berarti pakai 88 watt LED?atau lebih baik pakai T5?
    substrat. ini yg masih bingung, karena beberapa orang merekomendasikan yg beda2x. ada yg bilang pupuk dasar duluan (JBL), lalu dilapis pasir malang, lalu dilapis pasir (pasir apa lagi ya?). tapi panduan diatas cukup jelas sih :-)
    sementara itu semua mas yang masih jadi ganjalan buat saya.. kalau ada waktu mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks untuk feedbacknya mas. yang 6-10x itu bukan kapasitas filter mas, tapi pompa filternya. yang harus diperhatikan juga hati-hati kekuatan arus dari pompa bisa bikin acak-acak isi aquascape.
      pertimbangan lainnya adalah media filternya. semakin baik media filter yang dipakai, semakin sedikit media yang dibutuhkan (contoh semakin banyak permukaan berporous pada media filter maka semakin baik karena tempat hidup bakteri semakin banyak).
      Untuk lampu sebenarnya 1 watt per liter adalah gambaran hitungan kasar dan diciptakan pada saat masih jamannya lampu flourescent yang mana kalau diaplikasikan pada lampu LED pasti over sekali. Saya biasanya menggunakan rumus seperti ini untuk lampu LED untuk tank yang tigginya di bawah 45cm:

      (Lebar tank/20) x (panjang tank / (koefisien) + 1)

      koefisien nya saya biasanya menggunakan angka seperti di bawah:
      low: 5,5 atau 6
      medium 4,5 atau 5
      High 3,5 atau 4.

      Jadi contohnya tank masbro PxLxT 60x37x40
      jad hitungnya kalau saya mau medium light:
      (37/2) x (60/5+1)
      =1,85 x 13
      = 24,05 watt atau dibulatkan 24 watt.

      Semoga membantu

      Delete
    2. iya mas..maksudnya mungkin outputnya ya. kalau jebo 625 yang outputnya 800 liter/jam menurut mas bagaimana. atau ada rekomendasi lain?

      untuk media filternya bukannya sudah dapat waktu beli? mungkin maksudnya direfill apa ya?saya mungkin ikut saran mas di post tentang media filter, yg filter kimiawinya diganti dengan filter biologi.

      kalau untuk lampu dari segi tampilan dan fungsional sebenarnya lebih baik LED atau T5 ya mas.

      thx ya mas dah direply (p)

      Delete
    3. Kalau aquarium dengan ukuran nya mas, berarti rumusnya mencari liter adalah 60*37*40/1000 = 88,8 liter.
      sudah betul memilih pompa dengan output 800 liter perjam. Namun perlu dingat, angka output pompa pada produk biasanya over. yang bertuliskan 800 liter/jam bisa jadi di bawah iu. Belum lagi hambatan dari media filter.

      Media filter waktu beli emang sudah dapat mas. Namun ada kalanya ditambah atau diupgrade ke kualitas yang lebih baik. hehehe.

      Soal lampu, tampilan adalah subjektivitas. Ada yang menyukai LED ada yang menyukai T5. Tapi dari segi efisiensi sudah jelas LED menang dibandingkan T5. Soal fungsi, LED juga bisa lebih baik karena beberapa LED buildir di Indonesia sudah membuat lampu LED dengan kombinasi spektrum cahay yang indah untuk di pandang mata, dan juga baik untuk tanaman.
      Kalau dari kami, kami merekomendasikan lampu LED DIY karya anak bangsa. Lebih customable, lebih irit daya, lebih murah, dan membeli produk sendiri :)

      Delete
    4. iya, rencana juga beli yang DIY. cuma beberapa seller ko ga ada respons ;-(
      ada recommended seller ga mas :)
      media filter recananya seperti rekomendasi diisini aja. ceramic ring, bioball, untuk filter mekaniknya blum tahu apa yang bagus, mungkin dacron yah mas?

      Delete
  40. Misi... Mas mau tanya nih.... Sy baru nanem kalu baca di atas tahapan-tahapan pengurasan air dalam jangka waktu sgth apa penggunaan filter itu d hidupkan apa d biarkan bgth saja... Mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada saat kuras air, filter dimatikan saja dulu mas. Takutnya ada cipratan air yang membuat air ke mana-mana dan merusak tatanan di dalam aquascape

      Delete
  41. mas saya mau tanya kalo saya ingin panjang aquascape saya 45 cm kira2 lebar dan tinggi nya brpa ya yang ideal ? thanks :) :) :) :)

    ReplyDelete
  42. Om,saya mw tanya?
    Pupuk kan saya rangaki di bawah lalu di tiban sma arang,tp kok airnya keruh bgt ya?
    Padahal arang udah di rendam smpe bersih,pupuk udah di basahin.
    Gmn om biar airnya bersih dan gak keruh lagi?

    Makasih om

    ReplyDelete
  43. untuk penempatan filter gimana ya bos,ane masih bingung ditaruh mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. penempatan filter gimana jenis filter yan dipakai masbro.

      Delete
  44. Misi gan mau tanya,, pemakean sandfall itu gampang ga sih perwatannya.. Bisa awet gak ya.. Trus kadang bingung knapa moss yg ditempel dibatu new aquascape saya lebih menguning duluan dri pada moss yg diiket di kayu.. Need your information. Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang masbro. bisa awet tergantung dari pompa yang dipakainya.
      Moss sangat tergantung sama suhu dan jenis moss yang digunakan.

      Delete
  45. newbie numpang nanya dong mas, apa bisa membuat aquascape tanpa filter? atau hanya menggunakan filter atas yang standar bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa filter bisa. Tapi ganti air setiap hari, atau pakai metode diana Walstaad.
      filter atas saja bisa. Tapi Co2 banyak yang terbuang.

      Delete
  46. Mas ... mau tanya. Saya baru main aquascape ....... mos yg saya tanam berubah warna / agak gelap itu normal gk ? / bagaimana.... mhon penjelasan nya mas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gelap?
      Tumbuh pucuk baru atau tidak mas?
      Kalau masih tumbuh, berarti aman.
      Kalau tidak, perlu dicari tahu penyebabnya.

      Suhu nya berapa mas?

      Delete
  47. Gan tanya dong, saya pemula soalnya,,itu kalo menggunakan jenis filter tanam dlm pasir apakah bagus atw malah merusak tanaman,terus saya kan sdh pny aquarium ukuran 60 tapi sdh ada iklannya,terus klo saya ganti dng konsep aquascep kan harus nunggu selama minimal 2 minggu ya br ikan blh di masukkan,solusi dunk gan agar supaya tdk terlalu lama,soalnya sy tdk ada aquarium cadangan untuk ikan2 ku,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. filter dalam pasir bisa digunakan, asalkan tidak menggunakan pupuk dasar, berarti menggunakan tanaman yang tidak membutuhkanpupuk dasar.

      Untuk kasus tidak ada aquarium cadangan, jenis ikannya apa?
      bisa menggunakan baskom untuk sementara dengan penggantian air 50% setiap harinya.
      Untuk dekorasi aquascapenya, cuci pasir sebersih mungkin, gunakan bakteri starter, gunakan filter dan media filter yang baik. Dengan metode ini insya Allah aquarium umur 1 minggu sudah bisa dimasukkan ikan. Agar lebih aman bisa cek amonia air nya dulu sebelum dimasukkan ikan.

      Delete