Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan pupuk tancap pada aquascape. Pupuk tancap aquascape adalah pupuk yang dibuat khusus untuk ditancapkan di substrate di sekitar tanaman aquascape yang membutuhkan. Pupuk tancap sendiri adalah pelengkap untuk pupuk dasar, karena jumlah nutrisi pupuk dasar terbatas dan suatu saat harus digantikan. Bayangkan jika pada saat pupuk dasar kehabisan nutrisi anda harus membongkar aquascape anda demi menggantikan pupuk dasar yang sudah habis nutrisinya tersebut. Sangat merepotkan bukan?

Pupuk tancap sangat dibutuhkan oleh tanaman yang mengambil nutrisi melalui akar seperti tanaman jenis-jenis Echinodorus, Cryptocorine, Bulb, dll. Jenis-jenis moss tidak membutuhkannya karena tidak memiliki akar yang masuk jauh ke dalam substrate.

Pada tutorial berikut ini kami menggunakan pupuk dari DRAK -- Aquaballs Terrdrakon NPK Balls.


Bentuk pupuk tancapnya adalah bola-bola yang dilapisi tanah liat dan berisi nutrisi tanaman lengkap.

Setiap aquascaper pasti memiliki merek pupuk tancap favoritnya sendiri dan ini adalah yang biasa kami gunakan untuk memelihara aquascape kami dan tank klien kami :) Jadi, gunakanlah pupuk tancap favorit kalian masing-masing.

Langkah-langkah penggunaanya:

1. Tentukan tanaman mana yang membutuhkan pupuk tancap

Cara menentukan tanaman mana yang membutuhkan pupuk tancap adalah melihat dari tingkat pertumbuhannya dan kesehatan daunnya. Jika dengan menjaga Co2 dan cahaya seperti biasanya, namun tiba-tiba tanaman mengalami pertumbuhan yang melambat atau daun yang kurang segar, maka ini adalah gejala defisiensi nutrisi. Tanaman ini membutuhkan asupan tambahan, bisa jadi dari pupuk cair atau pupuk tancap. 

Jika itu adalah tanaman yang mengambil nutrisi dari akar, maka tanaman tersebut adalah target penancapan pupuk tancap kita. Jika melihat daerah yang belum terjamah oleh tanaman karpet seperti Glosso dan Hairgrass, maka daerah itu juga adalah target penancapan pupuk tancap kita.

2. Jepit pupuk tancap dengan menggunakan pinset

Daerah yang tidak terjamah tanaman karpet menandakan adanya kekurangan nutrisi di daerah tersebut

Jepit pupuk tancp tersebut dengan menggunakan pinset dan arahkan ke dekat tanaman atau substrate yang kita targetkan tadi. Beberapa pupu tancap memiliki efek panas terhadap tanaman, jadi lebih baik berikan jarak beberapa cm dari tanaman tersebut untuk menancapkan pupuk tancap. Tenang saja, akar tanaman tersebut akan mengejar nutrisi dari pupuk tancap kita.

3. Tancapkan pupuk tancap


Tancapkan pupuk tancap tersebut ke dalam substrate. Pastikan pupuk tancap tersebut masuk sekitar 3-4cm dari permukaan substrate.

4. Goyangkan pinset


Goyangkan pinset ke kiri dan ke kanan sedikit saja. Hal ini dilakukan supaya pupuk tancap yang tadi kita tancapkan tertimbun dengan baik. Dengan menggoyangkan pinset, kita membuat substrate yang tadinya terbuka pada saat kita menancapkan pupuk tancap akan tertutup kembali. Substrate yang kembali menutup mencegah pupuk tancap keluar lagi dan menyebarkan nutrisi nya ke mana-mana dan membuat ketidak seimbangan pada aquascape anda.

5. Tarik pinset perlahan


Renggangkan pegangan pinset anda sedikit supaya tidak lagi menjepit pupuk tancapnya dan kemudian tarik secar vertikal dan perlahan.

Selamat! Anda telah berhasil memberikan nutrisi tambahan kepada tanaman aquascape anda. Yang biasanya ditanyakan selanjutnya adalah berapa lama lagi saya harus menancapkan pupuk tancap ini?

Setiap merek pupuk tancap memiliki kandungan nutrisi dan rilis nutrisi yang berbeda-beda. Pertimbangan akan kerakusan beberapa jenis tanaman juga menjadi pertimbangan tersendiri. Jika menggunakan pupuk tancap Aquamax NPK Balls ini, daya tahannya adalah 3-6 bulan tergantung tanaman yang digunakan.

0 komentar:

Post a Comment