Jenis Co2 untuk aquascape. Co2 sangat dibutuhkan oleh tanaman aquascape untuk menjaga kesegarannya. Kita tentu ingin tanaman di dalam aquascape aquarium kita tumbuh subur dan segar tentunya. Namun terkadang kita bingung bagaimana caranya menyuplai Co2 ke dalam aquarium supaya dapat diserap oleh tanaman aquascape kita.

   Seperti yang teman-teman tahu, kebutuhan tanaman aquascape tak luput dari SEGITIGA PERTUMBUHAN--Cahaya, Nutrisi, dan Co2. Terbukti bahwa Co2 untuk aquascape adalah hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam artikel ini, teman-teman akan melihat beberapa opsi yang bisa digunakan untuk memasukkan Co2 ke dalam aquascape aquarium kesayangan teman-teman.

1. Co2 Tablet



Co2 tablet adalah tablet yang mengandung unsur Co2 dan dia akan bereaksi saat bersentuhan dengan air. Pada saat bersentuhan dengan air, tablet ini akan melepaskan kandungannya yang membuat kadar Co2 di dalam aquarium meningkat.

Metode ini cocok digunakan untuk aquascape kecil dan menengah. Solusi ini cocok untuk teman-teman yang memiliki aquascape dengan lahan yang pas-pasan sehingga tidak dapat menaruh tabung co2 atau botol DIY Co2 di sekitar aquarium. Atau juga dapat digunakan oleh teman-teman yang jauh dari depot pengisian Co2 dan malas untuk membuat Co2 DIY.

Kelebihan:
1. Murah untuk penggunaan awal
2. Praktis. Tinggal cemplung. Tidak membutuhkan ilmu installing Co2 yang bermacam-macam.
3. Banyak sekali toko yang menjual barang ini. Mudah didapatkan

Kekurangan:
1. Mahal jika digunakan secara jangka panjang. Jauh lebih murah jika menggunakan Co2 tabung.
2. Tidak efisien untuk aquarium besar.

2. Co2 Tabung



Co2 tabung adalah Co2 dalam keadaan cair yang dimasukkan ke dalam tabung bertekanan. Co2 dalam keadaan cair tersebut disalurkan melalui regulator tabung, selang, dan akhirnya dimasukkan ke dalam aquarium.

Metode ini cocok digunakan untuk aquascape kecil, menengah, dan besar. Solusi ini cocok untuk teman-teman yang bermain aquascape jangka panjang. Co2 tabung adalah opsi termurah dalam jangka panjang karena teman-teman tinggal mengisi tabung tersebut dengan Co2 cair ke depot-depot pengisian Co2 di kota teman-teman.

Kelebihan:
1. Sangat murah untuk jangka panjang.
2. Tabung dapat dijual kembali dengan harga yang tidak terlalu jatuh.
3. Kita bisa mendapatkan suplai Co2 secara konsisten yang mana dibutuhkan oleh tanaman.

Kekurangan:
1. Investasi di awal yang cukup mahal
2. Dibutuhkan tehnik untuk memasangnya.
3. Tidak semua daerah memiliki support untuk refill Co2.

3. Co2 Elektrik

Dengan mengunakan alat ini, kita dapat mengkonversi aliran listrik menjadi co2 melalui sebuah cartridge khusus. namun karena cartridge nya sulit didapatkan dan cukup memakan tempat di dalam aquarium yang mana mengganggu estetika di dalam aquascape maka Co2 elektrik ini mulai ditinggalkan.

4. Co2 Disposable



Terobosan baru dilakukan oleh vendor-vendor aquarscape aquarium dengan menyediakan tabung co2 dalam bentuk yang kecil dan tidak perlu diisi ulang. Bentuk dari Co2 disposable ini cukup beragam dan estetika dalam aquascape tetap terjaga.

Kelebihan:
1. Investasi awal yang cukup murah
2. Suplai Co2 yang konsisten.
3. Tetap efektif untuk aquarium ukuran besar

Kekurangan:
1. Aturan pemerintah yang melarang tabung dibawa melalui kargo udara mempersulit teman-teman para penghobi aquascape untuk mendapatkan barang ini di beberapa daerah.
2. Untuk jangka panjang lebih mahal walau tidak semahal Co2 Tablet.

5. Carbonator


Salah satu terobosan lain yang membuat kita mendapatkan suplai co2 namun tidak harus melakukan investasi tabung. Alat ini dapat menghasilkan Co2 secara konsisten dan dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan:
1. Investasi awal cukup murah
2. Suplai Co2 konsisten
3. Tidak berupa tabung sehingga dapat dikirim melalui kargo udara

Kekurangan:
1. Memakan tempat di dalam aquarium

Itu adalah pilihan Jenis-jenis Co2 untuk aquascape yang bisa kalian pakai untuk aquascape. Pastikan kalian memilih metode yang paling cocok sesuai dengan keadaan baik itu keadan ruangan maupun keadaan dompet.

1 komentar:

  1. Admin, klo Co2 DIY Cisod (citrun & soda) dengan DIY Gula & Ragi...lebih baik mana kandungan karbondioksidanya ? Trims sebelumnya ☺️

    ReplyDelete