Regulator Co2 Aquascape Yang Terbaik | Co2 untuk aquascape penting? Jawabannya adalah ya. Co2 termasuk salah satu dari segitiga pertumbuhan tanaman, Yaitu Cahaya, Nutrisi, dan Co2. Yang belum membaca artikel mengenai segitiga pertumbuhan tanaman baiknya baca dulu ARTIKEL INI.

Ada beberapa metode menyuplai Co2 ke dalam aquascape, namun yang paling efektif dan efisien menurut kami adalah dengan menggunakan tabung Co2. Tabung Co2 memerlukan beberapa aksesories tambahan supaya dia dapat bekerja secara optimal. Berikut adalah aksesories Tabung Co2 yang anda butuhkan untuk menyuplai co2 ke dalam aquascape (Kami juga akan menunjukkan cara memasang Regulator Co2 Aquascape):


- Tabung Co2 (Bisa yang refill atau yang disposable)
- Regulator Co2
- Selang
- Check valve
- Bubble Counter
- Diffuser / Reactor

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai regulator Co2 merek mana yang terbaik versi kami. Tentu saja kami akan memberikan beberapa alasan dibalik diputuskanya sebuah merek dari produk yang kami tentukan. Tetapi sebelum itu, kami akan bahas terlebih dahulu mengenai regulator ini.

Apakah Regulator Itu?

Regulator (dalam hal ini adalah regulator gas) adalah alat pengatur tekanan yang berfungsi sebagai penyalur dan mengatur serta menstabilkan tekanan gas yang keluar dari tabung supaya aliran gas menjadi konstan. Jadi pada intinya adalah tekanan yang keluar dari dalam tabung itu sangat besar. Bayangkan jika tekanan tersebut langsung masuk ke dalam aquascape anda. Dengan regulator ini, tekanan tersebut bisa dikurangi sesuai kebutuhan kita.

Secara umum, jeroan Regulator memiliki konsep kerja seperti ini:


Keterangan:
1. Penutup regulator
2. Pegas beban
3. Karet membrane
4. Saluran keluar
5. Kunci pemutar
6. Bantalan katup
7. Penghubung mekanis
8. Badan regulator
9. Spindel katup
10. Cincin perapat

Berikut adalah contoh Regulator co2 yang terpasang pada tabung Co2:


Nah, karena kita merasa sepertinya tidak akan adil jika kita membandingkan regulator harga seratusan ribu dengan yang harganya jutaan, maka kita bagi menjadi 3 kelas:
1. Kelas Budget - Regulator dengan harga murah namun dengan kualitas yang tidak murahan
2. Kelas Premium non Solenoid - Regulator dengan fungsi yang lengkap, namun tidak dilengkapi dengan solenoid (Timer khusus untuk regulator)

Kriteria yang kami lihat dari pemilihan sebuah merek adalah:
- Fungsi dasar dari regulator tersebut terpenuhi
- Harga terhadap kualitas yang diberikan. Kami tidak mau memberikan rekomendasi barang dengan harga selangit namun dengan fungsi dasar yang sama saja dengan barang dengan harga lebih rendah namun memiliki fungsi dasar yang sama.

Sekali lagi kami tekankan disini yang kami utamakan adalah terpenuhinya fungsi dasar dengan baik, yaitu menyalurkan co2 dengan baik ke dalam aquascape kita.

1. Kelas Budget

Tidak semua scaper memiliki budget yang besar untuk beinvestasi regulator dengan ratusan atau jutaan rupiah. Regulator dalam kelas ini diharapkan dapat memberikan fungsi dasar pada para scaper low budget.

Pada kelas ini, kami menobatkan Regulator UP Simple Regulator sebagai juaranya. 


Alasan brand ini menjadi juaranya adalah:
- Meskipun masih bekerja dengan metode kerja jarum, namun regulator ini memberika pengalaman set co2 yang cukup baik. Jarum di dalamnya cukup presisi sehingga mencegah kita menggeser sedikit keran namun co2 langsung tersembur secara brutal ke dalam aquascape.
- Tidak ada  gejala tekanan co2 yang meningkat dengan sendirinya (ini adalah hal yang sangat penting. Jika tekanan co2 meningkat secara drastis, maka ikan akan terancam mati karena kelebihan co2). Hanya saja beberapa kali saja tekanan menurun dan hal ini wajar pada regulator dengan metode jarum. Ini adalah hal yang sangat kami sukai dari regulator ini.
- Modelnya yang simpel. Compact dan tidak membuat Tabung Co2 tetap ringkas dilihat.

Kekurangan dari regulator ini adalah tidak memiliki pressure meter. Namun dalam range harga kelas budget, kami merasa fitur ini tidaklah terlalu penting karena habisnya co2 bisa terlihat dari bubble counter yang melambat bubble nya. Merek sebelah memiliki pressure meter dengan harga yang tidak terlalu jauh dari merek ini, namun memiliki kemungkinan meningkatnya tekanan co2 dengan sendirinya sehingga kami tidak merekomendasikan merek tersebut.

2. Kelas Premium non Solenoid

Kelas ini melombakan regulator Co2 yang memiliki fungsi dasar paling lengkap dan baik dengan mempertimbangkan harga termurah dan absennya fungsi solenoid. Beberapa scaper percaya bahwa fungsi solenoid tidak dibutuhkan untuk aquascape. Regulator di kelas ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki budget namun tidak membutuhkan kehadirannya solenoid.

Pada kelas ini, kami menobatkan Regulator Precise Co2 Regulator sebagai juaranya. Salah satu regulator legendaris :)


- Sudah bekerja dengan sistem membran. Memberikan pengalaman menyeting tekanan co2 dengan sangat presisi. Tidak ada lagi gejala geser sedikit keran dan co2 menyembur secara sporadis :))))
- Sangat stabil. Jika agan menyetting pada suatu tekanan (Contoh 2 bps) maka akan seperti itu terus sampai isi di tabung tekanannya berkurang.
- Memiliki pressure gauge yang cukup membantu untuk merencanakan kapan jadwal isi tabung lagi.
- Awet!!! Kami menggunakan regulator ini di klien-klien kami dan tank peliharaan kami. Sudah 3 tahun lebih dan tidak ada kendala kerusakan sama sekali.

Sekian rekomendasi dari kami mengenai Regulator Co2 untuk aquascape yang terbaik. Jika anda ingin mengetahui regulator dengan solenoid yang terbaik tunggu artikel lainna dari kami :)
Next
This is the most recent post.
Older Post

8 komentar:

  1. Gan beneran nih UP adjuster bagus?
    Secara kan murah banget :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita udah coba bandingin sama beberapa merek bro. gatau karena dapat yang bagus atau gimana. Tapi rata-rata pembeli kita di tokopedia juga belum ada yang mengeluh secara signifikan terhadap barang ini. Selain itu harganya juga murah.
      Cuma balik lagi bro needle tetep needle. Kita ga akan dapat sensasi ngatur co2 senikmat kalau pakai sistem membran seperti yang ada di ISTA precise atau Intense.

      Sekali disetting setelah stabil ga naik aja tekanannya. itu udah cukup baik menurut kita. Turun gpp karena kalau naik, tank bisa over Co2 dan ikan pada mati ;-( ;-(

      Delete
  2. Gan, klo regulator up yg omnibus apakan OK??? Stabil??? Dn pakai nedle/membran???

    ReplyDelete
    Replies
    1. omnibus membran bosku. tapi belum pernah coba kita.

      Delete
  3. Om mw tanya, ane pny tabung o2 ngangur yg kecil. Apa bisa dipakaikan regulator co2 yg ista precise

    ReplyDelete
  4. Gan regulator adjuster up masih ad??bisa order kah?

    ReplyDelete
  5. Gan mau tanya, gmn sma regulator kandila precise, apa stabil jg kya ista precise

    ReplyDelete
  6. Om udh pernah denger atau pakai regulator azoo???

    ReplyDelete