Punya aquascape aquarium yang cantik namun tak memiliki ikan yang berenang di dalamnya, nah kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi ikan yang cocok dijadikan sebagai penghuni aquascape aquarium.

-Discus


Ikan ini kerap dijulukan ‘rajanya ikan tawar’ karena memiliki agam warna yang menarik dan beragam jenisnya. Jenis ikan ini merupakanjenis ikan yang memerlukan perhatian khusus, kadar ph air dan kebersihan air menjadi faktor utama dalam pemeliharan ikan ini. nama ilmiah untuk ikan ini ialah Symphysodon discus

 

-Manfish


Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan telah banyak dibudidayakan di Indonesia, termasuk ke dalam golongan angel fish. Ada beberapa jenis manfish yang diternakan di Indonesia, seperti; Diamond, Imperial, Marble, dan Black-White. Nama ilmiah untuk jenis ikan ini ialah Pterophyllum Scalare.

-Neon Tetra

Merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Neon tetra merupakan ikan asli yang hidup di sungai blackwater atau Clearwater di Peru Timur, Tenggara Kolombia dan Brasil Barat. Nama ilmiah untuk jenis ikan ini ialah Paracheirodon innesi.

-Puntius Denisonii

Ikan ini termasuk ke dalam keluarga ikan barb. Cara pemeliharaan ikan ini idak terlalu sulit, kadar ph yang diperlukan yakni  6,5-7,5 (kadar khas ph air tropis). Nama ilmiah untuk ikan ini puntius denisonii, untuk nama ilmiah sebelumnya Barbus denisonii, Barbus denisoni, Crossocheilus denisonii, dan Labeo denisonii.

-Congo Tetra

Merupakan jenis ikan yang hidup berkelompok serta memiliki warna yang menarik dan termasuk ikan yang sangat aktif. Ikan ini merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, dan dapat dikategorikan ikan yang pemalu namun bersahabat dengan ikan yang lain. Nama ilmiah untuk ikan ini ialah Phenacogrammus Interruptus.

 Sebenarnya masih banyak jenis ikan hiaslai yang cocok untuk ditempatkan di Aquascape Aquarium, seperti Rainbow Fish, Red Eye Tetra, Red Nose Tetra, Cardinal Tetra, jenis-jenis Rasbora, Sumatra Barb, Guppy dan jenis ikan hias lainnya.


Referensi:
Akuarium Ikan Hias (http://akuariumhias.blogspot.com)
Aquascaping and Nursery (http://aquillaaquatic.blogspot.com)
Ferboes.com (http://ferboes.com)

1 komentar: