Cara membuat aquascape CO2 dengan ragi ternyata mudah lohh. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Cara membuat tabung :

Bahan-bahan :

·   1 botol air mineral/soda ukuran besar lengkap dengan tutupnya. Pada artikel ini kami menggunakan botol soda 1,5L.
·         1 buah konektor atau pentil selang aerator aquarium
·         selang silikon secukupnya
·         sealant/lem pipa
·         obeng ukuran kecil
·         kompor atau korek

Langkah pembuatan tabung:
·         Lepas tutup botol
·   Panaskan obeng lalu tusukkan pada bagian atas tutup botol hingga berlubang. Pastikan lubangnya jangan sampai melebihi besar diameter connector
·         Oleskan lem secukupnya pada bagian perut connector
·         masukkan connector kedalam lubang pada tutup botol
·         oleskan lem di sekeliling sambungan, di atas dan bawah bagian tutup botol.
·         Tunggu hingga mengering (kira-kira 1/2 hari). Agar hasil lebih baik, Anda bisa menjemurnya

Cara membuat bahan bakar CO2
Bahan :
·         300gr gula pasir
·         1/3 sendok teh ragi instan
·         1300 ml air minum
·         1/2 sendok teh baking powder

Cara pembuatan :
·         Masukkan gula pasir, ragi, dan baking powder ke botol.
·         Tambahkan air 1300 ml atau sampai batas leher botol.
·         Kocok hingga merata dan simpan di suhu ruangan selama 4-5 jam

Cara membuat aquascape CO2 dengan ragi :
·    Pasang tutup botol yang lemnya telah mengering sempurna pada botol yang berisi larutan bahan CO2
·         Pasang selang silikon dan sambungkan sesuai dengan rangkaian seperti di bawah
     ·       Anda bisa menambahkan check valve di antara bubble counter dengan tabung atau diffuser (pemecah gelembung dalam air) dengan bubble counter supaya mencegah air masuk kembali ke tabung.
·    Tempatkan botol di tempat yang agak hangat mengingat produksi fermentasi dapat lebih optimal jika ditaruh di suhu mendekati suhu tubuh manusia
·        Untuk memecahkan gelembung menjadi lebih kecil, anda bisa menggunakan kapas filter rokok, potongan kayu, atau benda lain yang bisa dijejalkan ke ujung selang yang masuk ke dalam aquascape aquarium. fungsinya adalah mengecilkan gelembung co2 dan membuat co2 larut lebih baik di aquascape aquarium.


·        CO2 buatan Anda bisa bertahan 7-10 hari. Lebih dari waktu tersebut akan terjadi perubahan pH dan adanya kadar alkohol, mengingat cadangan gula akan menipis dan populasi koloni menurun drastis.

Penting untuk diperhatikan, Anda harus mengganti CO2 sebelum 7-10 hari. Dan artinya Anda harus menyediakan stock CO2 lainnya sebagai pengganti. Jika Anda ingin produksi CO2 lebih panjang “masa kerjanya” maka gunakan botol besar dan sesuaikan resep bahan bakar sesuai dengan ukuran botol yang dipakai.

Semoga info cara membuat aquascape CO2 dengan ragi ini membantu Anda. Selamat mencoba.

BONUS:

Ingin DIY Co2 ragi teman-teman lebih awet?
Tambahkanlah agar-agar plain. Kami biasanya menggunakan (maaf harus sebut brand) Swallow Globe 1/2 sachet tiap takaran yang kami paparkan di atas.

Dengan tambahan satu takaran ini, maka diy co2 aquascape teman-teman akan bertahan setidaknya 3-4 minggu jika menggunakan 1/3 sdt ragi instan dan tidak terjadi kebocoran. Selamat mencoba



40 komentar:

  1. Mantap Bro, dulu pernah coba namun gagal garna minim tanaman dan peralatan, sete;ah membaca ini jadi pengen coba lagi bro, ijin share ya bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo masbro... Jangan berhenti bikin aquascape. Sebarkan terus ilmunya :)

      Delete
  2. Masbro mau tanya, klo takaran ragi atau baking soda melebihi yg dianjurkan gmana ya hasilnya? Coz punya saya cuma bertahan 2 hari gelembung co2 nya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan menambah ragi, masbro akan semakin cepat menghabiskan kandungan gula di cairannya, namun akan memperbesar produksi Co2 nya.

      Delete
  3. Harus berapa jam yang di perlukan tanaman untuk mensuplai Co2?
    Apakah selama 24 jam nonstop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mungkin suplai co2 yang dibutuhkan tanaman mungkin ya mas pertanyaannya?
      Co2 yang baik asupannya adalah 3 jam sebelum lampu menyala dan pada saat mati lampu. karena sisanya setelah itu tanaman butuh o2 untuk respirasi.

      Delete
    2. Klo dikasih co2 24 jm nonstop gmn om... Masalah gk

      Delete
    3. Klo dikasih co2 24 jm nonstop gmn om... Masalah gk

      Delete
    4. Klo dikasih co2 24 jm nonstop gmn om... Masalah gk

      Delete
    5. ga masalah om selama ikannya ga megap2

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Om mau nanya bedanya DIY ragi sama sitrun apa ya om?

    ReplyDelete
  6. Om, kalau di pasangkan kran bisa gak? untuk dimatikan aliran CO2nya bbrpa saat, setelah itu di hidupkan, gpp tuh om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau metode ragi jangan om. nanti botolnya meledak karena tekanan co2 nya terus bertambah sedangkan co2 nya tidak bisa disalurkan ke mana mana.

      Delete
  7. Tanya om, berapa lama waktu yg dibutuhkan larutan diy ragi untuk menghasilkan gelembung?? Pada percobaan yg saya lakukan larutannya tidak menghasilkan gelembung, padahal takaran yg saya gunakan sesuai prosedur diatas dan tidak ada kebocaran gas.. mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis air dan ragi yang digunakan masbro.
      Harusnya dalam keadaan normal 6 jam sudah keluar.
      Pastikan lagi ada kebocoran atau tidak ya masbro dengan menggunakan air sabun di tiap sambungan.

      Delete
  8. Sya ada masalah gelembung tak keluar malah air dari aquarium masuk dalam DIY??
    Mohon jelaskan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau air masuk ke dalam botol, berarti sempat ada tekanan ke dalam aquarium. coba cek:
      1. Sambungannya apakah ada yang lepas atau bocor
      2. larutannya sudah benar atau belum. Apakah kurang gula atau kelebihan ragi.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Dari botol 1,5 keluar cuman ke diffuser nya ga keluar kenapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh itu dia lagi menghimpun tekanan untuk menembus difusernya masbro.
      Kalau bole tahu pakai diffuser apa?
      Hati2 ya masbro jika menggunakan diffuser yang terlalu rapat, botol DIY CO2 nya tidak kuat dan ada kemungkinan meledak.

      Delete
  11. Om..co2 buatan sy ko gelembungnya cm keluar stngah hari doank ya...pagi bikin.sorenya uda ga keluar gelembung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosisnya sudah persis sama seperti di atas mas?
      coba cek kebocorannya di tiap sambungan

      Delete
    2. Iya om kayanya bocor .soalnya kalo malem kedenger suara dr tutup botol ragulnya..lem nya yg bagus pake apa ya om.mksh uda mau respon

      Delete
  12. Mau tanya nih om.. posisi ideal difusser co2 dmna ya. Kbetulan ane pke mesin aquilla. Kira2 bgus gk ane masukn k input fifussernya. Biar jd satu nyebar ke smua area.. mohon pncerahnnya om

    ReplyDelete
  13. Mau tanya nih om.. posisi ideal difusser co2 dmna ya. Kbetulan ane pke mesin aquilla. Kira2 bgus gk ane masukn k input fifussernya. Biar jd satu nyebar ke smua area.. mohon pncerahnnya om

    ReplyDelete
  14. Mksdnya selang aerator yg trdpt d mesin filter aquilla..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pompa masih dialirkan ke media filter, lebih baik tidak dilakukan masbro.
      Kalau tidak, itu boleh2 saja.

      Delete
  15. Ikan saya pada mati setelah pake co2 diy, masalahnya apa ya pak... apa kadar co2 terlalu banyak apa gmn pak? Kemarin aku bikin dgn takaran 1/4 gula + 1 setengah sendok makan ragi + air 1 liter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikannya matinya seperti apa masbro? Kalau sebelum mati dia megap2, baru karena over co2. Kalau tidak, berarti ada indikasi lain.

      Delete
    2. Kalau megap" karena over co2 ngatasinnya gmn om? Apa dihaluskan lg diffusernya? Atau di matiin dulu aja om? Makasih

      Delete
  16. Mas bro numpang nanya niih.. itu untuk air nya pake air dingin air hangat apa air panas yaa mas bro.. maklum pemula.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake air dingin atau pakai air hangat2 kuku masbro.

      Delete
  17. Malam mas.. mau coba tanya, sy butuh tekanan tinggi dengan racikan ragul. Apa bisa? Seandai nya iya, takaran apa yg harus saya lebihkan untuk membuat tekanan menjadi tinggi pd co2 ragul? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas. Menambah tekanan saya anggap menambah produksi Co2 ya.
      Masnya bisa tambahkan ragi fermipan pada racikan mas. dari yang seperempat sendok teh menjadi setengah atau 3/4.
      Hal ini berisiko lebih cepat membuat jenuh cairannya dan masa pakainya jadi lebih sebentar.

      Delete
    2. Kalo pun udh di tambah agar2 apa kuat untuk jangka waktu 1 minggu?

      Delete
    3. Tergantung banyaknya gula sama fermipan yang mas gunakan. Saya dengan seperempat kilo gula dan seperempat sendok teh fermipan bisa bertahan 1 bulan mas.

      Delete
  18. Om untuk tahan lama gitu. Brpa bps di bubble conter nya...
    Dan fungsi bubble counter itu untuk melihat keluar aliran co2..apa untuk ngebuang kadar alkohol di botol yang ada racikan co2 nya....

    ReplyDelete