Alat Tes Parameter Air | Setiap pemain aquarium baik itu air tawar dan air laut pasti ingin mengetahui parameter air miliknya. Hal itu akan berdampak pada tanaman atau peliharaan apa yang cocok untuk air yang dimilikinya. Jika parameter tidak cocok, maka akan memiliki dampak yang kurang baik bagi peliharannya. Bisa dilihat pengaruh parameter air terhadap aquascape DI SINI.

Kali ini kami ingin melakukan review mengenai suatu produk untuk mengetes parameter air di aquarium kami. Sebelumnya kami memiliki beberapa alat tes tersendiri untuk masing-masing parameter. Seperti misalnya untuk mengetes PH kami menggunakan kertas lakmus, untuk GH, KH, NH3, dan NH4 kami menggunakan cairan pengetes dengan bantuan vial.

Kami menemukan sebuah produk yang dapat digunakan untuk mengetes beberapa parameter air sekaligus. Penasaran mengenai bagaimana akurasinya, kami langsung mencoba produk tersebut.



Didalam satu pak ini terdapat 50 buah stik tester dan masing-masing dapat menunjukkan parameter PH, KH, GH, NO2, NO3, dan Cl2. Berarti jika dijumlahkan, kita dapat melakukan 6x50 stik = 300 buah tes dalam 1 pak. Parameter yang dites pun merupakan parameter yang biasanya kami butuhkan sebelum akhirnya memutuskan jenis ikan yang akan kami pelihara atau jenis tanaman yang akan kami gunakan untuk mendekor aquascape aquarium.




Masukkan stik tersebut langsung ke dalam air aquarium selama 3 detik sesuai dengan instruksi, dan langsung keluarkan. Sejak dikeluarkan, kita bisa melihat kandungan klorin aquarium kami. Karena menggunakan air tanah 100%, maka kandungan klorin aquarium kami adalah 0, sedangkan hasil yang lain harus ditunggu selama 60 detik terlebih dahulu.


Setelah 60 detik kami langsung menempelkan stik tersebut pada pengukur yang sudah disediakan di botol aquatest ini dan mendapatkan hasil nya.

PH = 7,6
KH = 10-15
GH = < 6 derajat (Kami sangat menyukai bagian ini. GH dibagi menjadi 3 range yang krusial. Soft, medium, dan hard water. Sehingga kita bisa menentukan ikan atau tanaman apa yang cocok untuk air yang kita miliki).
NO3 = 25
NO2 = 0

Selanjutnya di dalam pack tersebut sudah disebutkan range yang baik untuk aquarium atau untuk pond.

Dengan ini kami bisa menentukan air kami sudah dalam keadaan baik atau belum. Jika melihat parameter yang dianjurkan, air kami bermasalah di KH dan NO3. KH menyebabkan buffer Co2 sangat sulit, sehingga kami harus menggunakan lebih banyak Co2 untuk mendapatkan PH yang diinginkan.

Tingkat NO3 air kami juga tinggi. Tanaman hanya menggunakan sedikit NO3, dan sisanya dimanfaatkan untuk pertumbuhan algae. Hal ini menjawab mengapa tumbuh beberapa jenis algae di aquarium kami.

Kami juga pernah membahas mengenai pentingnya parameter air DI SINI

Conclusion:

Dibandingkan dengan menggunakan cairan, alat tes ini jauh lebih praktis, cepat, dan sangat murah. Kami bisa mendapatkan beberapa tes dalam satu produk (jika membeli masing-masing alat tes, harga untuk setiap alat tes berkisar antara 100-500ribu).

Akurasinya? Kami melakukan perbandingan dengan menggunakan PH Pen untuk mendapatkan pembanding. Hasilnya PH pen kami pun menunjukkan angka 7,6 yang membuktikan bahwa angka yang ditunjukkan pada produk ini tepat. Kami tidak melakukan perbandingan pada parameter lain, namun jika melihat tingginya kebutuhan Co2 kami yang tinggi dan tingginya KH yang ditunjukkan oleh produk ini, maka kami rasa cocok.

Kami juga pernah mencoba produk serupa dari merek lain, dan kami tidak mendapatkan angka PH yang sesuai dengan PH pen kami. Kami juga mendapati warna parameter yang satu mengotori parameter yang lain.

Kekurangan dari produk ini adalah angka yang didapat oleh kami adalah angka range, tidak sampai pada tingkat sangat detail. Namun untuk keperluan hobiist ataupun farming baik itu tanaman atau ikan, parameter yang ditunjukkan dan rekomendasi yang dihasilkan sudah sangat mencukupi. Kita tidak membutuhkan angka yang sangat akurat karena kita tidak mengerjakan pekerjaan lab seperti Research and development.

Kami merekomendasikan alat tes ini dikarenakan akurasi yang ditunjukkan, harganya yang terhitung sangat murah, dan sangat mencukupi kebutuhan tes air yang biasa dibutuhkan oleh para hobiist aquascape, ikan, dan kolam.

2 komentar: