Siapa yang tak ingin membuat aquascape yang cantik? Hal ini tentu ada di benak masing-masing dari kita yang menggemari seni dalam merangkai aquascape. Namun hal itu tidak begitu saja bisa dibuat. Ada beberapa panduan yang bisa teman-teman jadikan pegangan.

   Tetapi jika teman-teman masih belum mengerti cara membuat aquascape dari awal mula, sangat disarankan membaca artikel di bawah ini terlebih dahulu:

CARA MEMBUAT AQUASCAPE

1. Play in Depth

   Play in depth bukan nama band ya teman-teman. Tapi kita memaksimalkan kedalaman aquarium yang ada sehingga pemandangan di dalamnya terlihat sangat dalam.

   Apakah teman-teman pada waktu TK atau SD pernah membuat gambar jalan yang menuju ke gunung seperti di bawah ini?

Gambar jalan dan gunung (Sumber)

   Ya, gambar tersebut adalah gambar yang paling sering kita gambar (termasuk saya. hehehe) pada waktu taman kanak-kanak atau sewaktu duduk di sekolah dasar. Namun apakah teman-teman menyadari bahwa dalam gambar tersebut kita diajarkan untuk menggambarkan depth?

   Jika teman-teman perhatikan, gambar jalan yang benar pada gambar di atas adalah lebar di bagian bawah dan semakin menyempit jika mendekati gunung. Apa tujuan hal ini dilakukan? Untuk memperlihatkan bahwa jalan tersebut memanjang sampai ke gunung nun jauh di sana. Sehingga (maksudnya)membuat gambar tersebut sangat dalam (depth).

   Teman-teman juga bisa mengaplikasikan ilmu ini pada aquascape aquarium teman-teman. Caranya? Teman-teman bisa memulai dengan menggunakan pasir dengan diameter besar di bagian depan aquarium dan semakin mengecil di belakang aquarium. Juga bisa menggunakan tanaman dengan daun besar di bagian depan aquarium, dan tanaman berdaun kecil di bagian belakang aquarium.

Aquascape aquarium Wendy Kurniawan (Sumber)

   Seorang teman saya yang menurut saya sangat baik dalam bermain depth bernama Wendy Kurniawan. Gambar di atas adalah sebuah karyanya. Beliau menaruh Anubias nana dan jenis fern yang notabene memiliki daun besar di bagian depan dan menaruk tanaman lain berdaun kecil di belakang untuk membuat kesan bahwa aquarium tersebut jauh ke belakang.

2. Slope

   Gunakanlah slope (tanjakan) pada substrate (media tanam) aquascape aquarium teman-teman. Apa tujuannya? Kembali lagi ke awal, yaitu depth. Dengan adanya slope pada aquascape aquarium teman-teman, teman-teman akan mendapatkan keadaan di mana aquascape aquarium teman-teman lebih berasa "terisi".

Slope pada aquascape aquarium yang baru didesign

   Cara nya bagaimana? kembali lagi ini adalah sesuai kebutuhan teman-teman. Namun rasio yang saya biasa gunakan adalah 1:3 -- 1 di bagian depan berarti 3 di bagian belakang (contohnya: 4cm pada bagian depan, berarti 12cm pada bagian belakang.

3. Golden Ratio 

   Secara sederhana Golden Ratio adalah jika kita menggambar sebuah garis dan membagi dua garis itu yang satu panjang (kita namakan misalnya garis tersebut garis ‘a’) dan yang satu pendek (kita namakan garis tersebut garis ‘b’) maka perbandingan total panjang garis ‘a’ dan ‘b’ banding ‘a’ harus sama dengan perbandingan panjang garis ‘a’ banding garis ‘b’. Atau secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:

\frac{a+b}{a} = \frac{a}{b} = 1,61803...

   Ada apa dengan angka tersebut? Ternyata mata kita telah diciptakan untuk mencintai pola ini. Tidak percaya? Lihat beberapa maha karya berikut ini:

Golden Ratio pada lukisan Monalissa (Sumber)
Mekah Sebagai Golden Ratio Dunia (Sumber)

Bahkan... :D (Sumber)

   Lalu bagaimana caranya menuangkan Golden Ratio pada aquascape aquarium teman-teman? Begini caranya:

1. Bagi Bagian Aquarium

   Teman-teman harus bisa membagi aquarium teman-teman dengan ratio 1:1,618... Lalu tarik garis di tengahnya seperti gambar di bawah ini:


2. Tempatkan Vocal Point

   Vocal point adalah bagian yang akan menjadi paling Eye Catching pada aquascape aquarium teman-teman. Bisa jadi batu yang memiliki bentuk unik, Kayu yang bentuknya bagus, atau tanaman yang memiliki bentuk atau warna mencolok.

Batu dengan bentuk unik menjadi vocal point aquascape aquarium ini

3. Padukan point-point di atas

   Mainkan depth dan slope dengan cantik dan teman-teman akan mendapatkan aquascape aquarium yang cantik seperti yang teman-teman idamkan.

   Prinsip ini tidak mutlak harus dilakukan. Saya hanya menjabarkan alat yang bisa teman-teman jadikan panduan. Keindahan aquacape aquarium teman-teman kembali lagi tidak akan lepas dari ketelatenan teman-teman dalam mengurus aquascape aquariumnya masing-masing.

Belum punya tanaman aquascape atau perlengkapannya? Beli aja di Kampoeng aquarium Shop

10 komentar:

  1. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. thanks bro udah mampir.
      jangan lupa main juga ke web nya di
      Kampoeng Aquarium Shop

      Delete
  2. saya suka info infonya, buat belajar para pemula kaya saya...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya berguna sekali mas

    ReplyDelete
  5. Very good, hampir semua informasi ttg aquascape sy nyontek dr sini.. two thumbs up

    ReplyDelete