Membuat aquascape tanpa CO2, apakah bisa? Ada yang bilang CO2 itu tidak terlalu penting karena tanaman di dalam aquascape aquarium bisa tetap tumbuh. Tapi ada juga yang bilang CO2 itu penting dipakai dalam aquascape aquarium.

Sejatinya tanaman tetap membutuhkan Co2 untuk tumbuh seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya di sini. Namun tetap ada beberapa tanaman yang tetap tumbuh meski tidak kita suplai Co2 secara intens, seperti misalnya jenis-jenis anubias dan moss (meskipun pertumbuhannya akan melambat dan daun tidak akan sesegar jika memberikan asupan Co2 secara intens) .


Syarat lainnya, tanaman aquascape ini bisa tetap tumbuh tanpa asupan Co2 adalah dengan rajin mengganti air seminggu sekali sebanyak 30% dan menjaga suhu aquascape aquarium tetap di bawah 30 derajat Celcius.

Berdasarkan master aquascape aquarium, gas CO2 itu penting bagi tanaman air tawar. Mengingat gas tersebut dibutuhkan untuk proses fotosintesis.

Jadi apakah aquascape aquarium Anda membutuhkan CO2? Akan lebih baik jadinya jika Anda menyediakannya. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Dan salah satu cara membuat aquascape CO2 yaitu dengan ragi atau sitrun.


Semoga informasi seputar membuat aquascape tanpa CO2 ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda. 

1 komentar: