Tanaman aquascape yang mudah tumbuh memang banyak pilihannya. Tetapi jika Anda mencari jenis tanaman yang bisa mudah tumbuh sebagai karpet atau merambat di aquascape aquarium, maka berikut pilihannya :

·         Elatine. Tanaman ini mudah untuk merambat asalkan Anda rajin memangkasnya atau istilah lain triming. Tanaman ini bisa Anda temukan di sawah yang airnya bersih atau beberapa seller tanah air sudah menjualnya dengan kondisi yang sangat baik.

·       Glosso. Agar cepat merambat, pastikan daunnya terkena cahaya cukup. Jika cahayanya minim, tanaman ini malah akan tumbuh tinggi, tidak merambat seperti karpet. Asupan Co2 lebih disarankan untuk tanaman ini.

·         Monte Carlo. Tanaman ini tidak akan merambat ke atas walau pencahayaannya minim, tetapi hanya akan lambat tumbuhnya. Untuk itu sangat penting menyediakan pencahayaan yang cukup agar tanaman ini bisa tumbuh dan menghiasi aquascape aquarium Anda seperti karpet.

·         Java Moss. Selain bisa menjadi karpet di aquascape aquarium Anda, tanaman ini juga bisa melindungi bayi ikan dan menjadi sumber makanan sekundur untuk bayi ikan loh.

·         Lilaeopsis. Bentuknya mirip rumput dan bisa tumbuh hingga 5cm. Bisa menyebar dengan cepat bisa sebagai area bersembunyi untuk koleksi ikan aquascape aquarium Anda.

·         Marsilea Hirsuta. Bentuknya bulat mirip dengan glosso namun memiliki ukuran daun yang lebih besar. Tanaman ini adalah alternatif terbaik menurut kami jika teman-teman ingin memiliki tanaman karpet aquascape yang indah namun tetap mudah dirawat.

Kini Anda sudah tau bukan daftar tanaman aquascape yang mudah tumbuh menyerupai karpet. Selamat berburu tanaman untuk aquascape akuarium.

24 komentar:

  1. artikelnya mantaff gan. Ane sudah coba semua, menurut saya yang paling sulit Marsilea Hirsuta. :)

    Salam kenal gan mampir ke blog ane www.aquascapehobi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bos...untuk floranya ada alternatif lain yang kira2 bisa di cari sendiri di alam?? coz di papua barat peminat kurang sekali..mohon solusinya bos,thanks berat

    ReplyDelete
  3. Salam kenal bos...untuk floranya ada alternatif lain yang kira2 bisa di cari sendiri di alam?? coz di papua barat peminat kurang sekali..mohon solusinya bos,thanks berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal om. Wow luar biasa sekali. salam dari pulau jawa om :)
      Mengenai pertanyaan mas ferry itusudah dibahas di artikel TANAMAN AQUASCAPE
      Ada tanaman yang bisa beradaptasi di dalam air, ada yang tidak bisa. Soal jenis tanamannya, silakan merefer ke referensi yang tadi saya berika atau bisa langsung menghubungi kami di Kampoeng Aquarium Shop.

      Perkembangan hobi ini di papua memang masih terbilang minim. namun bukan berarti tidak ada. seperti halnya di Makassar, pada awalnya hanya ada satu toko aquascape di sana, sekarang sudah sangat menjamur.
      Kami juga yakin Papua Barat akan mengalami hal yang sama selama penghobi di sana saling bahu membahu :)

      Jangan sungkan untuk hubungi kami jika butuh bantuan :)
      salam kobok.

      Delete
  4. bos yg mau tanya gimana cara yg baik untuk merawat tanaman karpet montecarlo supaya cepat merambat dan sehat. gimn pengaturan cahaya nya dan penggunaan co2 nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah diulas lengkap di sini
      <a href="http://kampungaquarium.blogspot.com/2013/07/segitiga-pertumbuhan-tanaman-aquascape.html>Segitiga pertumbuhan tanaman aquascape</a>
      Monggo dipelajari.

      Delete
  5. Mas,ane mau nanya nih.
    Cara menanam monte carlo supaya tidak ngapung gimana ya? Apa harus pake alas dasarnya. Soalnya ane kasih air malah pada ngapung.
    Mohon jawabannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanamnya mengunakan pinset masbro. Dan pastikan pada saat mengisi air, tekanan air tidak sampai mengacak-acak media tanam.

      Delete
  6. Maaf mas untuk dasarannya pakai pupuk tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menggunakan tanaman yang memiliki akar ke dalam substrate, disarankan sekali menggunakan pupk dasar.

      Delete
  7. Tanaman apa yg bagus ditanam di akuarium ukuran 35X20X25cm ? Trus medianya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman2 berdaun kecil seperti cuba. Medianya ADA Amazonia soil

      Delete
  8. Apa bisa tanaman karpet tidak menggunakan pupuk dasar mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis tanamannya masbro. kalau pakai tanaman seperti cuba, glosso, monte harus pakai. kalau pakai moss atau riccia tidak

      Delete
  9. Salam kenal mas,, saya mau tanya nih, saya punya tank ukuran P29xL22xT34 (20 ltr) dengan substrat pasmal+pukdas dan lampu ph*l*ps bulb 9 watt, rencana mau nanem lilaeopsis kira" bisa gak tuh dengan spek tank segitu?
    Soalnya sebelumnya pernah gagal nanem monte, tapi gak tau daun darat atau air montenya...Mohon jawabanya mas terimakasih :-)

    ReplyDelete
  10. Oiya mas saya lupa, lampunya ph*l*ps LED bulb 9 watt 6500k 806 lumen daylight, bukan yg biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu LED nya kubahnya dibuka tidak mas?
      tanaman aquascape itu masing-masing punya karakter mas. TAnamn apa, cocok di PH, GH, suhu berapa. Jadi ya saya tidak bisa jawab secara tepat kalau spesifikasi yang diberikan hanya lampu, ukuran, dan penggunaan substrate.
      Tapi kalau dibandingkan dengan monte, harusnya masnya bisa nanem lilaeopsis :D

      Delete
    2. Kubahnya tidak dilepas mas hehee soalnya sayang takut kalo gak cocok nanti bisa ganti lampunya, nah lampu yg sebelumnya kan bisa dipake buat dikamar :-D

      Delete
    3. Lepas saja mas. Kita 3 tank 100cm pakai LED Ph*l*ps semua dan kubahnya kami lepas semua. soalnya kalau tidak,penetrasi cahayanya tidak sampai ke dasar dan tanaman karpet ga mau tiarap mas. hehehe.

      Delete
  11. Mau nanya mas, saya nanem monte kenapa ga pernah jadi ya, pertama kali nanem trus mati sya coba nanem lagi mati, sampe tadi sya coba nanem lagi sekarang jadi coklat/busuk, umur baru tank kurang lebih seminggu.
    Spec tank :
    - Gex 600
    - Lampu LED 24 watt
    - Filter Canister Jebo 625
    - Co2 tabung 2bps/sec
    - Kipas DIY

    Substrate
    - Bakteri Starter
    - Pupuk Dasar Aqua Gizi
    - Rumah Bacteri Power Grow
    - Pasir Malang
    - Batu Seriyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah cek kadar air belum masbro?
      Pasir malang dicuci terlebih dahulu?
      Coba gunakan pupuk dasar merek lain.
      Kalau tidak, coba metode DSM Seperti di ARTIKEL INI

      Delete
  12. sy nanem montecarlo baru umur 3 hari beberapa daun lama melting transparan
    ukuran tangki 40x42x35
    pupuk dasar aqua qizi
    lampu t5 16 watt (penyinaran di balik di malam hari mulai sore hingga pagi)
    co2 diy sitrunsoda 1bps (aktif saat lampu nyala sj)
    penyebabnya tuh daun melting knapa ya?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  13. sy nanem montecarlo baru umur 3 hari beberapa daun lama melting transparan
    ukuran tangki 40x42x35
    pupuk dasar aqua qizi
    lampu t5 16 watt (penyinaran di balik di malam hari mulai sore hingga pagi)
    co2 diy sitrunsoda 1bps (aktif saat lampu nyala sj)
    penyebabnya tuh daun melting knapa ya?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete