Defisiensi tanaman adalah kondisi di mana tanaman kekurangan unsur-unsur hara yang dibutuhkannya untuk berfotosintesis. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai defisiensi tanaman pada aquascape aquarium teman-teman, ada kalanya kita mempelajari dasar-dasar kebutuhan tanaman terlebih dahulu.

    Pada dasarnya tanaman membutuhkan cahaya, Co2, dan nutrisi untuk berfotosintesis. Nutrisi tersebut bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Macro dan micro.

   
  Nutrisi macro adalah nutrisi yang di pakai dalam jumlah relatif banyak dan penunjang keberlangsungan hidup tanaman dan proses fotosintesis. Unsur nutrisi macro:

  1. Nitrogen (N)
  2. Phosphate (P)
  3. Kalium (K)
    Nutrisi Micro adalah pendukung kesuburan tanaman sendiri. Seperti manusia, tanaman membutuhkan vitamin untuk membuatnya hidup dan sehat. Daun berwarna sempurna dan pertumbuhannya sangat baik. berikut adalah unsur nutrisi micro:
  1. Fe (iron)
  2. B (boron)
  3. Mn (manganese)
  4. Zn (zinc)
  5. Cu (cuprum)
  6. Mo (molybdenum)
    Seperti apa wujud defisiensi nutrisi pada aquascape aquarium itu? Teman-teman bisa bedakan dengan contoh gambar di bawah ini. Saya telah menyimpulkan keterangan yang diperlukan teman-teman:

# 1 Kekurangan nitrogen Parah
Warna daun Putih/kuning pada pertumbuhan daun baru
# 2 Kekurangan kalsium
Pertumbuhan daun baru berkeriput dan tumbuh tidak normal. (bisa juga K, Mg overdosis)
# 3 Kekurangan besi (Fe)
Daun tua menjadi kuning dengan urat daun berwarna hijau.
# 4 Kekurangan Fosfat
Daun tua berwarna kuning dan mati. Umur daun pendek (awalnya terlihat seperti kekurangan nitrogen)
# 5 Kekurangan magnesium
Urat daun berwarna hijau tua, tetap warna badan daun hijau muda
# 6 Daun Normal
# 7 Awal tanda-tanda kekurangan nitrogen
Daun tua berubah menjadi kuning dan mati.
# 8 defisiensi Kalium
Daun berlubang dengan tepi menguning (Banyak yang menyangka dimakan ulat :D )

Contoh tanaman yang menderita defisiensi nutrisi
Kekurangan Kalium, daun berlubang. Juga kekurangan zat besi

 Kekurangan boron dan Kalsium

Kekurangan Kalium 

 Kekurangan Nitrogen

Pertanda awal kekurangan Kalsium

6 komentar:

  1. gan ane baru maen ni h di aquascape..
    4 hari yg lalu ane udah praktekin layer awal pakein pupuk dasar, layer kedua pupuk npk, layer ketiga pasir silica..trus masukin air, ane diemin 1 hari, baru masukin tanamannya..eh setelah 3 hari..tanamannya kaya yg digambar..kekurangan nitrogen(#7)..lama22 jadi kuning..ini knp y..?
    mohon pencerahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanaman masuk ga langsung sehat masbro. dia pasti adaptasi dulu. nah di proses adaptasi ini beberapa faktor harus diperhatikan, karena nutrisi ada tapi tanaman ga bisa serap, maka akan diserap calon algae.
      Bisa dibantu dengan sering mengganti air.

      Delete
  2. Om. Mau tanya, kalau pemberian pupuk cair makro dan mikro, berpengaruh terhadap udang ngga? Saya takut udang mati, jadi ngga saya kasi pupuk cair. Trus pemberian pupuk berapa kali sehari ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung merek yang digunakan. Cuma rata-rata produsen pupuk cair sudah menggunakan bahan yang aman untuk biota di dalam aquarium.
      Gunakan menurut dosis yang dianjurkan masing-masing produsennya saja ya masbro karena kandungan dari masing-masing pupuk cair berbeda-beda.

      Delete
  3. Makasih banyak infonya gan. Mau nanya rencana ane untuk aquascape mau pakai hang on back, itu bagus gak utk aquascape? Dan trus karna belum beli ana belum pakai filter apa2, bahaya gak buat tanamannya? Ikannya belum ada

    ReplyDelete
  4. Gan mau nanya dong. Ane baru nanem tennelus di awuascape ane. Terus pake pasing malang sama pupuk dasar.. terus kenapa beberapa hari ini daunnya mulai menguning satu persatu dan bolong” daunnya... mohon bantuaan menjelasannya gan makasih

    ReplyDelete