Aligator gar atau biasa disebut dengan ikan Aligator Spatula merupakan ikan yang cukup unik. perawakannya wajahnya yang mirip dengan buaya namun dengan tubuh ikan merupakan daya tarik tersendiri bagi penikmat ikan tanah air kita.



Karisma dari ikan ini terlihat dari coraknya, panjang moncongnya, dan juga wajahnya yang garang. Bisa mencapai panjang mencapai 3 meter dan dengan berat 100kg. Ikan ini bisa dipelihara di dalam aquarium ataupun di dalam kolam ikan. Ikan ini termasuk ikan yang memakan segala yang lebih kecil dari mulutnya (sifat kebanyakan ikan).


Gar Alligator ditemukan di Sungai Mississippi dan Gulf Coast negara bagian Amerika Selatan dan Meksiko selatan disepanjangVeracruz, meliputi negara bagian AS berikut: Texas, Oklahoma, South Carolina, North Carolina, Virginia, Louisiana, Kentucky, Mississippi , Alabama, Tennessee, Arkansas, Missouri, Florida, dan Georgia.


Mereka juga telah dikenal di sejauh utara Kansas, Nebraska, Ohio, Iowa, dan barat-tengah Illinois, di mana hasil tangkapan paling utara diverifikasi berada di Meredosia, Illinois pada tahun 1922 dengan panjang sekitar 2,6 meter


 spesimen, sekarang diawetkan, tertangkap di dekat Beardstown.



Pada Februari 2007, Aligator Gar sepanjang 1,5 meter ditemukan berenang di Jakarta, ketika dilanda banjir besar. Pada bulan Januari 2008, sebuah gar buaya 3 kg (6,6 lb) ditemukan oleh nelayan di Bera, Pahang, Malaysia, saat itu terjerat dalam jaring ikan.

Ikan ini termasuk ikan yang pasif. Mereka menyukai air yang tenang dan habitat mereka memiliki suhu 20-25 derajat celcius.


Ikan aligator yang termahal yang saat ini saya ketahui adalah ikan aligator jenis Platinum. harga dari ikan ini mencapai US$ 30.000 atau sekitar Rp 285.000.000. Di bawah ini adalah salah satu contoh ikan aligator platinum.


Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
A. spatula
sumber: Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment