Apakah Tanaman aquascape itu? Apa yang dimaksud tanaman air? Kenapa harga tanaman aquascape mahal? Selama saya bermain aquarium, terutama di bidang aquascape aquarium, muncul beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari teman-teman baik dari dunia nyata maupun dunia maya. Beberapa pertanyaan yang paling sering muncul adalah:

  1. Apakah Tanaman Aquascape itu?
  2. Apa bedanya dengan tanaman darat?
  3. Bisa nggak sih tanaman darat dipakai untuk tanaman air?

   Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya saya memberitahukan terlebih dahulu kebutuhan dasar tanaman kelas tinggi (tanaman yang bisa berfotosintesis). Tanaman kelas tinggi memiliki kemampuan untuk mempersiapkan kebutuhan dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya (tidak membutuhkan makhluk hidup lain seperti halnya manusia dan hewan untuk makan).

Klorofil daun (Sumber Gambar)

   Kebutuhan dasar tanaman kelas tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Air
  2. Cahaya
  3. Nutrisi
  4. Co2

   Dengan bahan-bahan seperti di atas, tanaman dapat merubah nutrisi yang ia butuhkan menjadi zat karbohidrat yang bisa digunakan tanaman untuk bertahan hidup dan O2 yang digunakan makhluk hidup lain untuk bernafas..

   Semakin tinggi ketersediaan cahaya maka akan semakin cepat pula energi yang dihasilkan dari proses fotosintesis dan itu artinya semakin cepat tumbuhan tesebut akan tumbuh. Namun cahaya yang terlalu tinggi intensitasnya juga bisa merusak sel klorofil daun tanaman sehingga membuat tanaman tersebut mati.

   Tanaman sendiri jika dibagi berdasarkan kemampuan beradaptasi jenis daunnya bisa dibedakan menjadi empat:

1. Tanaman Darat Murni

   Jenis tanaman ini hanya bisa hidup di daratan dengan memenuhi kebutuhan airnya menyerap dari akar-akarnya. Tanaman jenis ini biasanya memiliki kebutuhan akan cahaya yang tinggi dan memiliki kemampuan tumbuh yang lebih cepat dibandingkan dengan tanaman yang ada di dalam air.

   Jika ditanamkan di dalam air (dicelupkan dalam waktu lama) tanaman ini akan mati tanpa bisa beradaptasi dengan 

   Contoh tanaman darat murni adalah tanaman berkambium, gelombang cinta, dan lain-lain

   

Tanaman Berkambium (Sumber Gambar)

2. Tanaman Mengambang

   Jenis ini hampir sama dengan tanaman darat murni, hanya saja, akar dari tanaman ini tidak akan busuk jika terendam air dalam waktu yang sangat lama. Habitat tanaman ini sendiri adalah di atas air, biasanya di danau,  sungai beraliran tenang.

   Contoh tanaman mengambang ini adalah tanaman Lotus Flower, Eceng gondok

Lotus Flower (Sumber Gambar)

Eceng Gondok (Sumber Gambar)

3. Tanaman Beradaptasi

   Tanaman berjenis ini memiliki dua jenis daun, yaitu daun darat dan daun air. Sehingga ia bisa menyesuaikan kebutuhan cahaya yang dapat diterima oleh tumbuhan tersebut. Tanaman ini pada keadaan darat akan tumbuh dengan menyerap air dari akarnya. Tetapi pada saat dicelupkan dalam waktu lama di dalam air akan menyesuaikan diri dengan mengeluarkan daun air yang tidak akan busuk jika terendam air dan mengurangi kebutuhan dirinya atas cahaya (air memecah cahaya, sehingga pada jarak yang sama, dengan perantara air intensitas cahaya akan lebih rendah dibandingkan dengan perantara udara)

   Contoh tanaman berjenis ini adalah Anubias, Ludwigia, Rotala, Echinodorus, Microsorum, dll.

Anubias


Ludwigia Arcuata (Sumber Data)

4. Tanaman Berdaun Air Murni

   Tanaman berjenis ini memiliki kemampuan untuk tumbuh hanya dengan keadaan terendam air sepenuhnya. Jika ada bagian tanaman yang mencuat keluar dari air, maka bagian tersebut akan kering (kecuali bagian batang bunga yang akan mencuat keluar air pada tanaman jenis Aponogeton).

   Jenis tanaman ini bisa teman-teman lihat pada jenis tanaman Cabomba, Aponogeton, dll.

Aponogeton Crispus (Sumber Gambar)

Cabomba Palaeformis (Sumber Gambar)

   Jadi kenapa tanaman aquascape sedikit mahal? Karena tanaman tersebut menurunkan adaptasinya terhadap sinar, ini berimbas pada kecepatan pertumbuhannya. Kecepatan tumbuh tanaman aquascape aquarium (Tanaman air) tidak secepat tanaman darat lainnya sehingga membutuhkan waktu yang lebih untuk para peternak tanaman aquascape aquarium untuk memperbanyak tanaman tersebut yang berimbas meningkatnya harga tanaman aquascape.

   Diharapkan dengan paparan di atas bisa menjawab 3 buah pertanyaan awal yang sudah saya paparkan. Semoga dengan artikel ini bisa membantu teman-teman dalam mendalami ilmu aquascape aquarium-nya.

Disclaimer: Artikel ini dibuat dengan bahasa yang dipermudah agar dapat dibaca siapa saja, baik itu beginner maupun advance. 

Baca juga "SEGITIGA PERTUMBUHAN TANAMAN AIR"
Pesan tanaman aquascape teman-teman di "TANAMAN AQUASCAPE"

0 komentar:

Post a Comment