header ads

Nominasi Tanaman Aquascape (2)

   Pada kesempatan ini, saya akan meneruskan artikel sebelumnya. Pada artikel ini teman-teman akan menemukan tanaman-tanaman yang memiliki kriteria khusus dan unik di sejajarannya.

5. Tanaman Aquascape Aquarium Paling Cepat Tumbuh


   Nominasi ini jatuh ke tangan tanaman yang tidak memiliki akar ini--Riccia Fluitans. Alasan terpilihnya tanaman ini adalah memang karena pertumbuhannya yang luar biasa. Para pemain aquascape aquarium pada awalnya pasti sangat menyenangi warna dari tanaman ini. Namun yang perlu diwaspadai adalah tingkat pertumbuhannya yang jika tidak dikontrol akan menjadi hama di dalam aquascape aquarium teman-teman.
   
Riccia Fluitans

   Sejatinya, tanaman ini adalah tanaman mengambang. Teman-teman bisa mengaplikasikan tanaman ini ke dalam aquascape aquarium teman-teman dengan cara mengikatnya pada sebuah media yang tenggelam (contoh: Batu, kawat mesh) dengan rapat dan tata seperti bentuk yang diinginkan teman-teman.
   Kelebihan dari tanaman ini lagi adalah jika kondisi aquascape aquarium teman-teman optimal (memenuhi seluruh kebutuhan tanaman aquascape aquarium ini), maka tanaman aquascape ini akan pearling dengan indah.


Riccia Fluitans yang tengah pearling

   Pada saat satu tahun bermain aquascape, saya menggunakan tanaman ini untuk bagian foreground dengan cara diikatkan kepada kawat mesh. setelah beberapa hari, daun-daun Riccia mulai keluar sedikit demi sedikit dan menimbulkan kesan indah.

   Namun setelah beberapa bulan, saya sempat tidak mengurus aquascape aquarium saya. Yang terjadi adalah mayoritas aquascape aquarium saya tertutup oleh keberadaan Riccia ini. Tanaman ini lepas dari media ikatnya dan mengambang sehingga menutupi cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman lain dan menjadi hama yang baru bisa dibersihkan secara tuntas dua bulan oleh saya (selalu ada sisa riccia di sela-sela yang tidak pernah saya duga)

6. Tanaman Aquascape Aquarium Paling Merah

   Untuk nominasi ini saya berikan kepada tanaman aquascape aquarium Ludwigia Arcuata. Tanaman ini menurut saya memiliki warna merah paling tinggi dibandingkan dengan tanaman aquascape aquarium lain. Tentu saja dalam kondisi penanaman yang optimal (kandungan nutrisi terutama FE yang tinggi, tingkat pencahayaan yang tinggi).

   Tanaman ini tidak akan mengeluarkan warna merahnya dari bawah batang. Ia akan mengeluarkan daun berwarna hijau di bagian bawah batangnya terlebih dahulu. Semakin dekat dengan cahaya, ia akan melindungi klorofil daunnya dengan warna merah yang didapat dari zat besi (Fe).

Ludwigia dalam kondisi yang optimal (Sumber)

   Ditambah dengan luas penampang daun yang terbilang cukup lebar untuk sekelas stem plant, tanaman aquascape aquarium ini saya rasa sangat pantas untuk mendapatkan sebutan ini.


Belanja tanaman aquascape? Di Kampoeng Aquarium Shop aja

Post a Comment

0 Comments