header ads

Nominasi Tanaman Aquascape (1)


   Setelah beberapa lama bermain aquascape dan mendalami cabang-cabang gaya aquarium di dalamnya, saya tertarik untuk membuat beberapa nominasi tanaman aquascape. Tanaman aquascape memiliki kriteria dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan beberapa di antaranya lebih sulit untuk dipelihara dibandingkan tanaman darat. Namun kesulitan ini lah yang menarik para aquascaper aquarium untuk mendalami seni ini lebih dalam.

   Nominasi ini dibuat tidak untuk membandingkan tanaman yang satu lebih bagus dibandingkan yang lain apalagi untuk menyudutkan opini seseorang, karena nominasi ini dibuat murni didasari oleh opini individu. bukan berdasarkan jajak pendapat dengan staf ahli ataupun dengan menggunakan metode ilmiah lain.

   So, enjoy it :)

1. Tanaman Aquascape Paling Bandel

   Untuk nominasi pertama ini, saya menganugerahinya pada tanaman Anubias Nana var. Nana


   Alasan saya memilih tanaman ini adalah karena memang ketahanannya dalam beradaptasi dengan kondisi air aquarium. Dengan perawatan yang sangat minim dan cahaya yang sangat sedikit pun tanaman ini bahkan menunjukkan pertumbuhannya walau sangat lambat.

   Walaupun memiliki akar, tanaman ini tidak mengambil nutrisi dari akarnya. Anubias Nana tetap bisa hidup meski akarnya tidak tertancap ke dalam substrate. Bahkan beberapa orang meyakini pertumbuhan Anubias Nana akan lebih cepat jika akarnya berada di luar substrate.

   Saya memiliki pengalaman meninggalkan aquarium dalam keadaan lampu mati selama 9 hari lebih. Kondisi aquarium setelah saya pulang cukup mengenaskan. Banyak tanaman yang mengalami defisiensi nutrisi, melting, namun tidak dengan tanaman ini. Bahkan saya melihat kuncup baru yang menandakan ia akan mengeluarkan daun baru.

   Berdasarkan pengalaman di atas maka pantaslah saya menganugerahi tanaman ini sebagai Tanaman Aquascape Paling Bandel.

2. Tanaman Aquascape Paling Rewel

   Tanaman yang digunakan pada aquascape aquarium adalah tanaman yang memiliki adaptasi daun menjadi daun air atau memang tanaman tersebut adalah tanaman murni berdaun air. Sehingga daya tahannya lebih rentan dibandingkan dengan tanaman darat.

   Namun dari sekian banyaknya jenis tanaman aquascape aquarium, tanaman manakah yang menjadi tanaman paling rewel?  Untuk kategori yang satu ini saya menganugerahinya kepada Hemianthus Calistrichoides 'Cuba'.



   Alasan tanaman tersebut dinobatkan menjadi tanaman paling rewel adalah karena kebutuhannya akan kualitas air, asupan gizi, dan co2 yang tinggi, serta intensitas cahaya yang juga tinggi. Pada keadaan daun air, tanaman ini sangat butuh perhatian. Jika suhu yang didapat oleh tanaman ini di bawah suhu normal kebutuhannya, maka pertumbuhannya akan terhambat atau bahkan mati.

   Tanaman ini memang terkenal sebagai tanaman karpet aquascape aquarium yang cantik. Namun kecantikannya sebanding dengan kesulitannya untuk memelihara tanaman ini.

3. Tanaman Karpet Aquascape Termudah

  Sebenarnya untuk kategori ini saya ingin menambahkannya menjadi "Tanaman Karpet Aquascape Termudah dan Tercantik". Namun karena nanti berimbas judulnya terlalu panjang, jadi saya pilih judul ini saja.

   Tanaman aquascape aquarium yang menerima menerima penghargaan ini adalah Marsilea Hirsuta.


   Tanaman ini memiliki sifat yang berbeda dari tanaman karpet biasanya yang tidak mau tumbuh ke samping jika mendapatkan intensitas cahaya yang rendah. Marsilea Hirsuta akan tumbuh ke samping meskipun ia mendapatkan cahaya yang cenderung redup (meskipun panjang batangnya tidak sependek pada intensitas cahaya yang tinggi).

   Marsilea Hirsuta ini pun termasuk tanaman yang tidak rewel. Saya sangat menyukai tanaman ini karena bentuknya yang menyerupai Glossostigma Ellatinoides dan perawatannya yang tidak serepot tanaman tersebut.

4. Tanaman Aquascape Paling Membingungkan

   Untuk kategori ini, saya menobatkannya pada Pogostemon Helferi a.k.a. Downoi.


   Tanaman ini memang cukup cantik untuk menjadi hiasan di aquascape aquarium. Namun parameter air yang mendasari kebutuhan tanaman ini yang masih membingungkan. Bahkan website sekelas Tropica pun masih belum bisa mengklasifikasikan tanaman ini sebagai tanaman mudah atau susah.

   Saya memiliki pengalaman dengan tanaman ini, pada dua minggu umur aquascape aquarium saya, saya menancapkan tanaman ini. Tanaman ini tumbuh subur dan beranak pinak. Namun pada umurnya yang menginjak 1 bulan, tiba-tiba tanaman ini mengecil dan mati tanpa sebab yang jelas.

   Disinyalir tanaman ini menyukai kadar Iron (Fe) yang tinggi pada substrate tempat ia ditanam dan menyukai air dengan kandungan hardness yang tinggi.



Mau belanja tanaman aquascape? Masuk aja ke Kampoeng Aquarium Shop

Post a Comment

0 Comments