Sebuah tetra merupakan salah satu dari beberapa jenis ikan air tawar kecil dari Afrika, Amerika Tengah dan Jenis ikan tetra adalah salah satu dari beberapa jenis ikan air tawar berukuran kecil. Mereka berasal dari Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Jenis ini dibedakan dari jenis lain karena adanya adiposa (jaringan lemak) kecil antara sirip punggung dan ekor. Ikan jenis ini biasanya memiliki warna yang sangat menarik dan memiliki tingkat adaptasi terhadap air yang tinggi, sehingga ikan ini menjadi idola bagi para pecinta Aquarium ikan hias terutama Aquascape aquarium.

    Nama Tetra sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya persegi bersirip atau bersayap. Karena popularitasnya, Tetra sangat banyak dikembangkan di negara-negara yang bukan asalnya. Sekarang sangat banyak jenis tetra yang sudah ditemukan.

    Ikan jenis tetra biasanya memiliki badan fusiform dan biasanya dikenali melalui sirip mereka. Sirip mereka biasanay berbentuk cabang, juga sirip belakang bagian atas dan bawah yang berukuran sama. Adiposa yang mereka miliki dianggap sebagai ciri pembeda beberapa jenis tetra.

     Berikut adalah beberapa contoh Tetra yang ada di pasaran Indonesia:

Black Neon Tetra, Cukup jarang ditemui dipasaran. Termasuk tetra yang langka di Indonesia

Cardinal Tetra, Salah satu ikan favorit saya untuk aquascape aquarium

Electric Green Tetra, Banyak yang bilang belum memasuki pasari Indonesia, namun saya bertemu beberapa orang yang memiliki ikan jenis ini di aquariumnya. 


Glowlight Tetra

Lemon Tetra

Long Fin Tetra

Neon Tetra, Tetra yang paling banyak ditemui di pasaran Indonesia, namun bukan berarti pasaran ya. :)

Penguin Tetra

Red Phantom Tetra

Royal Tetra

Rummy Nose Tetra, Sejauh pengamatan saya, tetra jenis ini adalah yang terbaik Schoolingnya :)

Bleeding Heart Tetra

    So, jadi tetra jenis apa kesukaan kalian? Apapun jenis tetra yang teman-teman sukai, peliharalah dengan baik. Karena apa yang kita pelihara merupakan tanggung jawab kita sepenuhnya.


Sumber:

0 komentar:

Post a Comment